Tips Membuat Blog Untuk Mengembangkan Bisnis Anda 

membuat blog bisnis

Membuat blog bisnis – Saat ini blog telah bertransformasi menjadi salah satu fasilitas yang dapat berperan vital dalam kegiatan marketing. Lebih jauh lagi, mengintegrasikan blog dengan website perusahaan merupakan cara efektif dalam mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis. Sayangnya, masih banyak yang menganggap remeh pengaruh blog dalam dunia bisnis. Bahkan, tidak sedikit juga yang tidak mengerti cara membuat blog bisnis.

Dalam bisnis kecil, blog berpotensi menjadi salah satu elemen paling penting dalam membantu pertumbuhan bisnis tersebut. Alasannya, blog bisnis tidak memerlukan biaya yang besar, serba guna, mudah dikelola dan fleksibel dalam penjualan.

Tapi, cara menjadi blogger sukses seperti Iwan Banaran atau Sugeng Riyadi, tentu tidak sesederhana itu. Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Inilah yang belum tentu semua orang tahu.

Nah, gimana sih caranya membuat blog supaya dapat mengembangkan bisnis anda? Ok, berikut simak penjelasan yang sederhana dibawah ini dengan seksama.

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

6 Tips Membuat Blog Bisnis

membuat blog bisnis

  1. Tentukan audiens anda serta pelajari mengubahnya menjadi pelanggan

Sebagus apapun konten yang Anda buat, tapi tidak relate atau bukan yang dicari orang maka itu tidak akan menarik perhatian audiens untuk datang mengunjungi blog Anda.

Tentukan konten dan audiens Anda seperti apa, hal ini untuk memastikan Anda tidak membuang waktu terlalu banyak untuk konten yang tidak akan dibaca siapapun. Tambahkan konten menarik dari konten utama Anda, agar audiens merasa mendapatkan info menarik dari blog Anda.

Buat audiens Anda rela berlama-lama mengunjungi blog Anda, dengan membaca konten-konten yang Anda miliki. Setelah itu temukan cara mengubah audiens Anda menjadi pelanggan. Siapkan situs web Anda dengan jalur yang jelas ke produk Anda.

  1. Gunakan kata kunci dan SEO yang tepat dan menarik

Tentukan strategi yang tepat agar tulisan dari blog Anda bisa menjadi peringkat satu teratas dalam mesin pencarian Google. Karena peringkat tinggi dalam hasil pencarian merupakan cara ampuh untuk menempatkan merek Anda di depan audiens.

Baca juga : cara membuat start up bagi pemula

Audiens biasanya akan lebih tertarik melihat tulisan yang berada di urutan teratas, karena dirasa lebih relevan dan banyak yang sudah membacanya. Meskipun tidak menyalahkan konten yang tidak termasuk urutan teratas ini, bahwa konten mereka salah atau yang lainnya. Hanya saja strategi SEO yang digunakan masih kurang tepat.

Anda bisa menggunakan kata kunci yang relate dengan produk atau jasa Anda atau masih yang ada kaitannya dengan konten yang dibuat, karena konten Anda pasti membahas banyak topik.

Setelah itu, Anda bisa mengeksplore lebih jauh dari kata kunci yangs udah dibuat. Kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih, bagus untuk difokuskan karena persaingan untuk menentukan peringkatnya lebih sedikit dan orang yang menelusuri istilah ini cenderung melakukan pembelian.

Contoh, orang akan semakin spesifik mencari kata “baju gamis hitam motif” daripada “baju gamis”. Anda bisa menggunakan SEO untuk meneliti kata kunci yang akan Anda gunakan. SEO ini akan menunjukkan seberapa kompetitif, volume pencarian dan situs mana saja yang memberi peringkat untuk kata kunci yang akan Anda gunakan.

  1. Focus dan bangun otoritas blog

Media sosial bisa menjadi wadah Anda untuk membagikan hasil tulisan Anda, karena kini hampir setiap orang bermain di sosial media. Tapi, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu mengandalkan media sosial ini meskipun sudah diketahui kekuatan dari media sosial yang sangat berpengaruh.

