6 Tips mengatur keuangan bagi wirausahawan

Tips mengatur keuangan bagi wirausahawan  – Anda tentu sudah pernah mendengar kenikmatan menjadi seorang wirausaha. Mulai dari bisa mengatur jam kerja sendiri, tidak perlu menuruti kata-kata atasan, atau kesempatan untuk mendapat uang lebih besar adalah tiga dari banyak manfaat menjadi pengusaha. Ya, menjadi seorang wiraswastan memang selalu terlihat menggiurkan.

Tapi sebetulnya, di antara segudang keenakan menjadi pengusaha yang mampir di telinga ada satu hal yang mesti anda waspadai yakni mengenai masalah keuangan. Sebagai seorang pengusaha yang tidak memiliki gaji tetap, anda jelas harus melakukan perencanaan keuangan yang tepat.

Selaiin itu menjadi wirausahawan memerlukan berbagai macam keterampilan dan kreativitas yang berguna untuk menunjang jalannya bisnis dan keuangan agar tetap sehat. Tidak hanya butuh ide cemerlang saja, namun cara mengelola keuangan dalam badan usaha pun perlu diperhatikan.

Nah, agar keuangan bisnis dan pribadi tetap stabil, seorang wirausahawan memerlukan skill manajemen keuangan yang bagus. Idealnya, pebisnis harus pandai dalam mengatur keuangan pribadi maupun usahanya. Anda harus pintar-pintar mengatur aliran keluar masuk uang, agar bisa mencapai kondisi keuangan yang diinginkan.

Intinya, bisnis yang sukses itu tidak hanya terletak pada besarnya omzet yang dihasilkannya. Sebab, sebesar apapun omzet bisnis yang Anda hasilkan, besar kemungkinan tetap akan terkendala jika dikelola dengan buruk. Bisa jadi ke depannya, Anda perlu mengambil dana pribadi sebagai tambahan modal usaha, Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik ?

Sebelum itu lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu wirausahawan

Dilansir dari jurnal.id

Apa itu Wirausaha ?

Wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Menurut Burgess (1993), wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru . Sedangkan  menurut J.B Say (1803), Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Oke sekarang saatnya kita mengetahui apa Tips mengatur keuangan bagi wirausahawan  

Tips mengatur keuangan bagi wirausahawan  

  1. Rancang pengeluaran berdasarkan rata-rata penghasilan bersihmu setiap bulan

Cara mengatur keuangan untuk wirausaha yang pertama adalah kamu harus menetapkan berapa besaran pengeluaran tiap bulanmu. Besaran pengeluaran tersebut bisa di dasarkan pada rata-rata penghasilan yang kamu dapatkan.

Misalnya setiap bulan kamu meraih penghasilan Rp3 juta-Rp5 juta, itu berarti kamu bisa menetapkan pengeluaranmu adalah sebesar Rp2 juta. Setiap bulan kamu harus berusaha hanya mengeluarkan uang pada range tersebut berapa pun uang yang kamu dapatkan. Selalu berdisplin dengan budget yang telah ditetapkan agar kestabilan uangmu tetap bisa terjaga.

  1. selalu membayar seluruh tagihan saat memiliki uang

Sebelum menyisihkan uang untuk simpanan dan investasi, pastikan kamu telah membayar tagihan yang menjadi kewajibanmu. Perlu dicatat, bahwa tagihan tersebut sudah termasuk ke dalam budget biaya hidup per bulan.

Jadi setelah menerima uang dari klien atau menghitung untung bersih yang kamu dapat di bulan tersebut bayar lah seluruh kewajban yang kamu punya. Baru setelah itu dirimu bisa memanfaatkan sisanya baik untuk menabung atau pun bisnis.

  1. Budayakan kebiasaan Menabung

Berbeda dengan karyawan yang bisa mengandalkan gaji bulanan, seorang wirausaha bisa dibilang hidup tanpa kepastian finansial. Jika bulan ini ada banyak pesanan maka di bulan selanjutnya bulan depan hal yang sama belum tentu terjadi. Karena itu kamu harus mempersiapkan kemungkinan tersebut dengan menyediakan dana simpanan. Sisihkan misalnya 10 persen dari pendapatan untuk biaya cadangan bila keuntungan yang kamu dapat berada di bawah kebiasaan.

  1. Pisahkan rekening untuk biaya operasional kehidupan, tabungan, serta investasi

Salah satu kesalahan keuangan yang dilakukan oleh wirausaha adalah mereka sering mencampur antara uang pribadi, tabungan, dan juga investasi. Setiap kali melihat rekening, kamu pun merasa selalu memiliki banyak uang. Padahal, uang itu bukanlah uang real-mu

sediakan tiga rekening berbeda untuk tiga tujuan. Rekening pertama adalah untuk biaya hidup tiap hari, kedua untuk tabungan, serta yang ketiga untuk investasi. Pisahkan pula uang khusus usaha agar kamu bisa mengelola dana tersebut dengan lebih baik.

  1. kendalikan gejolak membeli barang ini dan itu

jika memang hal tersebut tidak perluAda kalanya seorang wirausaha mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari pendapatan biasanya. Pada fase tersebut bisa jadi kamu tergoda untuk membeli barang baru. Padahal jika dipikir ulang, kamu belum tentu memerlukannya. Nah di sinilah pengendalian diri diperlukan. Kamu harus bisa menahan diri untuk tidak membeli barang bukan kebutuhan. Selalu bayangkan bahwa di bulan depan kamu belum tentu punya uang yang sama.

  1. gunakan Software Manajemen Keuangan dari Itbrain

Software Manajemen Keuangan merupakan sebuah program yang dapat membantu anda dalam mengelola uang kas masuk dan kas keluar. Aplikasi Manajemen Keuangan menyediakan berbagai fitur yang akan membantu anda dalam mengelola uang kas dengan lebih cepat, mudah dan akurat

Fungsi Software Manajemen Keuangan

Software Manajemen Keuangan berfungsi untuk memantau kondisi arus kas kapanpun dan dimanapun pada dashboard performa bisnis Anda. Saldo akhir pada akun kas bank Anda juga langsung terlihat. Selain itu, Software Manajemen Keuangan memudahkan Anda membuat laporan hingga cetak buku besar.

Dengan menggunakan Software Manajemen Keuangan, maka anda tidak perlu berusah payah mengelola kas dengan cara manual yang cenderung beresiko hilangnya dokumen, rusak, human errordll. Software Manajemen Keuangan membantu anda mengelola uang kas dengan cara yang lebih modern dan tentunya akurat.

Keunggulan Program Manajemen Keuangan

  • Ukuran software sangat kecil sehingga tidak memakan banyak penyimpanan
  • Tampilan user friendly serta adanya hak akses sehingga keamanan data terjaga
  • Tampilan yang user friendly memudahkan penggunanya agar lebih mudah dalam mengoperasikan software lbb bahkan untuk pemula sekalipun
  • Menggunakan Bahasa Indonesia, mudah dipahami
  • Resiko kehilangan data dapat dikurangi
  • Dan masih banyak lagi

Terimakasih Sudah Membaca artikel kami mengenai  6 Tips mengatur keuangan bagi wirausahawan semoga dapat membantu anda dalam hal mengatur keuangan. Yuk, Mari gunakan Aplikasi Manajemen Keuangan Untuk Pengelolaan Manajemen Keuangan Anda.

Download Aplikasi manajemen Keuangan , Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.