Berikut Strategi Bisnis Rental Mobil Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulainya

bisnis rental mobil

Bisnis Rental Mobil – Mengawali bisnis rental mobil tentunya harus memperhatikan banyak hal agar nantinya bisnis yang Anda jalankan semakin semakin laris. Kini bisnis rental mobil akan tetap menjadi incaran masyarakat karena masih banyak yang membutuhkan kendaraan untuk berpergian. Terlebih jika Anda ingin bepergian ke luar kota tanpa membawa mobil, maka yang paling dibutuhkan di sini adalah kehadiran rental mobil. Maka tak heran jika hingga kini masyarakat masih antusias untuk memulia bisnis mobil. Hal ini juga karena permintaan yang tinggi dari pasar menjadi latar belakang mengapa bisnis ini selalu diminati.

Bisnis rental mobil akhir-akhir ini sangat menjanjikan karena dianggap lebih praktis. Harga mobil yang cukup mahal dan berbagai biaya  tambahan yang mengikutinya membuat banyak orang enggan untuk membeli sendiri. Hal ini karena kebutuhannya juga sangat berbeda. Di satu sisi memang yang dibutuhkan hanya mobil kecil untuk berwisata bersama keluarga. Namun pada waktu tertentu membutuhkan mobil yang cukup besar untuk mengangkut banyak anggota orang. Alasan inilah yang membuat orang terkadang enggan untuk membeli mobil dan lebih memilih untuk rental.

Lalu gimana sih supaya bisnis rental mobil yang anda jalani saat ini bisa berkembang dan juga banyak peminat nya? Anda memerlukan yang nama nya strategi dalam menjalani bisnis anda, Nah maka dari itu mari kita bahas Bersama sama apa aja sih strategi dalam menjalani bisnis rental mobil. Ok simak dengan baik ok…

Strategi Bisnis Rental Mobil

bisnis rental mobil

  1. Tetapkan prospek dan target pasar

Strategi pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil adalah mengenali prospek dan target. Maksudnya di sini adalah Anda harus mengetahui prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang akan sangat membutuhkan mobil atau malah tidak. Jika memang Anda yakini bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil itu berarti usaha Anda di lokasi tersebut terbilang berprospek bagus. Namun bila Anda tidak mendapati bahwa akan banyak orang di lingkungan yang membutuhkan mobil, maka hal ini tentunya sebuah prospek buruk yang harusnya Anda tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini sendiri Anda mau tak mau harus melakukan survei dan pengamatan.

baca juga : strategi bisnis fashion

Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasi Anda besar, maka tetapkan target pasar dari usaha Anda. Tetapkan apakah orang kantor, orang umum, atau para pendatang yang akan dijadikan target pasar Anda. Mengapa harus menetapkan target pasar? Sebab ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang akan dijalankan. Tapi bila Anda ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu saja boleh-boleh saja asal tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

  1. Pilih tempat usaha yang baik dan menarik

Setelah Anda menetapkan target pasar, maka strategi berikutnya untuk bisa menjadikan usaha rental mobil Anda sukes adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik untuk bisnis rental mobil ini adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan kondisi lokasi yang demikian, maka peluang untuk mengenalkan usaha Anda dan juga mendapatkan pelanggan lebih banyak akan terbuka lebar. Terbukanya peluang ini disebabkan oleh jangkauan direct marketing yang bekerja secara langsung dan otomatis.

Dan juga dengan memiliki lokasi tepat dan menarik, bisa sangat berkengaruh terhadap kenyamanan para konsumen yang hendak menyewa mobil – mobil yang anda rental kan.

  1. Marketing dan pemasaran

Untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak hingga membuat kas atau omset bisnis ini meningkat maka Anda perlu menjalankan  promosi atau pemasaran. Mengapa harus menjalankan promosi sedangkan lokasi yang ada sudah sangat strategis? Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil ini bukanlah Anda seorang.

