Software Toko Komputer

Proposal Usaha Toko Bangunan

BAB 1

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Usaha adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkat kantaraf hidup seseorang untuk lebih baik. Suatu badan usaha yang kita jalankan dapat menghasilkan laba, atau pendapatan yang semaksimal mungkin, kita menyelenggarakan usaha yang bermanfaat dan menguntungkan dalam kesejahteraan hidup. Selain itu, dalam menjalankan usaha harus mengikuti hokum-hukum ekonomi yang rasional serta norma-norma kebiasaan dalam dunia usaha sehingga dapat membantu pembangunan yang sedang dilaksakan oleh pemerintah.

Manusia yang selalu membutuhkan makan, pakaian dan perumahan, ternyata dapat  menciptakan berbagai peluang usaha yang menjanjikan.Bisnis makanan, bisnis pakaian serta bisnis properti menjadi contoh peluang usaha yang muncul seiring dengan permintaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Salah satu bisnis yang saat ini berkembang pesat yaitu bisnis properti, kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal menjadikan peluang usaha ini dicari masyarakat. Saat ini peluang usaha properti, tidak hanya fokus membangun rumah dan menjualnya saja. Masih banyak peluang dalam binis properti yang dapat dicoba, salah satu bisnis yang mendukung kebutuhan properti seperti bisnis bahan bangunan juga memiliki prospek pasar yang cukup besar. Karena selama masih ada pembangunan rumah, kantor, sekolah, serta gedung lainnya, bahan bangunan seperti besi, semen, cat, keramik, dan kayu akan terus dibutuhkan pasar.

Tujuan Penulisan

a) Memenuhi persyaratan dalam lomba yang diadakan oleh diklat Magistra Utama Madiun yaitu membuat Proposal Usaha

b) Agar mahasiswa dapat menjadikan pelajaran yang tersirat dalam berwirausaha

Manfaat Penulisan

Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah:

a) Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dibidang berwirausaha

b) Dapat aplikasikan di kehidupan kita baik secara formal maupun secara informal yang dapat menambah dinamika ilmu pengetahuan kita.

 

BAB 2

Faktor Penghambat dan Pendukung

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

Faktor penghambat tersebut diantaranya :

  1. Banyaknya usaha yang sama
  2. Harga bahan baku yang tidak stabil.

Faktor pendukung usaha ini diantaranya :

  1. Kondisi tempat yang strategis
  2. Barang lengkap dan harga yang relatif terjangkau
  3. Dapat memesan melalui telephone
  4. Pelayanan yang cepat

 

BAB 3

PRODUK USAHA

Dalam penjualannya toko bangunan ini menjual material seperti :

  1. Pasir
  2. Batu
  3. Bata
  4. Berbagai Macam Cat
  5. Genteng
  6. Berbagai macam Semen
  7. Besi Berbagai ukuran
  8. Berbagai Alat Pertanian
  9. Berbagi Macam pintu (Pintu Kamar Mandi dan Pintu Kayu Jadi)
  10. Berbagai jenis Kayu
  11. Berbagai Pipa
  12. Keramik
  13. Gamping
  14. Alat-alat Listrik
  15. Alat-alat pertukangan
  16. Dan Lain-lain

 

BAB 4

TARGET PASAR

Segmentasi Pasar Produk

Segementasi pasar merupakan upaya untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan cara mengelompokan konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang kebutuhan dan keinginanya serupa.

Segmen pasar yang dituju tidak terbatas pada golongan tertentukarena kebutuhan akan bahan bangunan adalah untuk memenuhikebutuhan akan tempat tinggal atau papan yang merupakankebutuhan primer manusia.

Target Pemasaran Produk   

Bangunan merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk mewujudkan kebutuhan penting lainnya, yaitu kebutuhan akantempat tinggal maupun tempat usaha. Karena jika kita akanmendirikan sebuah bangunan, pastinya akan membutuhkan beberapa bahan yang hanya tersedia di toko bangunan terdekat

Bisnis bahan bangunan ini pasarnya sangat luas bahkan tidak terbatas. Ha lini disebabkan karena kebutuhan akan bahan bangunan dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat, tidak hanya untuk kalangan pengusaha saja. Kebutuhan akan bahan bangunan merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk mewujudkan kebutuhan penting lainnya, yaitu kebutuhan akantempat tinggal maupun tempat usaha.

