Pengertian Coworking Space, Asal Muasalnya dan 8 Manfaatnya !

Pengertian Coworking Space – Dengan seiring perkembangan zaman dan ilmu teknologi informasi, membuat perkembangan & pertumbuhan entrepreneur di Indonesia semakin meningkat. Tidak salah jika bertumbuhnya entrepreneur juga membuat tingkat pertumbuhan startup di Indonesia mengalami peningkatan. Otomatis, sebuah trend tempat kerja bersama alias ruang bersama kekinian yang disebut coworking space akhirnya juga semakin menjamur & dikenal oleh banyak orang.

Pengertian Coworking Space (Ruang Bersama)?

Apa itu coworking space? Pengertian coworking space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu-individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Karena desain coworking space yang mengusung konsep open space atau transparency, membuat setiap individu di dalam coworking space dapat lebih aktif berinteraksi. Sebuah coworking space juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja. Semua unicorn startup pengguna working space karena membutuhkan tempat yang pas & tepat untuk berkordinasi bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit.

Coworking space tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi coworking space bisa & tepat juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak ‘serasa’ kantor.

Asal Muasal Coworking Space

Pengertian Coworking Space

Setelah mengetahui arti dari apa itu coworking space, tidak lengkap jika kita tidak mengetahui bagaimana asal muasal atau sejarah dari perkembangan coworking space, baik di dunia maupun di Indonesia. Singkatnya sejarah coworking space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik, sebuah coworking space di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik. Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Mengapa bekerja di Coworking Space bisa menjadi berkolaborasi & kerja sama?

Seperti sesuai arti & pengertian coworking space diatas. Karena dasarnya coworking space dikenal mempunyai konsep open space dan transparan, membuat para individu didalamnya dapat saling berinteraksi dan tidak menutup kemungkinan untuk membentuk networking hingga menjadi sebuah partnership di masa depan.

Tidak hanya networking sesama founder startup saja yang didapatkan, tetapi anda juga dapat mempunyai kesempatan netwoking hingga ke pihak venture capital. Pastinya, masih banyak lagi keutungan yang bisa jadi belum anda ketahui sebagai startup founder jika bekerja di coworking space dibanding bekerja di gedung / perkantoran biasa.

Manfaat Coworking SpacePengertian Coworking Space

Bisnis coworking space diminati banyak orang karena fasilitasnya beragam. Bahkan manfaatnya dirasakan banyak orang, Anda akan mendapat fasilitas berupa kantor pribadi, ruangan acara, ruang rapat.

Orang awam menganggap konsep coworking space kurang maksimal karena tidak terikat waktu. Padahal manfaatnya besar, berikut ada manfaatnya;

  1. Fleksibel

Coworking space membantu pelaku usaha lebih kompeten mengembangkan usahanya, Anda bisa menjalankan bisnis kapan saja. Pasalnya coworking space lebih fleksibel, sebagai pelaku usaha bebas menentukan waktu bekerja.

Bahkan metode pembayaran bebas yang terpenting bertanggung jawab menjadi atasan. Pastinya tim bekerja lebih cekatan dan pekerjaan cepat selesai.

  1. Harga Terjangkau

Biaya menjadi kendala startup atau freelance pemula, jika budget tipis pasti mengurungkan niat mengembangkan usaha. Anda bisa menggunakan coworking space untuk mengembangkan usaha, apalagi harganya terjangkau. Manfaat coworking space ini cocok untuk pemula atau senior.

Coworking menjamin kenyamanan bekerja karena memberikan kantor yang nyaman. Walaupun murah tetapi bekerja lebih produktif, Anda bisa memilih harga sewa harian atau bulanan.

Anda tidak memikirkan biaya listrik, biaya air dan biaya kantor lainnya. Cukup fokus bekerja dengan tim agar bisnis berkembang pesat.

  1. Jaringan Luas

Sejatinya menerapkan coworking dalam berbisnis membuat lingkup jaringan usaha luas. Anda mudah bertemu calon investor dari berbagai kalangan untuk diajak kerjasama.

Keuletan dan jiwa pengusaha harus ditunjukkan agar calon investor yakin perihal bisnis Anda. Dengan begitu tekad bekerja sama terlaksana, bersikap profesional dan jujur memberikan peluang cerah bagi bisnis coworking space Anda.

  1. Inspirasi Luas

Jika pengertian coworking space sudah diketahui, Anda pasti optimis menerapkan cara kerjanya. Pasalnya penyedia coworking menyediakan berbagai desain kantor Anda.

Fasilitas tersebut membuat Anda puas karena inspirasi luas. Desain kantor yang unik dan berkualitas menjamin produktivitas kerja tim. Dijamin Anda betah bekerja seharian bersama tim.

  1. Fasilitas Lengkap

Walaupun kantor Anda bukan milik pribadi, tetapi fasilitasnya lengkap. Anda menghemat anggaran pengeluaran kantor karena penyedia coworking space sudah menyiapkannya.

Pastinya peralatan dan perlengkapan kantor sudah tersedia dan terbaik. Fasilitas tersebut membuat pengguna coworking puas sehingga bisnis working space semakin populer.

  1. Bisnis Cepat Berkembang

Manfaat coworking space selanjutnya adalah mengembangkan bisnis secara cepat. Alasannya karena lingkungan kantor memancarkan energi positif, diantaranya lingkungan kantor yang sehat dan fasilitas lengkap.

Anda dan tim lebih cekatan mengambil keputusan maupun mencari inspirasi. Apalagi perusahaan coworking space serupa dengan perkantoran umumnya. Yaitu memiliki ruang rapat agar meeting tetap objektif dan maksimal.

  1. Representatif

Anda ragu proposal bisnis coworking space ditolak karena perusahaan rintisan? Tenang saja. Coworking terbuka untuk pengusaha pemula maupun senior karena lebih representatif.

Perusahaan coworking terletak di kawasan padat perkantoran, Anda lebih efektif berkomunikasi dengan mitra kerja. Perlengkapan kantor yang memadai membuat mitra bisnis percaya perusahaan Anda pantas diajak kerjasama.

  1. Suasana Kondusif

Coworking space design membuat pelaku usaha nyaman bekerja dan menciptakan suasana kondusif. Coworking membuat Anda dekat dengan pelaku cerdas dan inovatif, alhasil kesempatan mengembangkan bisnis lebih besar.

Lingkungan yang baik mempengaruhi mood dan cara berpikir individu. Walaupun sikap Anda sebelumnya malas berinovasi, menjalankan bisnis coworking membuat pikiran Anda luas dan semangat bekerja.

Intinya tidak mencampuradukan kepentingan pribadi dengan pekerjaan. Tujuannya menciptakan inspirasi berkualitas dan menunjang kesuksesan bisnis. Desain kantor yang unik membantu Anda menenangkan pikiran.

Manfaat coworking space dirasakan banyak orang, jangan ragu menerapkan konsepnya. Dengan begitu Anda bisa menentukan waktu bekerja dan membagi waktu bersama keluarga. Coworking memberikan peluang sukses berbisnis dan membahagiakan keluarga.

 

sumber: https://www.pranataprinting.com/pengertian-dan-manfaat-coworking-space/

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.