Aplikasi Pembukuan Sederhana

Keunggulan Jurusan Akuntansi

Apa itu Akuntansi ? Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Akuntansi juga sangat memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Tak heran jika ada istilah business language yang menjadi sebutan untuk akuntansi. Setiap organisasi bisnis maupun perusahaan besar pasti membutuhkan jasa akuntansi. Hal ini menunjukan bahwa selama masih ada bisnis, tenaga akuntansi masih dibutuhkan.

Peluang karir untuk lulusan sangat terbuka lebar karena akuntansi adalah fungsi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, bahkan perusahaan yang sederhana pun membutuhkan tenaga akuntansi. Para lulusan Program Studi Akuntansi ini mempunyai pekerjaan di bidang pekerjaan yang berjenjang manajerial (accounting manager), keuangan dan perbankan.

Download Aplikasi Software Akuntansi Terbaik Versi Demo : Klik Disini!!

Kenapa Memilih Jurusan Akuntansi

Banyak Orang yang bertanya, Beda kah Jurusan Akuntansi dengan Manajemen.?

Tentunya  Beda, Akuntansi itu lebih mempelajari bagaimana mengklasifikasikan tiap transaksi perusahaan dan melaporkannya dalam sebuah laporan keuangan, sedangkan Manajemen itu lebih mempelajari bagaimana memanage perusahaan agar bisa lebih berkembang nantinya (baik dari segi keuangan, SDM, maupun pemasaran), jadi Manajemen Baik Akuntansi sama sama bisa dibilang saling melengkapi, Akuntansi mempelajari sedikit ilmu Manajemen, dan begitu sebailknya.

Untuk FIA, penulis belum begitu mengerti, cuman FIA juga mempelajari sedikit ilmu Akuntansi dan Manajemen, karena nantinya diharapkan akan bekerja dalam bidang administrasi (administrasi biasanya tidak berakhir pada membuat laporan keuangan)

Kalau kata orang sih ya, Akuntansi itu bisa dibilang ilmu dasar buat kedua jurusan itu (Manajemen dan FIA), jadi ilmu Akuntansi itu akar untuk kedua ilmu itu. Manajemen (apalagi Manajemen keuangan) pasti dan wajib belajar Akuntansi. Meskipun mahasiswa Manajemen dan FIA diberikan matakuliah Akuntansi, tentunya hanya diberikan basic saja, bukan mendalam yang nantinya akan bisa dipelajari di jurusan Akuntansi.

Jadi keuntungan dari anak jurusan Akuntansi adalah dia tidak terlalu sulit untuk menghandle tugas-tugas yang bisa jadi merupakan pekerjaan anak jurusan Manajemen dan FIA, karena dasar ilmunya dia pegang. Lain halnya jika kedua jurusan itu mau menghandle pekerjaan orang Akuntansi, wah tentu akan sulit banget, karena mereka kurang mendapat pengetahuan yang mendalam tentang Akuntansi.

Jika Anda punya rasa antusias terhadap bidang keuangan, ingin menyelami dunia bisnis dengan lebih mendalam dan ingin karir Anda sukses saat bekerja di perusahaan, mungkin Jurusan Akuntansi adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi, mempelajari Akuntansi tidak berarti hanya mengandalkan bakat Matematika dan Bisnis. Minat akan Bidang Hukum dan Ilmu Ekonomi juga diperlukan. Mengapa demikian? karena selain diharuskan untuk menguasai berbagai pengetahuan mengenai transaksi keuangan, Anda juga akan dituntut untuk mempelajari hukum mengenai perpajakan dan kebijakan keuangan. Jadi, akuntansi itu tidak sesederhana ilmu berhitung, akan tetapi juga mencakup bidang studi yang luas.

Oleh karena itu, para calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini haruslah pribadi yang cepat tanggap, mau berusaha keras, dan juga bersedia meluangkan waktu untuk banyak membaca walaupun tidak dalam jam pelajaran.

Sebagian besar lulusan dari Jurusan Akuntansi mengejar karir sebagai seorang Akuntan. Akan tetapi, dikarenakan jurusan ini mencakup bidang studi yang luas seperti Struktur Bisnis, Hukum dan Ilmu Ekonomi, maka tidak jarang para lulusan dari Jurusan Akuntansi juga diterima bekerja di bidang manajemen lainnya.

Masih ada banyak lagi pilihan-pilihan bagi para lulusan Jurusan Akuntansi. Misalnya bekerja pada organisasi non profit. Disini, para lulusan bisa menulis proposal untuk meminta pendanaan ataupun membuat permohonan hibah. Seandainya para lulusan memilih untuk mengejar karir di luar bidang Akuntansi, mereka juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai di Bidang Penjualan, Marketing, Periklanan, Hukum dan bahkan di Bidang Jurnalisme.

Download Aplikasi Software Akuntansi Terbaik Versi Demo : Klik Disini!!

ADD YOUR COMMENT