Beberapa Tips Agar Bisnis Franchise Anda Dapat Berkembang

tips bisnis franchise

Tips Bisnis Franchise – Teruntuk orang yang hendak memulai bisnis, mungkin bisnis franchise lah pilihan yang tepat. Sebab bisnis ini tidak perlu anda mulai dari nol dan juga Produk dan strategi penjualanya pun sudah disiapkan oleh sang pemilik bisnis, yang Anda butuhkan adalah menyiapkan modal dan melanjutkannya.

Franchise atau bisa disebut waralaba itu memiliki dua pihak yang saling bekerja sama. Pertama disebut dengan Franchisor atau Pewaralaba dan ini merupakan individu atau perusahaan yang mempunyai merk dan menjual sistem bisnisnya dengan harapan mereka mendapatkan fee sekaligus royalti.

Kemudian, pihak yang kedua dikenal dengan Franchisee dan ini adalah individu atau perusahaan yang menggunakan dan membeli merk termasuk sistem bisnisnya dengan harapan bisa memperoleh profit dari usaha yang ditawarkan kepada konsumen.

Jika melihat dari tren masa kini, franchise minuman terlaris kini sedang marak. Contohnya adalah bisnis minuman kopi kekinian yang banyak ditemukan dimanapun seluruh Indonesia dengan berbagai macam merk, kemasan hingga topping dan isi di dalam minuman kopi itu.

Biasanya minuman kopi ini dijual dalam kios yang kecil hingga ada pula yang memiliki tempat tersendiri seperti mini cafe untuk menjual kopi tersebut. Seolah tidak ada matinya, makin banyak kopi merk berbeda yang muncul.

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk bisnis franchise, yang diambil beberapa sumber. Ok simak penjelasan dibawah ini dengan baik ok, cusss.

Coba Gratis Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

Tips Bisnis Franchise

Tips Agar Bisnis Franchise Anda Dapat Berkembang

 

  1. Menetapkan Goal dan Perencanaan Bisnis

Walaupun mengikuti sistem yang telah diberikan oleh pemilik franchise, tidak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit sentuhan khas Anda dan melakukan modifikasi. Tentukan goal yang ingin Anda capai terhadap bisnis tersebut. Modifikasi dengan melakukan beberapa uji coba, menambahkan sesuatu yang menarik atau mengurangi apa yang dirasa kurang perlu.

Dengan melakukan hal ini, tidak menutup kemungkinan franchise yang Anda pegang bisa melebihi franchise lainnya dengan merek yang sama. Namun perlu diperhatikan, apabila pemilik mempunyai ketentuan terhadap modifikasi tersebut, konsultasikanlah ide Anda terlebih dahulu kepada sang pemilik.

  1. Pilih Bisnis Yang sesuai

Bisnis franchise sendiri memiliki beberapa pilihan, dimulai dari restoran, kafe, salon, tempat kursus, hingga mini market. Cari tahu minat Anda, karena pemilihan bidang bisnis yang sesuai dengan minat, akan membuat Anda menjalankan bisnis dengan nyaman dan senang.

Baca juga : Project management plan untuk sebuah perusahaan

Berbisnis sama seperti menggeluti hobi, jika Anda tidak menyukainya maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan optimal. Berbisnis juga termasuk ke dalam bekerja, jika Anda tidak ahli di dalamnya, maka akan sulit untuk berkembang.

Hal ini pun berlaku bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise. Sebelum benar-benar memutuskan jenis bisnis dan merek apa yang akan dipilih, carilah informasi terlebih dahulu dan lihat apakah bisnis tersebut sesuai dengan Anda.

Liat keahlian yang dibutuhkan dalam pengembangannya. Anda mungkin akan mendapatkan pelatihan dasar tergantung jenis franchise yang ditawarkan. Namun tetap dibutuhkan kemauan dan skill Anda untuk mengembangkannya.

  1. Mengikuti Sistem

Sebagain besar orang yang memilih bisnis franchise karena merek dan rekam jejak penjualan yang sudah terbukti baik. Pemilik bisnis pun pasti memberikan panduan dan pelatihan untuk mengembangkannya mereknya.

Panduan dan pelatihan tersebut tentunya telah lulus uji karena telah diaplikasikan pada bisnis utamanya. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengikuti sistem yang diberikan tersebut untuk mengikuti jejak kesusksesan bisnis sebelumnya.

