cara mendirikan warnet

9 Tips Mendirikan Warnet

Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita coba sebenarnya. Usaha apapun baik secara offline ataupun online akan menjadi sebuah usaha yang besar apabila kita sungguh-sungguh dalam mengelolanya.

Berikut ini saya akan memberikan Tips bagi kalian yang ingin berbisnis tapi bingung mau bisnis apa :

Kalau kalian suka bisnis online, kalian bisa sekalian jadi operator warnet sendiri dan melakukan bisnis online juga.

Kan akan memberikan pemasukan dana yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari kalian.

BERIKUT 9 TIPS MENDIRIKAN WARNET AGAR SUKSES !

Jangan Lupa Untuk Lihat Produk Software Akuntansi Pengelolaan Keuangan Kami

  1. Pilih tempat yang strategis dan sering sebagai tempat nongkrong

Bagaimana tempat yang strategis itu? Kalian bisa lihat berbagai hal mengenai hal ini, seperti dekat jalan raya, ramai atau tidak anak-anak, dekat sekolah atau tidak, dan tentunya kenyamanan tempat.

Biasanya yang paling sering datang ketempat warnet adalah para gamers dan juga anak sekolah yang mana mereka sering ditugaskan untuk mendapatkan informasi tentang materi yang diajarkan di sekolah untuk dicari.

Apalagi di kurikulum 2013 sekarang ini, sedikit sedikit online sedikit sedikit online. Kan bagi mereka yang tidak memiliki laptop atau PC sendiri mereka akan langsung lari ke warnet.

Beberapa saran tempat yang strategis dan baik untuk usaha warnet kalian yaitu:

*. Dekat jalan raya
*. Sering dilewati orang
*. Orang sekitar sudah paham internet
*. Koneksi internet bagus
*. Dekat tempat keramaian seperti kantor atau sekolah
*. Tempat nyaman, bersih, dan menyenangkan

2. Harus ada perhitungan yang matang

Analisis data keuangan yang tepat dan menyeluruh juga sebagai tips mendirikan usaha warnet yang sangat perlu kalian perhatikan. Intinya harus ada perencanaan, bukan hanya jalan semata, tanpa tahu berapa % keuntungan dari waktu ke waktu.

Anda harus tahu modal Anda berapa. Lalu yang digunakan untuk membeli komputer dan peralatan lainnya berapa, untuk beli kuota data Internet bulanan berapa, biaya perbaikan secara berkala, dan berbagai biaya lain yang mungkin akan tiba-tiba muncul begitu saja ditengah bisnis yang sedang kalian buat itu.

3. Harus tahu bagaimana cara mengelolanya

Tips mendirikan usaha warnet selajutnya adalah kalian harus punya manajemen skill yang baik. Artinya harus bisa mengelola, mengembangkan dan menjaga usaha warnet yang kalian kellola agar bisa terus bertumbuh besar bukanya semakin hancur.

Baca Juga : Software Akuntansi Warnet

4. Wajib tahu siapa target pengguna warnet Anda

Dalam mendirikan bisnis warnet, target usia dan jenis profesi seseorang memang sangat berpengaruh bagi saya pribadi, karena ini berkaitan erat dengan pemasukan nantinya.

Dengan ini kita juga bisa lebih memberikan kesan yang baik kepada pengunjung.

Ada beberapa jenis pengunjung warnet seperti: anak sekolah/guru, karyawan, gamers, pebisnis online, hacker, pemula yang ingin belajar Internet, desainer, blogger, atau mungkin seseorang yang iseng ingin main komputer. Dari situ Anda harus jeli melihat keadaan.

5. Berani tampil beda

Tips mendirikan usaha warnet yang keenam yaitu kita diharuskan bisa mengembangkan keunikan dan lebih inovatif. Buatlah sesuatu yang berbeda dari warnet lainnya yang dekat dengan Anda. Karena dengan tampilan yang beda akan membuat daya tarik tersendiri bagi para pengguna warnet Anda.

Baca Juga : 5 Permasalahan Bisnis Usaha Warnet

6. Berikan diskon, promo, bonus, hadiah, undian dan sejenisnya

Ini yang sering digunakan oleh berbagai jenis perusahaan baik kecil maupun besar untuk menarik daya beli konsumen. Karena dengan ini biasanya akan muncul suatu rasa ingin membeli lebih.

7. Komputer berkualitas dan murah selalu utamakan

Memilih komputer dan perangkatnya juga harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai salah pilih, karena bisa bisa Anda akan merugi kedepannya. Jadi dalam memilih produk hadapkan pada 2 hal, yaitu kualitas yang baik dan harga yang murah/terjangkau.

8. Perhatikan kecepatan ‘loading dan koneksi internet tempat Anda

Saya pernah pergi ke warnet yang tidak biasa kesana, dan ternyata saat semua komputer online, wahhh leletnya minta ampun, buat buka Facebook aja 20 menit Belum ke load semua, apalagi sama buat yang lain. Tentunya ini mengecewakan dan tidak mau lagi ketempat itu.

9 tips mendirikan warnet

Ada beberapa alasan mengapa koneksi internet untuk warnet lambat:

*. Tempat lokasi Anda berada
*. Settingan dari komputer
*. Kekuatan sinyal
*. Jenis kuota yang dipilih
*. Provider
*. Modem atau dari Mifi yang kurang baik

Baca Juga : Hal Yang Di Perhatikan dalam mengelola bisnis warnet

9. Selalu lakukan service setiap periode

Tips mendirikan usaha warnet yang terakhir yaitu agar selalu rutin melakukan servis pada komputer dan perangkat nya. Dengan perawatan berkala ini akan menghindarkan dari potensi kerusakan yang lebih besar lagi. Jika kerusakan lebih besar, maka kerugian juga akan semakin besar.

Demikian artikel dari saya mengenai 9 tips mendirikan warnet. Apabila ada kesalahan maupun kekurangan kami mohon maaf, dan apabila ada yang ingin ditambahkan mohon dilengkapi melalui fasilitas komentar yang ada di bagian bawah tulisan ini.  Terima kasih banyak atas kunjungan Anda.

Jangan Lupa Untuk Lihat Produk Software Akuntansi Pengelolaan Keuangan Kami

ADD YOUR COMMENT