Software Toko bangunan

Tips Menjalankan Toko

Bagi sebagian orang, mengelola toko terkesan sebagai pekerjaan yang mudah, sederhana, dan siapa saja mampu melakukannya.

Tetapi bila dicermati lebih mendalam, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Ternyata, mengelola toko tidak berbeda dengan mengelola usaha atau bisnis lainnya.

Download Aplikasi Toko Gratis Versi Demo !!

Dalam menjalankannya tetap membutuhkan penganganan dengan menggunakan konsep dan strategi pemasaran yang profesional, sistematis dan terpadu.

Sehingga, usaha tersebut bisa berjalan dengan baik bahkan berkembang lebih pesat.

Tips Menjalankan Toko

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam sistem pengelolaan sebuah toko, diantaranya :

  1. Sistem Keuangan
  2. Persediaan
  3. Pelayanan
  4. Pengawasan
  5. Promosi  Serta Tenaga Kerja (Karyawan).

Semua aspek itu perlu dikelola dengan baik, jika ingin sebuah toko dapat berjalan sehat.  Berikut ini adalah tips dan taktik dalam mengelola Toko Anda.

A. Persediaan Barang

Anda harus memahami  barang yang Anda jual, jenis barang tersebut, manfaat dan kegunaannya, cara menggunakannya, kebutuhannya di masyarakat, dan lain sebagainya. Persediaan juga harus dilihat dari seberapa besar kebutuhan masyarakat terhadap barang tersebutTidak disarankan kita menumpuk barang terlalu banyak, usahakan barang itu selalu baru / fresh sehingga pelanggan puas dan senang.

B. Aspek keuangan

Aspek keuangan adalah salah satu yang terpenting karena menyangkut kelancaran usaha kita. Cash flow suatu usaha harus dikelola sedemikian rupa agar kelancaran usaha dapat berjalan dengan baik. Hindari mencampurkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Modal dan asset dicatat dan diperhitungkan secara berkala untuk melihat sejauh mana dan berapa lama modal kita bertambah dan berkembang. Pembukuan sangat penting, walaupun itu hanya catatan sederhana, meliputi catatan pendapatan, catatan pengeluaran, arus kas, dokumentasi harga barang, catatan persediaan barang, dan catatan-catatan lain sesuai kebutuhan. Perputaran uang adalah hal terpenting dalam kegiatan usaha, jangan sampai modal kita habis terpakai untuk kepentingan pribadi, sehingga menghambat jalannya kegiatan usaha tersebut.

C. Aspek Pelayanan

Pelayanan adalah kunci keberhasilan usaha kita. Pelayanan yang bagus, membuat pelanggan puas, akan datang kembali dan menjadi pelanggan tetap. Lebih jauh lagi mereka yg puas diharapkan akan merekomendasikan toko kita kepada orang lain.

Ada beberapa Tips Menjalankan Toko dalam Melayani Pelanggan, diantaranya :

1. Kebersihan dan Kerapian

Kebanyakan pelanggan menyukai tempat yang nyaman dalam berbelanja. Maka ciptakanlah ruangan Toko anda senyaman dan menarik mungkin.

2. Ramah Tamah

Budayakanlah untuk bertutur kata santun, menyapa pelanggan, memberikan senyuman, menawarkan bantuan, ciptakan suasana akrab dan bersahabat dengan pelanggan, tidak membeda-bedakan pelanggan dari penampilan atau latar belakannya.

3. Pelayanan dan Perlakuan Wajar

Berusahalah untuk menjemput bola, jika memungkinkan adakan layanan antar. Pahami jika tidak semua pelanggan sabar menunggu, usahakan melayani dengan cepat. Terima saran dan kritik membangun dari pelanggan, pelanggan yg merasa didengar biasanya akan loyal terhadap kita. Bersikaplah adil terhadap semua pelanggan, baik pelanggan yang berbelanja sedikit, hingga yang banyak. Ingat, dalam situasi tertentu kebutuhan pelanggan itu beragam, dari yg hanya membutukan sedikit barang sampai macam-macam  barang yang nilainya besar.

4. Harga

Murah belum tentu bersaing, sebaliknya bersaing belum tentu murah. Jangan selalu menganggap barang kita harus yang paling murah, tetapi juga jangan terlalu tinggi dari harga pasaran. Peganglah prinsip “untung sedikit tetapi tahan lama” dari pada kita meraup untung di awal, tetapi tidak bertahan. Perhatikan selalu harga pasaran, untuk selalu menjaga kestabilan dengan pedagang lain.

ADD YOUR COMMENT