Beberapa Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Coffee Shop!

memulai coffee shop

Memulai coffee shop – Sebelum memulai bisnis coffe shop ada beberapa hal yang harus dilakukan. Sebab sebelum memulai bisnis apa saja harus ada planning yang tepat dan harus mempersiapkan keperluan sebelum hendak memulai Bisnis Coffee Shop ini.

Bagi kamu yang ingin membuka coffee shop tentu hal ini tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Jadi kafe yang sukses bukan berdasarkan modal belaka.

Sebelum kamu membuka gerai kopi, ada baiknya membaca artikel ini yang tentunya akan membantu kamu mempertimbangkan hal sebelum terjun ke dunia yang sebenarnya menjanjikan.

Bisnis Coffee Shop sendiri juga sudah sangat trend sekali dikalangan para remaja dan orang orang dewasa lain nya. Sebab konsep yang dimiliki pada setiap coffe shop bisa dibilang sangat menarik ditambah lagi coffee yang dibikin selalu dengan racikan sendiri, sehingga dapat membuat setiap konsumen memiliki daya ketertarikan tersendiri.  Coffee shop pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh dengan cepat.

Akan tetapi, karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang semakin lama semakin kompleks dan tidak ada habisnya, berkembanglah coffee shop seperti yang sekarang ini. Berikut ini hal hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis coffee shop ini

Hal Pertama Sebelum Memulai Coffee Shop

memulai coffee shop

  1. Membuat Rencana Bisnis

Sebelum memulai membangun kafe, kamu tentunya harus membuat sebuah business plan yang matang. Yang termasuk di dalam business plan ini adalah gerai kopi seperti apa yang ingin kamu dirikan, bagaimana coffee shop ini mendatangkan keuntungan, kostumer seperti apa yang menjadi sasaran kamu, memelajari para kompetitor kamu, merencanakan perkembangannya di masa depan serta memelajari pemecahan masalah jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

baca juga : 9 faktor penting bisnis properti

Sebuah business plan sangat dibutuhkan saat kamu memulai bisnis ini. Karena tanpa rencana sebuah gerai mungkin takkan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

  1. Lakukan penelitian

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis coffee shop, ada baiknya jika Anda melakukan penelitian terlebih dahulu. Anda bisa meneliti apakah di sekitar lokasi yang Anda targetkan ada terdapat coffee shop lainnya? Jika ada, apakah Anda kira-kira mampu untuk bersaing dengan mereka? Anda harus meneliti segala sesuatu yang berkaitan dengan pesaing Anda secara detail.

Apakah coffee shop pesaing Anda merupakan coffee shop franchise atau independent? Biasanya jika Anda akan membuka coffee shop independent, Anda punya kemampuan besar untuk bersaing dengan coffee shop franchise.

Bila Anda belum punya pengalaman dalam dunia kuliner atau belum pernah memulai bisnis apapun sebelumnya, sebaiknya berbagi ceritalah dengan beberapa pemilik bisnis yang Anda kenal.

Dari mereka, Anda bisa belajar banyak hal sebelum mulai membuat business plan dan membuka bisnis coffee shop. Mereka juga pasti akan memberikan saran-saran yang sangat bermanfaat demi kemajuan bisnis coffee shop yang akan Anda buat.

  1. Tentukan Konsep Coffee Shop

Di era sekarang tidak ada kafe yang berdiri tanpa sebuah konsep. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop kamu.

Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak.

Karena sebuah coffee shop tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan. Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas.

Dan juga Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis coffee shop, Anda harus mulai memikirkan konsep coffee shop idaman Anda. Konsep yang direncanakan dengan matang dan baik akan membuat Anda semakin mampu untuk menjadi coffee shop yang terdepan dibandingkan pesaing Anda.

baca juga : tips memulai bisnis properti

Di tahap ini, Anda bisa mulai mencari nama coffee shop Anda, memikirkan menu makanan apa saja yang akan disajikan dan dekorasi restoran seperti apa yang Anda inginkan. Berikut beberapa hal lain yang harus dipikirkan saat memilih konsep bisnis coffee shop Anda.

  • Siapa yang akan menjadi target market kamu?

Apakah kamu akan menyasar generasi millennial yang tertarik pada gourmet coffee atau kamu menyasar orang kantoran yang hanya butuh secangkir kopi dan cemilan ringan?

  • Seberapa mampu pelanggan yang tinggal di area coffee shop Anda?

Anda mungkin sangat tertarik untuk membuka coffee shop dengan konsep gourmet coffee, tapi jika coffee shop Anda terletak di lingkungan middle class, Anda mungkin akan kesulitan untuk meyakinkan mereka membeli secangkir kopi dengan harga Rp50.000.

  • Apakah Anda juga ingin menyajikan makanan?

Jika Anda ingin menyajikan menu makanan di coffee shop Anda, pikirkanlah apakah Anda akan membeli makanan dari pihak lain atau membuatnya sendiri?

  • Apakah Anda akan menyediakan layanan makan ditempat?

Apakah Anda berharap para pelanggan bisa duduk santai di coffee shop sambil menikmati kopinya atau Anda lebih tertarik dengan konsep coffee-to-go?

  1. Siapkan Modal

Membuka bisnis coffee shop membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi pastikan Anda memiliki modal untuk memenuhi kebutuhan peralatan dan supply yang harus ada di coffee shop Anda. Biasanya, Anda akan membutuhkan waktu 6-12 bulan sampai bisa menikmati profit.

Maka dari itu, modal yang disiapkan harus mencukupi kebutuhan biaya operasional sampai keuntungan bisnis coffee shop Anda dapat menutupi biaya operasional tersebut. Bicara tentang total biayanya, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah berkecimpung dalam bisnis coffee shop ini.

  1. Menentukan Lokasi

Lokasi merupakan salah satu hal yang menunjang suksesnya sebuah coffee shop. Lokasi yang sulit dijangkau akan membuat orang malas untuk datang dan mencobanya. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh orang.

baca juga : tips mengelola bisnis supaya sukses selalu

Pilih jalan dengan kondisi yang ramai dilalui sehingga mudah terlihat dan membuat orang ingin mampir. Pilih juga lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, misalnya di dekat kampus atau di lokasi yang menjadi pusat kuliner.

  1. Melatih Para Staff Anda

Customer service yang baik adalah hal penting di balik kesuksesan sebuah bisnis coffee shop. Sebelum memilih staff, sebaiknya Anda pikirkan dulu kualifikasi seperti apa yang Anda harapkan dari para pelamar. Anda juga harus mempertimbangkan, apakah Anda ingin melatih staff sendiri atau lebih memilih mempekerjakan barista yang sudah berpengalaman.

Saat melatih staff, pastikan mereka belajar cara membuat varian kopi dengan benar. Pelanggan Anda juga mungkin akan bertanya banyak tentang menu yang Anda tawarkan, jadi pastikan staff Anda mampu menjawab semua pertanyaan dari pelanggan.

  1. Mempersiapkan Alat – Alat

Jenis peralatan yang dibutuhkan oleh setiap coffee shop pasti berbeda-beda. Namun ada beberapa peralatan penting yang wajib Anda miliki, seperti:

Coffee Brewers, Airpots, Espresso Machine, Coffee Grinder, Hot Water Dispenser, Reach-in Refrigerator, Ice Machine, Bakery Display Case, 3 Compartment Sink, Frothing Pitchers, Frothing Thermometers, Tea and Coffee Mugs, Espresso Cups, Cup, Lid, and Straw Organizers, Aprons.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.