Software Toko Komputer

9 Bentuk Peluang Bisnis Usaha Sampingan

Perkembangan zaman semakin maju, kebutuhan hidup sehari-hari pun kian meningkat jumlahnya. Bila beberapa tahun yang lalu uang seratus ribu rupiah masih terbilang besar dan dapat digunakan untuk membeli beragam kebutuhan rumah tangga, lain halnya dengan zaman sekarang.

Tak heran bila banyak orang yang melirik peluang bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi tabungan. Memiliki bisnis sampingan tak hanya bermanfaat untuk membantu keuangan, karena ternyata bisnis sampingan juga dapat melatih seseorang untuk lebih disiplin dan mengatur manajemen waktu secara optimal.

Bisnis sampingan apa yang bisa dimulai dari modal yang minim dan risiko kerugian yang kecil? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan di benak sebagian besar orang yang ingin mulai merintis bisnis sampingan. Ya, bisnis dengan risiko yang minim tentu sangat diminati oleh semua orang.

Siapa sih yang tidak mau berbisnis sampingan dengan modal kecil dan risiko yang minim. Untungnya, bisnis tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Bahkan dengan modal Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja per harinya.

Peluang Bisnis Usaha Sampingan

Berikut ini Peluang Bisnis Usaha Sampingan :

1. Bisnis Investasi
Trend bisnis investasi seperti tidak ada matinya. Ini salah satu bisnis sampingan yang hampir tidak membutuhkan usaha apa-apa. Anda tetap bisa menjalankannya di tengah kesibukan aktivitas yang padat.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggelontorkan dana untuk membeli aset yang bernilai kemudian menjualnya kembali. Bisa dalam waktu singkat atau panjang. Saat harga jual jauh lebih tinggi dengan harga beli, maka Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut.

Semakin tinggi margin, potensi keuntungan yang didapatkan pun semakin besar. Pilihan yang bisa dicoba untuk usaha ini adalah membeli beberapa properti dengan harga rendah, seperti tanah, rumah, perhiasan, kendaraan, dll lalu menjualnya kembali.

2. Bisnis Pulsa Elektrik
Jenis usaha sampingan satu ini tergolong enteng dijalankan, modalnya kecil, dan fleksibel. Sebab, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik bisa di mana saja. Termasuk misalnya di lokasi tempat kerja, yang mana kalau bisnis sampingan lain harus memiliki tempat khusus.

Meskipun margin keuntungan yang didapatkan tidak banyak untuk setiap kali transaksi, tapi nilainya akan besar manakala jumlah pembeli atau pelanggan cukup banyak. Terutama misalnya di lokasi kerja di mana ada banyak rekan kerja yang membutuhkan pulsa setiap harinya.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, Anda mungkin bisa menanamkan modal awal dari angka Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Bisa juga lebih besar dari itu.

3. Bisnis Periklanan
Ini salah satu bisnis sampingan yang bisa dikatakan tidak butuh modal. Yang diperlukan hanya terjun ke lapangan mencari relasi. Saat ini bisnis periklanan masih sangat menjanjikan.

Potensinya selalu ada meskipun persaingannya juga cukup ketat. Untuk memulai bisnis periklanan, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa iklan, semisal televisi, surat kabar, atau pun media online. Usahakan perusahaan yang telah memiliki nama atau pengaruh.

Selanjutnya mintalah untuk menjadi tenaga pemasar iklan di media tersebut dengan kompensasi bagi hasil iklan. Misalnya, setiap kali Anda mendatangkan pengiklan yang membayar Rp 1 juta untuk satu kali tayang/terbit, Anda bisa meminta komisi 50%, dst. Bisnis periklanan ini juga bisa Anda jalankan di sisa waktu luang, tanpa mengganggu pekerjaan utama.

4. Bisnis Ternak
Kebutuhan pasokan daging di tanah air cenderung meningkat, bahkan seringkali persediaannya kurang. Karena itu bisnis ternak selalu menjanjikan untuk ditekuni. Keuntungan yang didapatkan besar, tapi untuk memulainya juga tidak rumit.

Jika Anda ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti adanya pekerja yang berfungsi mengambil alih tugas Anda untuk mengurusi ternak tersebut.

Misalnya merawat ternak, memberi pakan, menjaga, dll. Biaya untuk memulai usaha ternak ini juga bisa dimulai dari modal yang minim.

