6 Ide Side Hustles Agar Pendapatanmu Bertambah  

ide side hustles

Ide side hustles – Side hustle ini bisa jadi cara untuk menyalurkan passion yang selama ini tidak bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama. Selain itu, mendapatkan uang juga merupakan bonus bagi mereka yang menjalani side hustle.

Side hustle itu melakukan pekerjaan yang tidak selalu menghasilkan uang. Kegiatan yang dilakukan juga sesuai minat dan tujuannya adalah untuk membentuk sebuah nilai baru. Harapannya, side hustle yang dilakukan bisa menghasilkan uang atau menjadi sebuah bisnis baru,” ungkap Andrew saat dihubungi kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.

Side hustle sendiri beberapa waktu belakangan ini menjadi cukup populer di kalangan perempuan modern. Banyak dari kita yang memutuskan untuk melakukan side hustle di sela-sela pekerjaan utama. Dua side hustle yang sedang sangat tren saat ini adalah menawarkan produk kecantikan dan kesehatan.

Memiliki pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan passion memang idaman semua orang. Terlebih bila pekerjaan tersebut mendatangkan penghasilan yang memuaskan. Namun sayangnya, tidak semua orang beruntung dapat menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat pribadi. Suatu lembaga konsultan manajemen Gallup Inc pada tahun 2017 mengadakan riset terhadap jutaan pekerja di hampir 200 negara. Hasilnya menunjukkan, sekitar 85% orang pekerja tidak menyukai pekerjaannya. Menjalani  pekerjaan yang tidak disukai pasti terasa berat bahkan bisa membuat Anda rentan terjebak stres. Supaya tidak berlarut-larut, jangan berhenti mengeksplorasi kegiatan yang mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda. Caranya, Anda bisa menjalankan ide side hustle.

Baca juga : Perhatikan dan waspadai kerugian dari investasi emas

Ini adalah istilah untuk menyebut aktivitas sesuai passion yang Anda kerjakan di sela pekerjaan utama. Berbeda dengan side job yang tujuan utamanya adalah mencari pendapatan sampingan, side hustle bertujuan memenuhi kepuasan pribadi melalui kegiatan sesuai minat diri. Dan enak nya lagi ada banyak sekali ide ide side hustles yang dapat anda lakukan agar mendapatkan tambahan pundi pundi cuan. Ok simak dengan baik baik.

6 Ide Side Hustle

ide side hustles

  1. Home Décor

Senang mendandani rumah dan rajin membaginya di media sosial? Cobalah side hustle sebagai home decor enthusiast. Banyak orang mencari inspirasi penataan rumah idaman melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Nah, Anda bisa menjalankan hobi mendandani rumah dan membagi berbagai tips penataan agar bisa menginspirasi orang lain.

Bila Anda konsisten menjalankannya, lambat laun akan banyak follower yang mendapatkan inspirasi. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan penawaran proyek home decor dari follower, diundang sebagai narasumber di acara home decor, belum lagi penawaran endorsement di segmen home and furniture.

  1. Beauty Vlogger

Senang berdandan atau mendandani orang lain dengan make up? Jangan berhenti sebatas hobi. Bila Anda seriusi, menjadi beauty vlogger bisa menjadi ladang penghasilan yang lumayan. Tentu untuk ke sana, Anda perlu melakukan banyak usaha. Misalnya, secara konsisten memproduksi video tutorial make up atau skincare, terutama lewat Youtube dan Instagram.

Bila konten Anda menarik, tentu akan banyak orang yang memilih menjadi follower. Dari sana Anda bisa membuka banyak peluang menjadi endorser produk kecantikan ataupun menerima tawaran menjadi make up artist. Tarifnya menarik, bisa jutaan rupiah tiap satu posting atau sekali make up. Ini bisa menjadi tambahan pendapatan yang lumayan.

  1. Food instagrammer

Di era media sosial seperti saat ini, acara makan atau berkuliner tak lengkap rasanya bila tidak didahului dengan acara memotret dahulu makanan yang hendak disantap, lalu posting gambar tersebut di akun media sosial. Seiring dengan kecanggihan kamera ponsel yang terus meningkat, hasil jepretan foto-foto makanan para amatir di media sosial pun makin berkualitas, tak kalah dengan karya fotografer profesional.