Coba untuk membagikan tulisan Anda ke platform yang bisa Anda kendalikan sepenuhnya, yang bisa Anda kembangkan dengan stabil dari waktu ke waktu tanpa khawatir terjadi gangguan. Karena jika Anda membangunnya di platform orang lain, tidak ada kepastian bahwa Anda akan selalu memiliki kendali penuh atas itu.

Fokus dengan memposting di situs web Anda untuk membangun otoritas merek. Habiskan sebagian besar waktu Anda untuk menerbitkan karya terbaik Anda di sana.

  1. Buat konten secara konsisten

Anda harus serius ketika memutuskan membuat blog dan web, rencanakan konten dengan baik, strategi dan konsisten. Karena memang untuk bisa konsisten itu tidaklah mudah, selalu ada godaan yang membuat Anda untuk melupakan sejenak.

Saat inspirasi datang, pembuatan konten tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda bisa membuat konten kalender, sehingga Anda akan mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan, konten apa saja yang harus dibuat.

Buat para audiens Anda menunggu-nunggu kapan konten tulisan selanjutnya di publish. Sehingga mereka akan menanyakan jika Anda belum mengupdate konten baru, di mana ini sebagai bentuk perhatian audiens terhadap Anda dan begitu sebaliknya.

  1. Menjaga dan promosikan konten anda

Konten yang sudah lama di publish bukan berarti sudah tidak bermanfaat. Anda tetap harus menjaganya, dengan mengupdate isinya yang masih bisa memungkinkan muncul di mesin pencarian.

Seperti memperbarui statistik lama, memperbaiki pemformatan, dan menambahkan cerita dan fakta baru jika dibutuhkan dan dirasa memungkinkan.

Jangan lupa juga untuk mempromosikan konten yang sudah Anda buat. Beritahu kepada orang banyak atas konten Anda, bisa juga dengan memanfaatkan media sosial, email dan lain sebagainya. Buat mereka tahu atas keberadaan konten dan bisnis Anda.

  1. Bangun jaringan yang luas

Anda mungkin bisa membuat konten seorang diri. Namun, untuk mengembangkan blog, menggandeng pihak lain bisa menjadi strategi yang cukup efektif

Kenapa demikian?

Anda bisa melakukan upaya promosi blog lebih mudah. Sebab, tanpa promosi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat blog Anda besar akan lebih lama.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat berupa solusi dari permasalahan blogging yang Anda temui.

Untuk dapat membangun jaringan yang luas, apa yang perlu Anda lakukan?

Bergabunglah ke komunitas. Di Indonesia, komunitas blogger mulai banyak ditemui. Contohnya, Komunitas Blogger Jakarta, Indonesian Beauty Blogger dan lainnya. Dengan bergabung ke komunitas, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat.

Mulai dengan berbagi. Sebelum Anda mendapatkan manfaat dari pihak lain, berbagilah informasi penting ke orang lain dulu. Bisa dengan menjawab pertanyaan dari anggota lain di forum. Bisa juga dengan berbagi link ke artikel blog anggota komunitas yang relevan.

Tawarkan kolaborasi. Jangan ragu untuk mengajak blogger lain membuat konten bersama. Terutama, blogger yang memiliki kelebihan di satu topik tertentu. Cara lain, Anda bisa menulis artikel di blog mereka alias guest post.

Baca juga : 4 pemanfaatan barcode

Jangan terbatas pada satu topik. Jalinlah komunikasi dengan banyak blogger meskipun dengan topik yang tidak sama dengan Anda. Meskipun Anda tidak bisa langsung berkolaborasi pada sebuah konten, Anda tetap bisa bertukar informasi tentang blogging.

Dengan menerapkan langkah di atas, akan semakin mudah bagi Anda untuk membangun jaringan lebih luas dan membuat blog Anda semakin besar.

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.