9 langkah memulai bisnis handmade

Langkah memulai bisnis handmade – Mau memulai bisnis handmade? Kalau iya, mendingan kamu simak dulu pembahasan artikel CekAja di bawah ini, mengenai tips memulai bisnis handmade. Siap-siap untung besar ya!

Siapa saja bisa menjadi seorang pebisnis, tak perduli seberapa modal yang dimiliki ataupun ‘kematangan umur’ nya.

Selama pandai memanfaatkan peluang yang ada, bisnis apapun yang digeluti kemungkinan besar akan sukses.

Apalagi kalau sebelumnya kamu sudah sedikit mempelajari mengenai dasar-dasar berbisnis.

Dan lagi Bisnis handmade adalah salah satu ide bisnis modal kecil yang menguntungkan. Bisnis barang handmade bagi sebagian orang mungkin identik dengan bisnis untuk ibu rumah tangga, namun sesungguhnya bisnis handmade bisa dimulai oleh siapapun bahkan jika kamu tidak mempunyai keahlian untuk membuat produk tersebut sendiri.

Jika kamu tertarik untuk meraup keuntungan dari bisnis handmade tetapi bingung dalam bagaimana cara memulai bisnis handmade yang tepat simak langkah memulai bisnis handmade.

Download Aplikasi Kasir Toko Coba Gratis, Klik Disini !!

Langkah Memulai Bisnis Handmade

Langkah Memulai Bisnis Handmade

Berikut tips dari cekaja.com

  1. Tentukan Target Pasar Yang Spesifik

Kebanyakan orang memulai bisnis handmade berawal dari produk yang dibuat. Setelah produk dibuat baru kemudian mereka memasarkannya dan berharap barang yang dibuat tersebut bisa terjual tanpa mengetahui siapa target pasar mereka.

Langkah tersebut adalah suatu kesalahan. Kenapa? karena pendekatan tersebut sebenarnya mempunyai risiko yang sangat tinggi dimana produk yang telah dibuat tersebut tidak memiliki pasar yang cukup besar dan sedikit permintaan. Hal ini akan mengakibatkan kamu kesulitan dalam mengembangkan bisnis nantinya.

Pendekatan menentukan target pasar yang spesifik sebelum membuat produk yang dibuat adalah salah satu kunci untuk menghindari risiko tersebut. Dalam menentukan target pasar yang spesifik kamu harus membayangkan seperti apakah pelanggan ideal kamu, apakah dia merupakan pria atau wanita? apa hobi dan ketertarikan pelanggan ideal kamu? berapa usianya? berapa banyak penghasilannya?

Menjawab semua pertanyaan tersebut sangat penting untuk menentukan target pasar yang tepat dan sesuai dengan diri kamu. Setelah menjawab semua hal tersebut, tuliskan jawabannya dan bayangkan seperti apa karakter pelanggan ideal anda dan apa keinginannya.

  1. Persiapkan diri

Tips memulai bisnis handmade yang pertama adalah dengan mempersiapkan diri sendiri. Mempersiapkan diri disini bisa diartikan dalam banyak pengertian.
Bisa saja dengan mencari tahu terlebih dulu akan minatmu, menyiapkan segala rencana cadangan untuk meminimalisir risiko, hingga menentukan visi dan misi dari bisnis yang akan digeluti.

Dengan persiapan yang matang ini, kamu pun jadi tahu akan tujuan bisnismu dalam beberapa tahun ke depan.

  1. Membuat Konsep Branding 

Pada tahap ini kamu telah mengetahui barang handmade yang ingin kamu buat sesuai dengan permintaan pasar berdasarkan hasil validasi dari survey kecil yang kamu lakukan.Selain itu kamu juga seharusnya sudah mengetahui seperti apa konsep branding yang tepat bagi target pasar anda dan mulailah membuat logo bisnis serta material branding lainnya seperti website dan halaman social media bisnis.

