Software Akuntansi dan Laporan Keuangan

Dasar – Dasar Akuntansi

Dasar-dasar akuntansi menjadi pedoman untuk melakukan penyusunan laporan keuangan. Untuk mempermudah pemahaman dasar-dasar bidang akuntansi, Anda harus giat untuk membuat jurnal transaksi. Untuk itu, perusahaan selalu ketat dalam seleksi karyawan yang menjabat posisi akuntansi.

Berbicara mengenai perusahaan dan akuntansi, perusahaan memerlukan akuntan untuk menyusun laporan keuangan. Perlu dipahami bahwa laporan keuangan akuntansi penting sekali untuk mengetahui pergerakan uang yang ada di perusahaan tersebut.

Sehingga hasilnya adalah setiap transaksi yang terjadi diperusahaan dapat berlangsung secara transparan karena adanya laporan keuangan tersebut.

Dasar - Dasar Akuntansi

Laporan keuangan tentu sangat penting. Laporan keuangan berkedudukan sebagai laporan yang memberi nilai apakah perusahaan tersebut cukup baik dalam mengelola setiap transaksi yang terjadi.

Selain itu, laporan keuangan dapat memberikan informasi terkait baik dan buruknya kinerja dari perusahaan. Jika laporan keuangan sederhana tersebut selalu rapi disusun, jelas, dan uang masuk maupun keluar dapat tercatat dengan baik, maka perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik.

Selain itu, laporan keuangan juga dapat sebagai analisis. Dalam arti,analisa laporan keuangan tersebut dapat menyebutkan bahwa perusahaan bergerak maju atau mundur.

Dari laporan keuangan tersebut akan terbaca apakah perusahaan tersebut akan sukses ke depannya ataukah tidak menunjukkan prospek sama sekali.

  • Laporan Keuangan Perlu untuk Perusahaan Jasa

Laporan keuangan perusahaan jasa menjadi acuan untuk mengetahui seberapa signifikannya pergerakan dari bisnis jasa tersebut. Laporan keuangan untuk perusahaan jasa ini dihitung melalui neraca, laba yang diterima, kerugian yang diterima, termasuk modal.

Laporan keuangan yang berkaitan dengan laba dan rugi akan mempermudah perusahaan jasa dalam menentukan apakah ke depan perusahaan tersebut sudah diterima pelanggan atau tidak. Jika mengarah pada kerugian, tentunya perusahaan harus mengatur agar laba yang diperoleh semakin besar dan jangan lagi mengarah pada kerugian.

Disebutkan pula dalam laporan keuangan untuk perusahaan jasa bahwa ada neraca. Dalam perhitungan yang melibatkan dasar-dasar akuntansi, neraca digunakan untuk menghitung aktiva, hutang-piutang, modal perusahaan pada bulan atau waktu tertentu. Sehingga akan diketahui semua bentuk transaksi perusahaan yang melibatkan uang.

  • Analisis Rasio untuk Laporan Keuangan

Disebutkan sebelumnya bahwa perlu adanya analisis dalam penyusunan aplikasi laporan keuangan. Analisis tersebut dapat dilakukan dengan metode rasio keuangan.

Ada tiga metode yang digunakan :

Pertama, metode analisis pertumbuhan. Metode ini berguna untuk mengetahui perbandingan antara periode pemasukan di bulan satu dengan bulan lainnya.

Kedua, metode trend dan indeks sebagai pembanding indeks pada tahun-tahun dasar laporan keuangan sebuah perusahaan.

Ketiga, metode analisis rasio, yang digunakan untuk memperoleh laporan secara signifikan dan terperinci.

Analisis rasio yang biasa digunakan untuk perhitungan biasanya adalah rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, serta rasio aktivitas. Sehingga tidak hanya mengandalkan dasar-dasar akuntansi.

  • Rasio-rasio Penting dalam Laporan Keuangan

Disebutkan bahwa dalam perhitungan analisis laporan keuangan perusahaan juga berkiatan dengan rasio. Untuk rasio likuiditas, perhitungan masih dibagi lagi dalam tiga jenis, yaitu current ratio, cash ratio, serta quick ratio.

Untuk rasio profitabilitas dibagi dalam tujuh jenis, yaitu :

  1. gross profit margin,
  2. operating income ratio,
  3. net profit margin,
  4. earning power of total investment,
  5. ROI,
  6. ROE,
  7. serta rate of return on net worth.

Untuk rasio solvabilitas terbagi dalam dua jenis, yaitu
1. total debt to assets ratio
2. total debt to equity ratio.

Untuk rasio aktivitas terdiri dari enam jenis, yaitu
1. total assets turn over,
2. working capital turn over,
3. fixed assets turn over,
4. inventory turn over,
5. average collection period ratio,
6. receivable turn over.

Dan semua dapat Anda hitung dengan cepat dengan software laporan keuangan.

Laporan keuangan pun dapat disusun dengan mudah saat ini karena adanya aplikasi laporan keuangan gratis. Sehingga akuntan dapat bekerja cepat dan tidak hanya sekadar tahu apa saja yang termasuk dalam bahasan dasar-dasar akuntansi.

Namun, juga paham dengan proses dan apa saja yang harus dihitung dalam laporan keuangan perusahaan dagang. Laporan keuangan dapat dikatakan menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan.

Karena akan menunjukkan perusahaan cukup kritis dengan uang-uang yang masuk dan keluar di perusahaan mereka.

Download Aplikasi Laporan Keuangan Versi Demo Klik Disini !!

ADD YOUR COMMENT