Software Toko bangunan

7 Tips Memilih Software Aplikasi Toko Untuk Toko Baju Yang Anda Kelola

Bisnis toko baju atau putih pada era sekarang terlihat begitu menjanjikan, mengingat semakin besarnya media pemasaran yang ada. Seperti Facebook instagram dan path, bisa digunakan sebagai media pemasaran baju atau pakaian di toko anda.

Dengan semakin besarnya media pemasaran yang ada,  maka peluang anda untuk sukses dibidang busana atau toko baju akan semakin besar. Hal ini bisa anda buktikan ketika anda membuka Instagram atau Facebook maka anda akan menjumpai begitu banyak orang yang berjualan baju atau pakaian di akun mereka.

Strategi Sukses Membuka Toko Baju

Strategi Tepat Mmebuahkan Hasil Yang Tepat

Pengelolaan toko yang baik merupakan awal untuk sukses

Setiap usaha yang sukses selalu mempunyai tata kelola yang baik, hal ini juga berlaku sama jika anda membuka usaha toko baju baik online maupun offline. Sudah banyak contoh usaha yang gagal karena tidak mempunyai tata kelola toko yang baik terutama dalam hal masalah keuangan.

Untuk mewujudkan tata kelola toko yang baik anda harus memulai dari mencatat setiap transaksi pembelian atau kulakan baju yang Anda lakukan secara detail mulai dari harga yang anda peroleh dari supplier sampai harga yang akan Anda jual ke calon pelanggan anda.

Biasanya untuk pemula yang baru membuka toko baju atau toko pakaian hanya mencatat setiap transaksinya di buku yang mereka sediakan. Ini terlihat mudah bagi mereka atau bahkan Anda sendiri karena item yang ada atau stok baju masih sedikit.

Hal di atas tidak akan bisa anda lakukan jika toko baju yang anda kelola sudah mempunyai ratusan baju yang siap untuk dijual. Anda harus membutuhkan bantuan dari alat lain untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Jika posisi anda sudah berada di tahap ini, maka  saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik. Jangan biarkan toko baju yang anda kelola terbengkalai karena anda tidak bisa mengurusnya dengan benar.

Banyak software yang beredar di internet yang bisa membantu anda mengelola toko baju yang anda punya, mulai dari yang paling mahal sampai dengan yang paling murah. Anda harus teliti dalam memilih software atau aplikasi untuk toko baju yang anda kelola.

Pastikan software toko tersebut mempunyai beberapa fitur di bawah ini :

Toko Baju

Macam-Macam Baju di Toko Baju

1. Mendukung banyak jenis barang atau baju yang akan anda jual

Fitur ini sangat penting mengingat di dalam toko baju yang anda kelola Ada sangat banyak jenis baju, mulai dari baju anak-anak, baju dewasa, baju wanita, baju laki-laki, dan baju-baju yang lain yang sedang trending.

Jika software toko baju yang anda temukan tidak mempunyai fitur ini maka lebih baik anda tinggalkan dan segera cari yang lain.

Semua Transaksi Harus Ada Pembukuannya

Trasaksi Jual Beli Harus Dicatat

2. Bisa mencatat semua transaksi pembelian secara detail dari supplier baju anda.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa untuk mewujudkan tata kelola toko yang baik bisa dimulai dengan mencatat semua transaksi pembelian atau kulakan yang Anda lakukan. Dengan bantuan software toko anda bisa dengan mudah mencatat setiap transaksi pembelian atau kulakan secara detail mulai dari harga yang Anda beli dari supplier sampai dengan harga yang akan Anda berikan kepada pelanggan anda atau harga jual.

Pastikan software toko yang akan anda beli mampu melakukan hal diatas.

Harus Menghitung Harga Pokok Baju Yang Dijual

Harga Pokok Penjualan

3. Bisa menghitung harga pokok penjualan (HPP).

Secara sederhana HPP bisa diartikan sama seperti modal atau biaya awal yang Anda gunakan untuk membeli suatu produk, dalam hal ini adalah baju karena anda sedang berjualan baju. Jadi misal anda membeli sebuah baju anak-anak dari supplier anda dengan harga Rp. 20.000, maka Rp. 20.000 itu ada HPP dari baju anak-anak yang anda beli.

Lalu Bagaimana jika anda membeli baju yang sama pada supplier yang sama tapi harganya naik menjadi Rp. 30.000, padahal stok baju anak-anak yang anda miliki masih sisa 5. Bagaimana anda menghitung modal (HPP) yang anda keluarkan jika kasusnya seperti ini?