Selain itu took ini juga menyediakan berbagai alat-alat pertanian yang membantu para petani jikalau ingin membelinya tidak usah jauh-jauh karena ditoko yang letaknya strategis dan terletak ditengah-tengah desa yang mayoritas adalah penduduk petani ini sudah menyediakannya.

Selain masyarakat umum, target pasar yang lebih luas seperti kontraktor proyek bangunan serta beberapa pelaku bisnis properti dapat dijadikan sebagai jaringan untuk memperoleh konsumen yang memerlukan bahan bangunan. Karena pelaku bisnis properti, membutuhkan material dan bahan bangunan untuk memenuhi permintaan perumahan dari konsumennya.

 

BAB 5

PROMOSI PEMASARAN

Untuk memasarkan bahan bangunan dapat menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang menjalankan bisnis properti maupun kontraktor yang menjalankan proyek bangunan. Sehingga kebutuhan bahan bangunan yang mereka butuhkan, dapat  dipenuhi.

Disamping itu untuk menarik minat pelanggan, kita dapat memberikan potongan harga untuk pembelian diatas nominal tertentu. Atau bisa juga memberikan bonus produk tertentu, jika sudah membeli lebih dari nominal rata – rata yang telah ditentukan.

Bagian dari Promosi,Dari toko ini juga sering membagikan kaos-kaos yang dibelakangnya terdapat Nama ,Contact dan alamat lengkap TB.REJEKI LUMINTU,sehingga memberikan nilai tersendiri untuk menambah minat pelanggan untuk terus menjadi customer dari Toko ini.

 

BAB 6

LAPORAN KEUANGAN

  1. Alokasi dana

Analisa Usaha

Modal awal

Mobil pick up                                                              Rp  80.000.000,00

Bahan baku

( pasir, semen, batu bata, besi, cat )                          Rp 150.000,000,00+

Total                                                                                        Rp 230.000.000,00

Biaya penyusutan mobil selama penggunaan 5 tahun

= 1/ 60 bulan x Rp 80.000.000,00                          =  Rp 1.333.333,00

 

Biaya operasioal per bulan

Sewa tempat per bulan

( Rp   10.000.000,00/th : 12 bulan )                            Rp  1.200.000,00

Belanja bahan baku per bulan                                                 Rp 60.000.000,00

Gaji karyawan ( 3 x Rp 900.000,00 )                                       Rp  2.700.000,00

Transportasi                                                                Rp    700.000,00

Listrik                                                                                       Rp    100.000,00

Penyusutan mobil                                                                    Rp  1.333.333,00+

Total                                                                            Rp 54.716.600,00

 

  1. Perhitungan Laba

Laba per bulan

( Rp 59.970.000,00 – Rp 54.716.600,00 )        = Rp 5.253.400,00

ROI (Return of Investment)

( modal awal : laba per bulan )                       =   < 3 tahun

 

PENUTUP

Kesimpulan

Toko Bangunan “ REJEKI LUMINTU” adalah usaha yang di dirikan oleh seorang laki-laki yang bernama Bapak Maryoto sejak tahun 2008 kurang lebih sekitar 6 tahun yang lalu. Usaha ini cukup berhasil dengan pengelolaan yang baik system pengerjaannya.

Saran

Perluas jaringan kerjasama dengan pelaku bisnis lain yang dapat mendukung bisnis bahan bangunan. Sehingga pemasaran produk bahan bangunan lebih luas. Selain itu usahakan untuk mengikuti perkembangan pasar bahan bangunan yang paling banyak dicari saat ini, sehingga pelanggan tidak akan berpindah ke tempat lain. Kualitas produk juga harus dijaga, karena konsumen biasanya mencari bahan bangunan yang berkualitas.

ADD YOUR COMMENT