Software Toko Komputer

10 Strategi Pengusaha Meningkatkan Usaha Dagang

Banyak orang yang bingung bagaimana cara memulai usaha, tetapi juga tidak sedikit yang bingung bagaimana cara mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

Jumlah pengunjung/pelanggan yang tidak bertambah, omzet penjualan yang tidak naik-naik bahkan semakin berkurang, adalah satu dari sekian banyak masalah dalam berwirausaha. dan sebagai wirausahawan tentunya kita menginginkan usaha kita menjadi maju dan berkembang.

Tetapi kenyataan di lapangan sangat berbeda, dari sebuah penelitian di Amerika menunjukkan hasil bahwa dari sekian banyak usaha yang didirikan, hanya 5% saja yang bertahan pada 4 tahun pertama dan tinggal sekitar 2% saja usaha yang exist pada 4 tahun kedua.

Ini menunjukkan bahwa memang banyak sekali usaha yang harus tutup dikarenakan oleh faktor-faktor ketidakmampuan sang pengusaha dalam mengembangkan usahanya.

Jadi untuk meningkatkan usaha dagang juga perlu adanya strategi yang mantap agar jalannya usaha dagang dapat diminimalisir adanya kesalahan.

Strategi Usaha Dagang yang mungkin dapat membantu Anda yang seorang pengusaha agar dapat memaksimalkan usaha dagang anda.

Strategi Meningkatkan Usaha Dagang

Strategi Pengusaha Untuk Meningkatkan Usaha Dagang :

  1. Pengorganisasian yang baik
    Pengorganisasian yang terencana dengan baik dapat menolong Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas, sehingga Anda bisa memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan membuat daftar kerja atau jadwal kerja. Dengan demikian maka Anda dapat mengevaluasi dan memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan.
  2. Berpikir kreatif
    Kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat memenangkan kompetisi pasar. Berpikir kreatif dengan bersedia menampung ide-ide baru, terus menambah wawasan dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda.
  3. Mencatat berbagai hal secara menyeluruh
    Sebuah bisnis hendaknya memiliki mencatat seluruh proses yang ada dalam bisnisnya. Data yang menyeluruh ini akan sangat menolong Anda untuk mengamati perkembangan bisnis, mengetahui adanya kekurangan dalam sebuah proses, atau mengambil langkah strategi baru.
  4. Menganalisa kompetitor bisnis
    Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini, maka akan mendorong pengusaha untuk berinovasi dan membuat hal yang baru. Jangan takut untuk belajar dari kompetitor Anda. Bisa jadi kompetitor memiliki strategi atau langkah yang bisa menginspirasi Anda.
  5. Konsisten
    Saat Anda melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam perusahaan secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan Anda pada kesuksesan di masa datang. Konsisten dalam berperilaku baik akan membentuk kebiasaan yang positif pula. Selain itu Anda juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  6. Pahami risiko
    Membuat penghitungan risiko yang tepat membuat Anda dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan memahami risiko yang mungkin terjadi, maka akan membuat Anda lebih siap menghadapinya, tentunya Anda juga sudah memiliki berbagai strategi yang siap untuk diterapkan.
  7. Fokus
    Saat Anda membangun bisnis, tidak serta merta Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar. Ada banyak hal yang harus Anda kerjakan agar bisnis Anda terus tumbuh. Tetap fokus pada tujuan Anda akan membuat Anda dapat mengelola usaha dengan baik.
  8. Pelayanan yang baik
    Ada hal penting lainnya yang penting diperhatikan adalah pelayanan kepada pelanggan. Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun mereka juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik. Pelayanan yang baik akan membuat konsumen Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda.
  9. Promosi Maksimal
    Promosi merupakan bagian dari strategi marketing yang juga perlu diperhatikan oleh seorang pedagang. Promosi merupakan komunikasi yang dilakukan pedagang/penjual kepada konsumen/pembeli. Promosi sangat penting artinya bagi pedagang karena tujuan utama promosi adalah unuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk serta menginggatkan konsumen tentang toko/produk yang kita jual. Beberapa alat promosi yang dapat dilakukan adalah (1) Iklan (brosur, poster, selebaran, display, simbol/logo, iklan cetak di majalah/koran, dll). (2) Promosi penjualan (brosur, sample, pemberian kupon, misalnya belanja Rp. 100.000 dapat satu kupon yang dapat ditukarkan atau diundi, pameran, diskon, coba gratis, hadiah, dll). (3) Personal selling (presentasi penjualan, pertemuan penjualan dll) (4) Direct marketing (catalog,surat, telemarketing dll.
  10. Distribusi
    Distribusi adalah kegiatan yang berusaha memperlancar dan mempermudah diperolehnya poduk oleh pembeli. Misalnya tempat usaha atau toko kita harus strategis. Jika ada pesanan maka segera antarkan pesanan tersebut sesuai waktu yang telah dijanjikan. Tempat merupakan faktor yang sangat mempengaruhi penjualan. Jika tempat/toko kita strategis maka pembeli akan mudah menemukan toko kita dan mempermudah transksi. Sebaliknya jika toko kita terpencil, jauh dari keramaian, tidak terlihat, maka kecenderunganya pembeli akan sulit berbelanja di toko kita.

Di atas adalah strategi untuk meningkatkan usaha dagang. Semoga dengan adanya literasi di atas dapat membantu para pengusaha lain dalam meningkat usaha dagangnya.

>>Download Software Toko Gratis Versi Demo Klik Disini !!<<

Aplikasi Retail Toko

ADD YOUR COMMENT