  1. Tingkatkan Pemasaran

Meski telah memiliki nama yang cukup bagus, pemasaran tetap menjadi hal yang selalu diutamakan, apalagi bagi Anda yang menjalankan bisnis franchise. Tidak peduli apa yang Anda jual atau di mana Anda berada, pemasaran akan membantu mendapatkan konsumen secara siginifikan. Bisnis pusat mungkin sudah mengeluarkan bahan promosi secara menyeluruh untuk franchise-nya.

Namun bisa saja pasar lokal Anda menginginkan sesuatu yang berbeda. Anda mungkin merasa bahwa pemasaran digital bisa diterima oleh siapa saja. Tetapi jika di pasar lokal hal tersebut tidak terlalu efektif, maka tidak mengapa jika harus mencoba cara-cara tradisional kembali. Pelajari apa yang dibutuhkan dan hal-hal kecil dari konsumen Anda, dan gunakan temuan tersebut sebagai celah melakukan pemasaran.

  1. Meningkatkan layanan konsumen

Seperti yang kita tahu bahwasan nya Konsumen adalah raja, maka apapun yang disediakan pada bisnis Anda haruslah berdasarkan pada konsumen. Bukan hanya dari segi produk, layanan apapun yang ada harus difokuskan untuk konsumen.

Tidak harus dengan memberikan diskon, promo, ataupun voucher besar-besaran. Memberikan sambutan dan layanan terbaik ketika konsumen berkunjung atau memilih produk Anda juga bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan layanan konsumen.

Jika Anda tidak suka berhubungan dengan banyak orang, mungkin Anda perlu mempertimbangkan bergerak di bisnis makanan.  Kemampuan komunikasi sangat penting dalam industri ini, karena Anda akan selalu berhubungan dan melayani orang lain.

  1. Tentukan lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis akan menjadi syarat ketika Anda memulai bisnis, termasuk franchise. Merek yang Anda bawa mungkin sudah terkenal, namun jika Anda meletakkannya di tempat yang tidak sesuai, maka pendapatan juga akan tetap tersendat.\

Baca juga : Perhatikan dan waspadai kerugian dari investasi emas

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilih tempat yang berada di tengah keramaian. Usahakan bisnis Anda berada di tempat yang terlihat dengan jelas dan dilewati oleh banyak orang. Cara ini cukup efektif dalam menjaring lebih banyak konsumen dan memperluas cakupan bisnis Anda.

  1. Kanali segmen pasar

Market segment atau segmen pasar adalah kelompok orang yang memiliki beberapa karakteristik yang sama. Nah, orang-orang ini biasanya dikelompokkan untuk mempermudah proses marketing atau pemasaran sebuah produk.

Karena karakteristik yang dimiliki orang-orang dalam satu kelompok ini cenderung sama, marketer bisa memasarkan produknya lebih mudah. Dengan melihat kelompok segmen yang sesuai dengan seseorang, marketer bisa menentukan pendekatan yang tepat berdasarkan kebutuhan, gaya hidup, demografis, dan kepribadian targetnya.

Dan juga Setelah mencari tahu franchise yang Anda pilih, Anda juga harus mengetahui segmen pasar bisnis franchise Anda. Jangan sampai segmen pasar Anda berbeda dengan yang menjadi targetnya selama ini.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media merupakan salah satu cara promosi yang paling mudah dan murah. Hanya bermodalkan smartphone, Anda sudah dapat mempromosikan bisnis Anda.

Dapatkan foto yang bagus dengan caption yang menarik, kemudian posting di sosial media Anda. Jangan lupa pula meminta bantuan kepada teman Anda untuk membantu mempromosikan bisnis Anda di sosial media.

  1. Teliti Ketika Memilih Pihak Franchisor

Pada umumnya, ada banyak sekali pengusaha pemula yang memilih usaha dengan melakukan franchise daripada harus membangun bisnis mereka sendiri sejak awal atau dari nol karena waralaba telah terbukti bisa langsung berjalan dengan lancar mengingat brandnya sudah terkenal.

Tapi apakah selalu demikian? Walaupun nama brand telah terkenal, hal ini tidak menjamin jika Anda akan sukses bila menjadi mitra bisnis franchise itu. Karenanya, Anda harus tetap berhati-hati di dalam memilih usaha franchise sebab rupanya masih bisa ditemukan banyak penipuan dengan kedok bisnis waralaba ini.

Coba Gratis Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.