Software Toko Komputer

19 Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Memang tak dapat dipungkiri, bahwa untuk memulai wirausaha dan bisnis, orang membutuhkan uang sebagai modal awalnya. Tapi, jika anda sedikit pintar, ternyata ada sedikit jalan untuk memulai usaha dengan sedikit atau tanpa modal.

Bagaimanakah cara mulai berwirausaha dengan tanpa modal? Nah, pada artikel kali ini akan dipaparkan cara membangun usaha sendiri tanpa modal ataupun dengan modal kecil, serta kiat-kiat agar usaha baru yang dirintis tersebut dapat sukses dan menguntungkan.

Membuka bisnis sendiri merupakan salah satu cara dalam mengatasi ketatnya saingan dalam mencari lapangan pekerjaan.

Dengan berbisnis akan berpeluang besar untuk mendapatkan hasil keuntungan sebagai pemenuhan perekonomian dalam kehidupan Anda. Akan tetapi, terkadang modal pun menjadi salah satu permasalahan yang terjadi dalam memulai menjalankan bisnis.

Beruntunglah Anda, jika semenjak sekarang Anda sudah mempunyai niatan untuk membuka usaha sendiri. Untuk memulainya Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan sedikit ilmu kepada Anda yang berkaitan dengan cara memulai usaha tanpa modal.

Baca Juga : 7 Tips Mudah Untuk Mengembangkan Sebuah Bisnis Toko Kelontong

Pada umumnya, masyarakat dalam memulai sebuah bisnis yang menjadi sedikit hambatan mereka adalah sebuah modal. Dimana modal yang dimaksudkan di sini adalah modal uang.

Sebelum memikirkan modal yang berupa uang, calon pebisnis diwajibkan untuk memiliki salah satu modal utama dalam mendirikan suatu bisnis yang mana modal tersebut lebih penting daripada uang.

Modal utama yang harus dimiliki calon pebisnis tersebut yaitu adanya keyakinan. Keyakinan ini sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang yang akan menjalankan bisnis.

Tanpa adanya keyakinan, suatu bisnis tidak akan bisa berjalan dengan lancar karena selalu dipenuhi dengan keragu-raguan dan pada akhirnya bisa berhenti di tengah jalan. Selain yakin, Anda juga perlu percaya diri yang kuat.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

BERIKUT INI CARA MEMULAI USAHA TANPA MODAL :

  • Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Mencari Produk Yang ada Fisiknya

Coba anda mencari tahu siapa teman, rekanan atau juga kenalan yang memiliki produk berupa barang. Bila saat ini anda lupa siapa saja dari kenalan yang anda tahu memiliki produk, coba lihat kebali daftar nomor telpon atau uga akun media sosial di Facebook.

Siapa tahu ada teman lama sewaktu sekolah atau kuliah sedang memiliki usaha memproduksi barang. Jenis barang dimaksud dapat berupa kaos, jaket, baju, dompet, topi, aksesories, magnet kulkas atau jenis lainnya.

  • Negosiasi Dengan Pemilik Produk

Setelah anda mengetahui siapa saja teman-teman yang memiliki usaha membuat barang, hubungi mereka dengan pendekatan secara pribadi. Sampaikan maksud anda untuk ikut menjual produk mereka dengan cara anda sendiri.

Dalam hal ini anda bertindak sebagai reseller atau orang yang menjual kembali produk kepada pelanggan anda sendiri.

Baca Juga : 5 Trik Maut Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Toko

Usahakan anda tidak diminta untuk membeli produk mereka terlebih dahulu. Karena cara memulai usaha tanpa modal ini adalah hanya membeli barang dari produsen ketika ada pesanan.

Mengapa sistem reseller menjadi cara usaha tanpa modal yang dipilih. Karena saat ini banyak sekali yang menjalankan bisnis tanpa memiliki barang terlebih dahulu.

Pemilik bisnis memiliki kerja sama yang baik dengan pemilik barang. Bahkan banyak juga pemilik barang yang senang bekerja sama dengan reseller agar produk mereka cepat laku dan perputaran uangnya menjadi tinggi.

Pada saat negosiasi, minta harga yang terbaik yang masih memungkinkan untuk dijual di pasaran. Karena apabila harga yang diberikan kepada terlalu tinggi, bisnis anda tidak akan dapat bersaing dengan usaha sejenis.

Memulai survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga barang sejenis yang ditawarkan disekitar anda dan juga di internet.

  • Mengambil Gambar Produk

Setelah mendapat persetujuan untuk kerjasama dan harga bersaing dari pemilik produk (sekarang menjadi rekanan bisnis), Anda dapat meminta ijin untuk mengambil gambar menggunakan kamera setiap produk yang memiliki prospek baik dan diperkirakan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Kamera yang digunakan dapat berupa kamera dari handphone atau juga kamera apa saja. Setidaknya kualitas gambar yang dihasilkan cukup jelas untuk dapat dilihat dalam ukuran yang wajar.

Hampir setiap orang memiliki smartphone dengan fitur kamera yagn sudah cukup memadai.Kamera ponsel dengan resolusi 2.3 pixel sudah memadai untuk mendapatkan foto produk yang jelas.

Akan lebih baik lagi bila memfoto produk menggunakan kamera dengan resolusi yang lebih besar lagi.

