12 Langkah Agar Usaha Dapat Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Wabah COVID-19 berdampak luas ke semua lapisan. Tak hanya kesehatan, wabah tersebut juga mengganggu sektor perekonomian. Imbasnya, Dolar naik yang mengakibatkan harga kebutuhan naik, beberapa usaha setop produksi dan merumahkan para pekerjanya. Hal itu pun dirasakan semua jenis bisnis, mulai dari bisnis jasa, ritel sampai F&B.

Dari jenis bisnis itu, bisa dibilang bisnis F&B dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) paling terasa dampak dari wabah tersebut. Karena masyarakat diimbau untuk tetap di rumah. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki usaha atau bisnis, simak tips berikut agar bisnis tetap bertahan dan meminimalisir kerugian.

Maka dari itu, tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan, apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini. Teknik produksi harus dilakukan dan kita buat sesuai dengan prosedur kesehatan agar pelanggan kita merasa aman untuk membeli produk kita. Selain itu teknik pemasaran juga bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

12 Langkah Agar Usaha Dapat Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Berikut ini adalah 12 Langkah Agar Usaha Dapat Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19 :

  1. Berpikir kreatif

    Kreativitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat memenangkan kompetisi pasar.

  2. Pengorganisasian yang baik

    Pengorganisasian yang terencana dengan baik dapat menolong Anda dalam menyelesaikan berbagai tugas, sehingga Anda bisa memantau tugas atau tahapan yang sudah selesai dilakukan.

  3. Menganalisa kompetitor-kompetitor yang ada dalam bisnis Anda

    Kompetisi atau persaingan memang tidak bisa dipisahkan dari sebuah proses usaha. Namun dengan adanya kompetisi ini, maka akan mendorong pengusaha untuk berinovasi dan membuat hal yang baru.

  4. Pahami resiko dalam bisnis Anda

    Membuat penghitungan risiko yang tepat membuat Anda dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  5. Lakukan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan Anda

    Ada hal penting lainnya yang penting diperhatikan adalah pelayanan kepada pelanggan. Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, namun Anda juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik.

  6. Kenali pelanggan Anda

    Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal  kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

  7. Perbanyaklah melakukan promosi produk Anda

    Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk – produk Anda.

  8. Dana Darurat

    Siapkan dana darurat untuk berjaga-jaga apabila harga bahan baku naik dan modal Anda kurang.

  9. Coba gunakan internet marketing

    Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.

  10. Pilih lokasi yang strategis

    Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka dan dapat menambah banyak peminat.

  11. Konsisten

    Saat Anda melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam perusahaan secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan Anda pada kesuksesan di masa datang.

  12. Coba pergunakan aplikasi toko

    untuk membantu dalam mengelola usaha, bisnis, atau UMKM yang Anda miliki. Aplikasi dapat menjadi solusi dalam mengelola usaha bisnis karena Anda tidak perlu rapot-repot untuk mencatat semua kegiatan toko dalam buku, tetapi bisa langsung memasukkan data kegiatan toko Anda di aplikasi toko. Kemudian Anda bisa dengan mudah mengelola toko kapan pun dan dimana pun.

Jika Anda mencari aplikasi toko untuk membantu pengelolaan toko Anda, TheToko Aplikasi Manajemen Pengelolaan Stok Barang dan Penjualan lah solusinya.

Request Demo Aplikasi Toko Klik Disini !!

Untuk informasi pemesanan bisa menghubungi Customer service kami: 0813-5791-1226 (Bisa WhatsApp).

Itulah tadi beberapa tips yang dapat anda coba, agar usaha, bisnis, atau UMKM yang Anda miliki dapat berkembang, meskipun dalam kondisi di tengah Pandemi Covid-19 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.