Berikut Ini Skill Sales Canvasser Yang Wajib Dimiliki Beserta Cara Kerja dan Manfaat Canvassing

skill sales canvasser

Skill Sales Canvasser – Tugas utama Sales canvassing adalah melakukan kunjungan langsung ke target prospek untuk melakukan penjualan.

Dengan cara kerja seperti ini, interaksi antara Sales dan Pelanggan atau calon pelanggan akan lebih menarik yang membuat pelanggan akan merasa lebih dihargai.

Sales canvassing akan berinteraksi secara pribadi, sehingga Pelanggan tau siapa yang dapat membantu ketika mereka membutuhkannya.

Tantangan Sales saat ini adalah bagaimana memperbanyak lead target prospek baru untuk dapat memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan Perusahaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Sales untuk memenuhi hal tersebut yaitu Canvassing. Selain itu, Sales canvassing juga memiliki tugas untuk mengambil pesanan, menerima pesanan, hingga menerima pembayaran dari Pelanggan.

Akan tetapi ada beberapa perusahaan yang membedakan hal tersebut berdasarkan tugas dan fungsinya. Dibutuhkan sifat yang tidak mudah menyerah, fokus pada tujuan, mudah bergaul dengan banyak orang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk menjadi seorang Sales Canvassing.

Hal ini dikarenakan kebanyakan pekerjaan Sales Canvassing lebih banyak dilapangan dan bertemu dengan banyak orang untuk tetap dapat memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan Perusahaan.

Seperti agen lapangan lainnya, sales canvasser tidak bekerja di depan meja mereka. Tugas mereka adalah terus menerus bepergian, bertemu prospek, menawarkan, dan mengantarkan produk.

Mereka juga melakukan tugas administrasi yang beragam saat bepergian, seperti menerima pesanan, membuat faktur, mengumpulkan pembayaran serta laporan-laporan lainnya.

Sebelum anda mengetahui 3 skill yang wajib dimiliki oleh para sales canvasser, apakah anda tidak ingin tau, gimana sih cara kerja sales canvasser itu? Nah, mari kita simak Bersama sama gimana cara kerja seorang sales canvasser itu.

Cara Kerja Sales Canvasser

skill sales canvasser

Salah satu cara kerja dari seorang canvasser adalah dengan melakukan penjualan secara langsung atau door to door dengan para pelanggan dalam menjual produk barang atau jasa nya. Canvasser juga adalah salah satu bagian dari distributor dalam melakukan pemasaran dan juga distribusi produk barang atau jasa.

Umumnya, canvasser lebih sering melakukan pemasaran dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Mereka juga tentu akan melakukan distribusi dan pemasaran pada target yang lebih besar daripada sales pada umumnya.

baca juga : 6 tips mengubah hoby menjadi bisnis sampingan

Keuntungan yang bisa diraih oleh pebisnis dalam memiliki canvasser di perusahaan adalah lebih mudah dalam melakukan distribusi dan pemasaran pada pelanggan yang berada di daerah pelosok atau daerah yang kurang mampu dijangkau oleh pihak distributor.

Oleh karena itu, banyak juga perusahaan yang melakukan investasi lebih banyak dalam hal ini. Pebisnis yang sadar akan pentingnya sales untuk perusahaan akan mencoba memberikan berbagai fasilitas dan juga bonus yang besar untuk canvasser agar bisa mempertajam mata tombak perusahaannya.

Dan Juga Bersumber dari Beyondbusinessgroup, langkah kerja sales canvasser dalam melakukan penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Approach (pendekatan kepada calon pembeli)

Hal utama yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah mengenal calon konsumen yang tepat, serta masalah apa yang diselesaikan oleh produk atau layanan tersebut.

Dengan mengetahui hal itu, maka mereka dapat melakukan pendekatan kepada calon pembeli yang dianggap layak dan sesuai.

  1. Presentation (penyajian)

Dengan memahami product knowledge tersebut, maka tugas selanjutnya bagi canvasser adalah menjelaskannya kepada calon konsumen.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah first impression atau kesan pertama kepada pelaku penjualan. Melalui kesan yang baik, maka akan membantu kelancaran proses penjualan.

  1. Selling (menjual)

Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.

Dengan bekal pengetahuan tentang produk dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan calon pembeli dapat menjadi pembeli.