Ambil gambar produk dari beberapa sudut seperti dari depan, samping, atas, bawah.

Pastikan cahaya ketika melakukan pengambilan gambar cukup memadai supaya foto barang didalam foto dapat terlihat dengan baik.

  • Edit Foto

Agar foto nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak lain, melakukan editing menggunakan komputer dengan memberi tulisan atau logo berupa watermark merupakan ide yang baik. Program edit gambar seperti Photo Shop merupakan software yang bagus untuk maksud tersebut.

Apabila anda tidak mengerti menggunakan perangkat lunak tersebut, gambar saja. Ketika sedang foto produk, dapat dimasukkan tulisan dalam kertas berupa alamat situs, blog atau juga FB tempat dimana anda akan mempromosikan barang tersebut.

Baca Juga : 3 Tips Sederhana Cara Menentukan Harga Barang

  • Membuat Akun Di Media Sosial

Langkah penting yang harus dilakukan adalah membuat akun di beberapa layanan situs gratis termasuk mesia sosial. Dan ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang mudah.

Sebelum mulai buka akun di situs-situs tersebut, anda harus sudah memiliki email terlebih dahulu. bila masih juga belum memiliki email, silahkan ikuti petunjuk cara membuat email di Yahoo, atau juga Gmail dan layanan gratis lainnya.

Memulai Bisnis Tanpa Modal

Dan berikut ini Daftar Situs dimana Anda Harus Membuat Akun Sendiri :

  • Blog Gratis

Banyak sekali layanan blog gratis di internet Namun ada beberapa layanan yang memberi banyak keuntungan bagi anggotanya.

Beberapa diantaranya adalah :

  1. Blogger
  2. WordPress,
  3. blog gratis lainnya

Untuk mencari layanan blog yang gratis lainnya, anda dapat mencarinya lewat layanan mesin pencari Google dengan memasukkan kata “free blog”.

Jangan takut dengan bahasa dari layanan tersebut bila anda tidak apat berbahasa Inggris, karena ada pilihan untuk mengganti menjadi bahasa Indonesia.

Bila tidak ada cara mengganti bahasa, masukkan kata-kata yang tidak dimengerti ke dalam “Google Translate” untuk mengerti maksudnya. Anda dpat membaut situs bisnis tanpa modal sendiri ditempat tersebut.

  • Website Gratis

Begitu juga dengan web gratis yang banyak ditawarkan di internet. Namun kebutuhan membuat situs gratis menjadi tidak penting bila anda sudah membaut satu blog gratis diatas.

Beberapa layanan web gratis seperti :

  1. Wix,
  2. Webs,
  3. Weebly dan lainnya.

Memiliki akun di FB sangat penting pada saat ini. Karena dengan banyaknya pemilik dan pengguna Fb di seluruh dunia, merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk kepada friend atau teman di internet.

  • Google Plus

Apabila memiliki akun di Gmail, maka secara langsung setiap pengguna akan mendapatkan fasilitas Google Plus, atau juga dikenal denga istilah G+ atau Google+

Situs berbagi video gratis banya sekali di internet seperti :

  1. Youtube,
  2. Vimeo,
  • Foto Online

Layanan foto sharing online seperti Flickr layang dimiliki.

  • Slide Online
  • Membuat Akun Di Situs Jual Beli Online

Di internet ada banyak sekali situs yang memang dibuat khusus untuk menawarkan barang dan jasa. Istilahnya situs e-commerce. Atau situs jual beli barang.

Barang dan jasa apa saja dapat ditawarkan pada situs tersebut. Dan enaknya anda dapat menjadi anggota hanya dengan membaut akun (seperti ketika membuat email baru) tanpa harus membauar sedikit pun.

Masih ada beberapa layanan belanja online yang bisa dicoba untuk dimanfaatkan untuk menawarkan barang.

  • Upload Foto

Masukkan foto-foto yang telah dibaut dan diedit diatas ke semua account di situs, blog, media sosial dan jual beli tadi.

Beri keterangan yang jelas pada judul, deskripsi serta masukkan nomor kontak yang mudah dihubungai seperti no handphone, pin bb, whatsapp dan lainnya.

  • Sebar Link

Sebarkan semua link dari akun blog, web, media sosial ke banyak tempat. Terlibat dalam komentar yang bermanfaat disetiap forum.

Dengan memberikan signature pada bagian profile, dapat membaut setiap pengunjung forum tersebut dapat melihat apa yang anda tawarkan.

  • Komunikasi Aktif Di Media Sosial

Aktif dalam media sosial sangat membantu sekali untuk menanamkan image yang baik mengenai siapa diri anda.

Dengan semakin aktif memberi tanggapan dan jawaban yang bermanfaat bagi pengguna forum atau juga blog, dapat meningkat popularitas diri Anda.

Karena semakin tinggi nilai popularitas seseorang, akan semakin mudah untuk menawarkan dagangan yang dimiliki.

Setidaknya dengan tips dan trik sederhana cara memulai bisnis tanpa modal ini, Anda sudah bisa memiliki usaha dan penghasilan yang menjanjikan dan menguntungkan.

Akan tetapi sebelum melakukan itu semua ada lebih baiknya jika memulai niat menjadi pengusaha dari diri sendiri.

– Semoga Bermanfaat –

Tips Mengembangkan Toko Kelontong

ADD YOUR COMMENT