Setelah kamu membuat konsep branding kamu perlu mulai memikirkan proses produksi dari barang handmade tersebut. Jika kamu bermaksud untuk membuat barang handmade tersebut sendiri maka pada tahap ini kamu perlu mempelajari cara membuatnya sesuai dengan permintaan pasar dan juga memastikan kamu telah mempunyai supplier material untuk membuat barang handmade tersebut. Sedangkan jika kamu tidak bermaksud untuk membuat barang handmade tersebut sendiri maka pada langkah ini kamu perlu mencari orang yang dapat membuat barang handmade tersebut.

  1. Tentukan produk handmadenya

Menggeluti bisnis handmade berarti kamu harus siap dengan persaingan yang ketat.

Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, di mana banyak orang yang butuh tambahan uang, salah satunya dengan mencoba peruntungannya di bidang bisnis.

Lalu, apa keterikatannya dengan poin kedua dalam tips memulai bisnis handmade ini

Keterikatannya sendiri adalah karena persaingan yang kian banyak, berarti kamu harus pandai dalam melihat peluang.

Tentukan produk handmade yang akan kamu jual.

Sebaiknya sih produk yang dijual ini adalah produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen, di mana kamu pun juga telah menguasainya.

Misal, kamu ahli dalam menjahit. Berarti produk yang bisa kamu pasarkan dari keahlianmu itu adalah dengan merajut masker handmade.

Masker handmade ini bisa kamu buat dengan bahan yang tentunya berkualitas sekaligus bermotif lucu.

  1. Matangkan modal usaha

Kalau sudah tahu akan produk yang ingin dijual, berikutnya dari tips memulai bisnis handmade yang bisa kamu tirukan adalah dengan mematangkan modal usaha.

Walaupun bisnis ini rata-rata tidak memerlukan modal banyak, namun enggak ada salahnya lho untuk kamu membuat perencanaan yang akurat mengenai jumlah modal usaha yang dibutuhkan.

Dengan perencanaan yang tepat, kamu bisa tahu seberapa banyak pengeluaran yang akan dihabiskan dari produksimu sendiri.

Selain itu, adanya kematangan modal juga dapat membantumu dalam menghitung kembali total keuntungan yang didapat.

  1. Lakukan survey pasar

Tips memulai bisnis handmade yang lainnya dan wajib kamu terapkan adalah dengan melakukan survey pasar.

Survey ini dibutuhkan agar kamu bisa mengetahui akan barang yang memang sedang dibutuhkan di pasaran, sekaligus menargetkan siapa saja konsumenmu.

Kemudian, adanya survey ini juga diharapkan bisa berdampak positif pada bisnis

yang kamu geluti, terutama dari sisi profitnya.

  1. Pastikan menggunakan bahan berkualitas

Setelah melakukan survey pasar, sekarang saatnya kamu memilih bahan-bahan yang akan dipakai untuk bisnis handmade ini.

Pastikan bahan yang kamu gunakan ini adalah bahan berkualitas premium.

Dengan begitu, persentase penjualan produk akan terus meningkat tajam, karena kepercayaan konsumen mengenai kualitas dari barang handmademu ini.

  1. Ciptakan brand image menarik

Brand image yang menarik dan unik juga termasuk dalam tips memulai bisnis handmadeBrand image bakal mempermudah konsumen untuk mengenali produk yang kamu jual.

Makanya, selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, kamu juga harus memperhatikan proses pengemasan dari produk handmade yang kamu jual ini.

Keseluruhan prosedur penjualan harus dilakukan sesempurna mungkin dan sesuai dengan konsep bisnismu. Sehingga nantinya, terciptalah brand image yang baik di mata konsumen.

  1. Lakukan promosi

Semua bisnis yang dijalankan tentu saja butuh promosi. Hal ini juga berlaku sewaktu kamu memulai bisnis handmade.

Promosi ini bisa dilakukan dengan cara mulut ke mulut maupun memanfaatkan sosial media dan marketplace. Ketiganya sama-sama memberikan dampak yang positif bagi bisnismu.

Apalagi nih kalau bisnis handmade yang kamu miliki sudah terbilang sukses. Menggunakan layanan endorsement pun dijamin bakal membuat produkmu makin booming di pasaran.

Selain endorse-an, kamu juga bisa memanfaatkan promo berupa potongan harga atau giveaway. Hitung-hitung ya menambah followers di akun bisnismu lho.

Download Aplikasi Kasir Toko Coba Gratis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.