  1. Closing the sale

Tahapan ini merupakan bukti keberhasilan seorang penjual atau canvasser meyakinkan calon pembeli.

Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dalam bentuk statement, order dan tanda terima pembayaran perlu dilakukan oleh canvasser.

  1. Tindak lanjut

Agar pembeli dapat lebih puas dan berpotensi untuk melakukan pembelian kembali, maka harus ada tindak lanjut dari canvasser tersebut.

Hal ini bisa seperti dengan memberikan promosi karena telah menjadi konsumen, atau menawarkan bantuan jika terjadi permasalahan terhadap produk tersebut.

Manfaat Menggunakan Metode Ini

  1. Mempercepat Penetrasi Produk Ke Pasar

Dengan melakukan penjualan secara langsung, maka tidak akan ada waktu yang terbuang karena proses pemindahan barang dan administrasi dari gudang produsen ke gudang distributor.

Canvassing adalah salah satu cara yang sesuai untuk diterapkan di perusahaan berskala kecil hingga sedang, yang mana pada bisnisnya hanya bergerak pada satu kota atau dalam satu provinsi maupun satu wilayah saja.

baca juga : 6 tips mareting untuk bisnis UMKM

Selain itu, pihak produsen juga bisa menempatkan karyawan canvasser nya di tempat distributor agar bisa mendistribusikan barang yang telah dibeli oleh distributor ke seluruh wilayah, khususnya wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh tim penjualan pihak distributor tersebut.

  1. Pemerataan Distribusi Produk

Metode canvassing sangat berguna sekali untuk meratakan tingkat distribusi sebuah produk. Kadang kala, ada distributor yang merasa cukup bila sudah mampu memperoleh keuntungan tertentu walaupun berasal dari sedikit konsumen saja.

Untuk itu, dengan menggunakan canvassing, maka tim canvasser nantinya akan menyebarkan produk di berbagai area secara rata berdasarkan journey plan yang sebelumnya sudah ditetapkan. Sehingga, produk pun akan lebih mudah diperoleh konsumen.

  1. Umpan Balik Dari Pasar (Market Feedback) yang Lebih Akurat

Salah satu tugas penting dari tim canvasser adalah melakukan pendataan di suatu daerah ataupun wilayah yang dikunjunginya. Data ini bisa berbentuk luas toko, alamat lengkap toko, dan juga data konsumen lain. Bahkan, konsumen pun bisa memberikan saran atau kritik pada produk ataupun jasa yang digunakannya.

Pendataan yang dilakukan oleh tim canvasser ini nantinya bisa langsung disampaikan pada pihak produsen, sehingga akan jadi lebih akurat daripada hanya mengandalkan data atau info dari distributor saja

  1. Kemungkinan Datangnya Prospect Yang Lebih Tinggi

Bila Anda sudah menemukan orang yang tepat untuk menjadi konsumen atau pelanggan Anda, maka cara yang paling tepat adalah menggunakan metode canvassing. Kenapa? Karena Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan Anda. Dengan Adanya komunikasi ini, Anda bisa mengarahkan konsumen lebih jauh agar calon pelanggan mau menggunakan produk atau layanan Anda.

Skill Sales Canvasser

  1. Mengetahui Detail Produk

Kemampuan utama sales canvasser adalah memahami seluk-beluk produk yang dijual termasuk spesifikasi, metode penggunaan, dan hal-hal terkait lainnya. Dengan ini, canvasser akan lebih mudah untuk menjelaskan tentang produknya, dan konsumen juga memiliki kepercayaan mereka sendiri.

  1. Bisa Komunikasi dengan Baik

Untuk dapat menjelaskan produk dan mendapatkan pelanggan tentu saja seorang canvasser harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar apa yang disampaikan mendapat timbal balik yang baik, penuturan kata yang rapih bisa membuat konsumen nyaman ketika berkomunikasi secara langsung.

  1. Mampu Untuk Negosiasi

Untuk dapat menawarkan sesuatu kepada pelanggan, tentu saja kemampuan seorang canvasser adalah dapat bernegosiasi. Karena calon konsumen sangat mungkin membuat penawaran harga. Nah, sebagai seorang canvasser, Anda harus mengerti kapan saatnya merespons, dan bagaimana caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.