Anda bisa menghitungnya dengan rumus dibawah ini:

Rumus HPP : (stok Lama x harga lama) + (stok baru x harga baru) / (stok lama + stok baru).

Bayangkan jika anda tidak menggunakan software dan harus menghitung setiap HPP yang dikeluarkan dari baju yang anda jual. Jadi anda harus lebih teliti dalam memilih software toko yang akan anda gunakan, pastikan fitur ini dimiliki software toko tersebut.

Catat Penjualan Baju ditoko Anda

Setiap Penjualan Baju Harus Dicatat

4. Mampu mencatat semua transaksi penjualan di toko baju anda

Mencatat setiap transaksi penjualan adalah langkah yang sangat penting untuk mewujudkan tata kelola toko yang baik. Setiap transaksi harus anda catat dengan detail, mulai dari nama pelanggaan, tanggal penjualan, nama barang atau baju, jumlah penjualan, harga penjualan, diskon penjualan jika ada.

Jika di toko anda terdapat beberapa harga jual misalnya untuk membedakan antara pelanggan biasa dan pelanggan tetap. Anda harus tetap mencatat setiap harga yang Anda berikan kepada pelanggan secara detail.

Jika anda melakukan semua pekerjaan ini dengan manual atau hanya dengan bantuan Microsoft Excel tentunya pekerjaan ini akan menjadi sangat berat. Bayangkan saja jika 1 hari ada 20 sampai dengan 50 transaksi atau bahkan lebih, maka anda harus mencatat setiap transaksi itu secara detail satu persatu.

Tapi ketika anda menggunakan bantuan software toko atau aplikasi toko, semua pekerjaan diatas akan menjadi sangat mudah. Anda tinggal klik klik mouse anda semua transaksi penjualan bisa anda catat secara detail dan cepat.

toko baju harus mencatat semua retur

Retur Penjualan dan Pembelian Harus dicatat

5. Mampu mencatat retur pembelian dan retur penjualan

Sekilas memang banyak yang menyepelekan pencatatan retur pembelian dan retur penjualan, padahal retur pembelian dan retur penjualan sangat penting untuk dilakukan pencatatan. Retur sangat penting untuk dicatat karena berguna untuk melacak stok barang atau baju yang ada di toko anda.

Setiap baju yang masuk atau keluar stoknya harus dicatat jangan sampai stok yang ada di toko baju anda tidak sesuai dengan catatan anda. Nah Ketika anda ingin menggunakan aplikasi toko untuk membantu toko busana anda maka pastikan aplikasi toko yang Anda gunakan atau yang ingin anda beli memiliki fitur retur penjualan dan retur pembelian.

Stok Baju harus sering di stok opname

Stok Opname Barang Sangat Penting

6. Bisa melakukan penyesuaian stok baju (stok opname)

Anda benar-benar harus tetap mengontrol stok baju yang ada di toko anda, hal ini sangat penting karena jika stok baju yang ada di toko anda adalah aset utama anda. Anda harus menjaga dan mengontrolnya dengan baik jangan sampai anda tidak tahu berapa jumlah stok baju yang tersedia di toko anda.

Bahkan ketika ada baju yang rusak atau hilang ini semua anda harus catat supaya stok baju di toko anda tetap up-to-date. Melakukan penyesuaian stok adalah hal yang sangat penting bagi toko anda, antara stok baju yang anda catat dan dan stok baju yang di toko harus benar-benar sama.

update harga baju harus ada

7. Terakhir pastikan software toko yang akan anda beli bisa melakukan update harga

Baju merupakan barang yang harganya dinamis dalam arti cepat berubah, mungkin hari ini harganya RP. 30.000 besok harganya berubah jadi Rp. 50.000. Anda sebagai pemilik toko harus cekatan untuk melihat harga, jangan sampai harga yang anda pasang di toko sudah tidak relevan dengan harga pasar.

Maka hal ini harus anda perhatikan jika anda sedang memilih software atau aplikasi yang akan digunakan di toko anda. Pastikan fitur update harga tersedia di software yang anda pilih.

Itu dia 7 tips memilih software toko baju untuk toko yang anda kelola. Pastikan semua fitur yang ada di atas ada di software atau aplikasi toko yang akan anda gunakan.

Anda bisa mencoba software aplikasi TheToko dibawah ini, GRATIS!.

Semua fitur yang anda butuhkan terutama 7 fitur di atas sudah ada di software aplikasi toko di bawah ini. Silahkan download dan coba dengan gratis.

 

DOWNLOAD APLIKASI TOKO GRATIS KLIK DISINI !!

ADD YOUR COMMENT