Ini yang menyebabkan banyak akun-akun food instagrammer bermunculan. Food instagrammer ialah sebutan buat mereka yang rajin berbagi foto makanan berikut informasi kuliner di akun instagram. Menjadi food instagrammer bisa menjadi ide side hustle yang dapat Anda jajaki. Terlebih bila Anda selama ini memang menyukai wisata kuliner dan suka memotret makanan.

Bila Anda konsisten membesarkan akun media sosial berisi konten kuliner berikut menampilkan hasil jepretan foto yang menarik, lambat laun Anda bisa menarik banyak follower. Seiring dengan itu, peluang mendapatkan penghasilan pun terbuka. Mulai dari menerima endorsement hingga menjadi food influencer.

  1. Jasa titip

Banyak orang senang berbelanja akan tetapi tidak semua orang punya waktu atau akses untuk melakukannya sendiri. Misalnya, tinggal di daerah yang cukup pelosok dan jauh dari pusat perbelanjaan, atau ibu-ibu yang sulit menyisihkan waktu khusus untuk berbelanja karena sudah terlampau sibuk mengurus anak dan rumah. Di sinilah peluang bisnis jasa titip (jastip) atau personal shopper bisa Anda tekuni. Side hustle sebagai personal shopper cocok bagi Anda yang menyukai shopping dan jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

Peluang pendapatannya juga menarik. Dalam satu event pameran buku saja, seorang penyedia jasa titip bisa mengantongi untung bersih hingga jutaan rupiah. Hasrat berbelanja dan jalan-jalan terpenuhi, dompet juga makin tebal. Anda bisa memulainya dengan membidik satu fokus pasar. Misalnya, membuka jastip khusus produk anak-anak, jastip barang branded,  jastip luar negeri, dan lain sebagainya. Tetapkan tarif jasa titip bersaing supaya bisa meraih pasar. Optimalkan akun media sosial untuk mempromosikan jasa yang Anda tawarkan tersebut.

  1. Mystery shopper

Siapa sih, yang tidak suka berbelanja? Aktivitas berbelanja adalah salah satu aktivitas yang digemari oleh hampir semua orang. Tapi, bagaimana menjadikan aktivitas belanja Anda lebih produktif? Bagi Anda yang menggemari acara shopping, Anda bisa menimbang menjadi mystery shopper alias pembeli misterius. Ini adalah profesi yang belakangan semakin banyak diminati karena pekerjaannya menyenangkan yaitu berbelanja dan bisa dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama.

Baca juga : 13 langkah mengatur uang saat berbisnis

Tugas mystery shopper adalah berperan sebagai pelanggan anonim sebuah layanan, apakah itu supermarket, bank, atau perusahaan lain yang menjadi klien. Dari pengalaman berbelanja tersebut, mystery shopper harus mengevaluasi layanan dan memberikan laporan pada klien. Untuk menjadi mystery shopper, Anda bisa mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia pembeli misterius. Pendapatan dari sini lumayan juga. Bahkan bila Anda tergabung ke penyedia jasa mystery shopper luar negeri, Anda berkesempatan mendapatkan honor dalam mata uang Euro. Kisaran honornya menarik, bisa mencapai €10 hingga €200 per sekali belanja.

  1. Catering makanan

Anda rajin membuat menu makan sehat seperti salad atau green juice dan memamerkannya di media sosial? Sekalian saja buka jasa katering makanan sehat. Kesadaran mengasup makanan sehat seperti salad dan green juice kini semakin besar, lho. Jadi, ketimbang bikin untuk diri sendiri dan memajangnya di media sosial, mengapa tidak membuka peluang cuan dari sini? Bila hitungan Anda tepat, bisnis kuliner makanan sehat bisa memberi keuntungan minimal 40%. Hal yang sama berlaku juga bila Anda memiliki hobi produktif lain seperti blogging atau crafting, atau mungkin hobi menggambar? Hobi-hobi tersebut bisa memberikan pendapatan tambahan bila Anda melakukan strategi yang tepat.

Download Aplikasi Kasir Toko, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.