Namun ada beberapa orang yang juga menjalankan usaha ini. Dari sini maka tentunya tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka memang dibutuhkan sebuah strategi marketing yang efektif. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran dan promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda tempuh yaitu:

  • Strategi marketing Offline

Marketing offline adalah teknik pemasaran konvensional yang mengharuskan Anda bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan calon konsumen. Beberapa strategi marketing offline yang bisa Anda jalankan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan word of mouth atau pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, penempelan banner atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur, iklan koran, iklan majalah dan lainnya.

baca juga : istilah sales yang jarang diketahui orang

  • Strategi marketing Online

Selain stretegi marketing offline saat ini sangat memungkinkan seorang pebinis juga menjalankan strategi marketing online. Dunia online yang semakin berkembang pesat adalah indikator yang memang seharusnya membuat orang tanggap untuk memanfaatkan hal ini. beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan yaitu promosi di media sosial (Facebook, Twitter, Path dan Instagram), promosi melalui iklan online seperti Google ads, Facebook ads, Twitter ads, atau dengan memaksimalkan website lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization).

  1. Berinvestasi kepada investor yang tepat

Untuk membuat bisnis Anda sukses tentu salah satu caranya adalah harus bersikap profesional. Nah sikap profesionalisme Anda dalam bisnis dapat tercermin salah satunya dari cara berinvestasi Anda. Anda harus cermat dalam hal ini, sebab jika Anda sembarangan maka bisa jadi bisnis Anda akan terpuruk. Investasi yang tepat dan profesional ini bisa Anda jalankan dengan beberapa cara seperti memilih mobil yang sesuai dan banyak diminati konsumen, membuat jalinan dengan mitra bisnis untuk menyewa mobilnya serta memanfaatkan asuransi untuk perlindungan mobil dan usaha Anda.

  1. Bangun relasi dan jaringan

ntuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga banyak investor maka memang Anda harus mampu memperluas jaringan dan relasi. Semakin banyak jaringan dan relasi yang Anda miliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa diajak untuk bekerjasama mengembangkan usaha. Jika hal ini terjadi maka tentu saja bisnis Anda akan semakin cepat bergerak menuju kesuksesan. Jangan lupa juga untuk bergabung dengan beberapa komunitas dan asosiasi bisnis rental mobil yang Ada di wilayah Anda. Ikut dan berperan aktiflah di sana.

Beberapa kegiatan dan agenda yang seringkali diadakan oleh komunitas dan asosiasi ini adalah workshop, diskusi dan juga penyampaian materi di media sosial. Dengan hal ini tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang akan bermanfaat untuk kemajuan bisnis rental mobil Anda.

  1. Tentukan harga yang sesuai dengan pasaran

Kebanyakan orang yang ingin menyewa mobil akan membandingkan dengan harga lain dulu sebelum memutuskan untuk menyewa. Untuk itu Anda harus menentukan harga yang sudah sesuai dengan pasaran. untuk bisa menggaet banyak konsumen, maka Anda tak boleh sembarangan menentukan harga. Lebih dari itu Anda harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang sedang berlaku ditempat Anda. Jangan memaksakan diri untuk membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi Anda akan kehilangan konsumen.

  1. Antisipasi pada tindak criminal

Di zaman yang serba dengan aksi-aksi tidak bertanggungjawab dari sejumlah oknum, maka dalam menjalankan bisnis rental mobil ini Anda perlu ekstra waspada. Pada kenyataannya di lapangan memang sudah banyak terjadi kasus pelarian mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan banyak siasat, seperti salah satunya dengan menyerahkan dokumen palsu kepada pemilik rental. Tentu saja dengan dokumen palsu mereka para oknum ini akan leluasa untuk melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

baca juga : blog lainnya

Dari sinilah, maka kewaspadaan yang tinggi memang harus selalu Anda terapkan terutama saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan seksama dokumen yang ia berikan kepada Anda. Dalam hal ini Anda memang diharuskan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk bisa membedakan dokumen-dokumen asli dan palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Bila Anda mampu mengantisipasi tindak kejahatan atau kriminalitas penipuan ini maka kerugian yang besar pun bisa Anda minimalisir.

Download Aplikasi Bisnis Kasir Rental Mobil, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.