Sistem Akuntansi Perhotelan

Sistem Akuntasi Perhotelan

Pengertian akutansi perhotelan adalah suatu bentuk pelaporan keuangan atau pencatatan semua Jurnal transaksi baik Transaksi harian maupun suatu periode tertentu.

Sistem Akuntansi Perhotelan dimaksudkan dan ditujukan sebagai bahan bimbingan dalam penyusunan dan penyajian data keuangan, dan sebagai panduan yang mencakup dasar-dasar akuntansi keuangan seperti pada sistem akuntansi umum pada umunya.

sistem akuntansi perhotelan juga sebagai alat yang menyediakan sarana yang lebih akurat dan mudah untuk dimengerti dalam menganalisa sistem keungan oleh manajement hotel yang bertujuan sebagai bahan dasar pengembangan kebijakan keuangan hotel dimasa akan datang.

Pada pencatatan sistem akuntansi perhotelan pencatatan rekening dibagi menjadi dua bagian utama. bagian yang pertama terdiri dari format dan persyaratan penyajian laporan yang terkait dengan akuntansi / keuangan dan lainnya.

laporan dijelaskan baik dalam bentuk narasi dan format kusus. bagian kedua yaitu memberikan nama pada rekening dan chart account.

Pengetahuan Akuntansi

Dalam rangka melaksanakan pengendalian keuangan, setiap pengelola hotel harus memahami akuntansi. Namun untuk dapat memahami akuntansi, pengelola hotel tidak perlu harus menjadi akuntan. Pengelola hotel yang memperkejakan akuntansi setiap saat harus melakukan pertemuan dan diskusi dengan akuntan tersebut.

Meskipun hotel yang belum cukup besar untuk mempekerjakan seorang akuntan secara penuh (full time), sehingga kemudian hotel menyewa akuntan paruh waktu  (part-time) untuk membantu menyelesaikan pekerjaan akuntansi, pengelola hotel harus sering bertemu dengan akuntan tersebut untuk mendiskusikan jalannya bisnis hotel.

Sistem Akuntansi Perhotelan

Baca Juga : 4 Rahasia Pemimpin Menyelesaikan Permasalahan Dalam Perusahaan

Pengendalian Keuangan

Laba dan ketersediaan kas hanya akan dihasilkan apabila hotel memiliki dan melaksanakan pengendalian keuangan yang baik.

Pengendalian keuangan tidak lain adalah memahami dimana posisi hotel pada setiap waktu ditinjau dari sudut pandang laba dan kas; merencanakan akan kemana dengan anggaran dan alat-alat yang tersedia; dan memastikan apakah hotel akan dapat mencapai rencana melalui laporan keuangan reguler yang memantau setiap kemajuan yang telah dicapai.

Laporan Akuntansi Keuangan

Laporan akuntansi keuangan disususn berdasarkan SAK, sehingga secara garis besar tidak banyak terdapat perbedaan dengan laporan akuntansi keuangan yang disusun oleh industri lain.

Hal yang menjadi ciri utama yang membedakan dengan industri lainnya hanya menyangkut masalah banyaknya jenis pendapatan (meliputi perusahaan dagang, perusahaan jasa, perusahaan manufaktur, dan jasa broker).

Demikian juga halnya dengan perhitungan harga pokok yang disesuaikan dengan jenis penjualan tersebut. Analisa laporan keuangan dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain:

  1. Analisis rasio
  2. Analisis horisontal
  3. Analisis vertikal
  4. Analisis sumber dan penggunaan dana
  5. Pengukuran kesehatan dan kinerja keuangan dari berbagai persepsi
Laporan keuangan, terdiri dari:
  1. Laporan laba rugi (income statement), menjelaskan tentang pendapatan dan beban dari hasil operasi dalam suatu periode.
  2. Neraca (balance sheet), yang menjelaskan tentang hubungan antara aktiva, kewajiban dan modal dalam laporan posisi keuangan dari operasi dari operasi pada suatu periode keuangan.
  3. Laporan arus kas (statement of cash flow), menjelaskan tentang perubahan dalam posisi kas, baik pada pada sumber maupun penggunaan kas.
Laporan Akuntansi Manajemen

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan penyusunan laporan akuntansi manajemen seperti:

  1. Laporan akuntansi manajemen tidak terikat pada kaidah yang ditentukan dalam SAK.
  2. Laporan akuntansi manajemen lebih menekankan pada relevansi informasi yang dihasilkan sebagai dasar pengambilan keputusan,
  3. Laporan akuntansi manajemen tidak hanya didasarkan pada data historis tapi juga meliputi penafsiran serta prediksi di masa yang akan datang.
  4. Laporan akuntansi manajemen tidak semata-mata melaporkan informasi dalam satuan unit uang tetapi juga meliputi satuan ukur yang lain.

Download Demo Aplikasi Software Akuntansi Dan Laporan Keuangan GRATIS : Klik Disini!!

Berikut Gambar Software Akuntansi dan Laporan Keuangan Kami :

  • Software Akuntansi & Laporan Keuangan/PC : 850.000
    Software Akuntansi & Laporan Keuangan Unlimited PC : 2.500.000
Software Akuntansi & Laporan Keuangan Menu Master Kode Akun Software Akuntansi
Menu Transaksi Software Akuntansi Form Hutang Ke Bank Software Akuntansi
Form Pembayaran Hutang Software Akuntansi Menu Laporan Software Akuntansi

ADD YOUR COMMENT