Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Akan Memulai Investasi Emas!

tips memulai investasi emas

Tips Memulai Investasi Emas – Mungkin bagi Sebagian orang emas hanya lah sebuah perhiasan belaka, yang mana hanya untuk sebuah pajangan atau sebgai aksesoris untuk dipakai.

Tapi, tau gak sebenar nya emas juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk anda ivestasi lho. Investasi menggunakan emas bisa membuat anda mendapatkan atau meraup keuntungan yang bisa dibilang besar.

Banyak sekali para pebisnis dari kalangan muda sampai tua, yang sudah berinvestasi menggunakan emas ini. Sebab, emas memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu yang panjang. Kelebihan lainnya emas memiliki likuiditas tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat.

baca juga : cara membuat start up bagi pemula

Dan juga Karena popularitas nya yang kian melonjak tinggi, banyak sekali orang yang mulai beralih ke investasi emas.

Apabila Anda benar – benar tertarik dengan investasi emas ini, maka sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu sebanyak – banyaknya tentang jenis dan cara investasi emas yang baik dan cocok untuk Anda.

Dengan mendapatkan banyak informasi ini, maka Anda bisa memperoleh keuntungan yang maksimal. Lalu bagaimana sih cara nya untuk bisa mengetahui dan cara menjalankan investasi emas yang baik ini?

Simak ulasan berikut ini, pastikan anda berada diposisi yang rileks ok, supaya sedikit ilmu ini dapat dengan mudah anda pahami.

Tips Memulai Investasi Emas

tips memulai investasi emas

  1. Pastikan terlebih dahulu tujuan investasi emas anda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Jangan sampai hanya membeli emas, disimpan, lalu dijual sewaktu-waktu.

Anda harus memiliki tujuan, misalnya berinvestasi emas untuk biaya pernikahan yang dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi, atau untuk biaya naik haji, dan lainnya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda bisa melakukan perencanaan untuk menentukan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dan juga sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi.

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Atau sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas.

baca juga : 4 cara mendapatkan uang dari bitcoin secara legal

Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

  1. Membuat Tabungan Emas

Tips dan rahasia berikutnya untuk berinvestasi emas yang menguntungkan adalah dengan membuat emas sebagai tabungan dan asuransi. Menabung emas memang benar-benar kita menabung menggunakan emas, bukan uang. Misalnya tiap bulan kita akan menabung 1 gram emas.

Saat tabungan ini sudah terkumpul, maka kita bisa jadikan sebagai alat untuk membeli berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk membeli mobil, rumah, biaya haji, umroh, menikah, asuransi kesehatan keluarga, liburan , pendidikan anak dan lainnya.

Dengan menjalankan tips dengan konsep menabung emas ini, kita tidak akan mengenal inflasi. Jadi tabungan kita akan tetap utuh bahkan cenderung meningkat meski ada inflasi pada produk yang kita inginkan di masa depan. Hal ini dikarenakan kenaikan inflasi yang ada akan segera tertutupi dengan harga emas saat dikonversi menjadi emas dalam gram.

  1. Selalu memperhatikan waktu investasi emas yang tepat

Ketika Anda sudah memiliki keinginan untuk berinvestasi emas, Anda harus rajin memantau harga emas di pasaran. Selain itu, Anda perlu mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran.

Hal tersebut penting untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar mendapat keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya naik.

Adapun yang perlu diperhatikan, investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu menengah panjang, seperti lebih dari 5 tahun, untuk mendapatkan manfaat optimal.

  1. Pantau terus harga emas secara berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas.

Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya.

Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. Itu cara investasi emas yang kedua.

  1. Perhatikan kemampuan finansial anda

Berinvestasi haruslah dimulai dengan dana lebih. Apabila setiap bulan sudah memiliki surplus, maka kelebihan dana dapat dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang untuk penggunaan masa depan.

Jangan sampai Anda mengorbankan seluruh penghasilan atau bahkan berutang untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi. Anda harus memiliki dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi.

Paling tidak ada tabungan dana darurat dengan kesiapan 6-12 bulan pengeluaran sebelum berinvestasi untuk menutupi pengeluaran tak terduga.

  1. Cari penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank.

Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

baca juga : bukti pentingnya inovasi bisnis

Dan juga Kecerobohan terhadap penyimpanan dapat mengakibatkan emas yang sudah disimpan bertahun – tahun lama nya dapat berisiko hilang.

Anda juga bisa memanfatkan layanan penyimpanan Brankas PT Antam yang menawarkan sistem kemanan terpadu 24 jam atau tabungan emas di Pegadaian yang memungkinkan orang menabung emas tanpa harus menyimpan fisik dan tanpa biaya penitipan.

  1. Beli lah emas ditempat yang “Trusted”

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat – tempat yang menjual secara resmi dan trusted.

Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.

Download Aplikasi Tabungan Gratis Full Version, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.