5. Bisnis Saham
Jual beli saham bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan bagi Anda karyawan kantoran atau berprofesi sebagai pegawai. Saham saat ini tidak lagi menjadi bisnis investor bermodal tebal saja. Bagi pemula yang minim dana pun bisa memiliki dan menjalankannya.

Anda tinggal membeli saham-saham unggulan kemudian melepasnya kembali di saat harga saham tersebut naik. Selisih harga tersebut bisa menjadi keuntungan buat Anda. Tidak saja menghasilkan untung sesaat, tapi juga dapat dijadikan investasi untuk masa depan karena harga saham yang terus naik.

6. Bisnis Waralaba
Keberadaan usaha franchise atau bisnis waralaba semakin berkembang akhir-akhir ini. Banyak peluang tersedia, mulai yang menawarkan waralaba usaha makanan, minuman, produk kosmetik, pakaian, hingga brand-brand tertentu.

Banyaknya pilihan yang tersedia tersebut bisa disesuaikan dengan selera Anda, termasuk misalnya menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki untuk menjalankan bisnis waralaba tersebut. Untuk menjalankan bisnis waralaba, paling pertama yang harus Anda fikirkan adalah margin keuntungan, jenis waralaba yang laris, hingga kemudahan pemasaran produk tersebut.

7. Bisnis Walet
Di banyak tempat, bisnis walet menjadi primadona masyarakat untuk dijadikan usaha sampingan. Sekali usaha walet ini sukses, maka Anda tinggal memetik hasil tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Bisnis walet bisa menjadi bisnis sampingan bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk terjun langsung di usaha tersebut.

Modal awal untuk mendirikan sarang burung walet memang tidak murah, namun Anda bisa melakukan penghematan dengan memilih material yang lebih murah untuk bangunan sarang walet ini. Hasil yang didapatkan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sudah banyak contoh mereka yang berhasil di bisnis walet meraup keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta per bulan. Bagaimana menggiurkan bukan?

8. Usaha Angkringan
Jika kesibukan pekerjaan utama membuat Anda sulit untuk mengatur waktu, membuka usaha angkringan mungkin bisa menjadi pilihan tepat memperoleh penghasilan tambahan. Di siang hari Anda bisa menjalani pekerjaan utama, sementara malamnya Anda bisa menjalankan usaha angkringan. Keberadaan angkringan menjadi pemandangan umum di tengah-tengah kota maupun pedesaan. Selain menawarkan selera rasa lokal, bisnis angkringan ternyata juga tergolong mudah untuk ditekuni. Anda hanya perlu sedikit keterampilan dalam mengolah menu-menu angkringan yang bercitarasa, selanjutnya pelanggan pun akan berdatangan. Kekhasan menjadi salah satu tips suskes untuk membuka usaha angkringan ini. (Baca Juga : Rincian Modal Usaha Sembako)

9. Usaha Cafe
Pada dasarnya semua bisnis harus ditekuni serius agar bisa sukses. Tapi, bukan berarti memiliki waktu yang terbatas, Anda tidak bisa serius dengan bisnis tersebut. Usaha cafe misalnya. Kelihatannya mungkin hanya bisa dilakoni oleh mereka yang memiliki waktu penuh, tapi sebenarnya tidak selalu begitu. Yang perlu Anda lakukan adalah kontrol penuh dengan usaha tersebut. Meskipun dengan sisa waktu yang Anda miliki. Jika ingin menjalani usaha cafe sebagai usaha sampingan, maka Anda harus memiliki perpanjangan tangan. Alias karyawan. Bisa menunjuk salah seorang sebagai manager dan beberapa orang karyawan lainnya untuk membantu. Anda hanya perlu memberikan instruksi tertentu agar bisnis cafe tersebut bisa berjalan dengan baik dan mengontrolnya agar tetap berada di relnya. Usaha cafe adalah satu bisnis yang sangat menjanjikan, terutama bila ditempatkan di lokasi yang ramai

Usaha sampingan memang cukup menjanjikan jika anda mau menangani dengan ulet.

Semoga wacana di atas dapat membuat anda lebih jeli dalam membaca pasar untuk bisnis usaha anda dengan peluang yang menjanjikan.

Download Software Toko Gratis Klik Dibawah Ini !!

Aplikasi Retail Toko

ADD YOUR COMMENT