Berikut Ini Fase Atau Tahapan Dari Customer Journey Beserta Manfaatnya  

tahapan customer journey

Tahapan customer journey – Customer journey merupakan seluruh perjalanan konsumen pada proses pembelian. Hal ini dimulai dari saat pertama konsumen mengenal produk, mencari tahu informasinya, hingga melakukan transaksi dan memberikan review setelahnya.

Menganalisis customer journey sangat penting supaya Anda bisa menghadirkan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Anda bisa menggunakan Customer Journey Map untuk memudahkan proses analisis behavior pelanggan.

Nah, artikel ini cocok untuk Anda yang menjual produk di marketplace, memasarkan bisnis jasa di internet, atau pelaku bisnis secara umum. Anda bisa mempelajari fase atau tahapan dalam customer journey dan jyga manfaat dari customer journey. Ok, simak artukel berikut ini dengan baik dan seksama.

Download Software Toko Kasir, Klik Disini !!

Fase Atau Tahapan Customer Journey

tahapan customer journey

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa customer journey bisa dikatakan sebagai perjalanan pelanggan untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu terdapat fase atau tahapan yang terjadi pada sisi pelanggan. Agar lebih mengetahui tahapan atau fase apa saja dalam customer journey, maka simaklah penjelasan dibawah ini.

baca juga : 9 tips meningkatkan bisnis skala kecil

  1. Awareness

Tahapan pertama dinamakan awareness yang dimulai ketika konsumen pertama kali mengetahui dan mempelajari produk atau layanan Anda (ini adalah hasil dari proses pemasaran yang Anda lakukan). Pada tahap awareness ini calon pelanggan Anda baru sebatas tahu tentang Anda dan produk yang Anda jual. Mereka mungkin akan memiliki awareness terkait brand Anda di berbagai channel pemasaran, seperti:

  • Website Anda
  • Media Sosial
  • Email Marketing
  • Newsletter
  • Blog
  • YouTube
  • Word of Mouth
  1. Consideration

Konsumen sedang mencari informasi umum tentang bisnis Anda dan mungkin bisnis lain yang menawarkan produk serupa dengan bisnis Anda. Inilah adalah alasan utama mengapa Anda harus memiliki online presence, meskipun hanya berupa website bisnis sederhana yang memiliki informasi dasar seperti:

  • Alamat bisnis (jika ada)
  • Jam kerja
  • Informasi kontak
  • Penawaran produk

Konsumen mencari bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan khusus mereka. Jadi, apapun jenis dan industrinya, bisnis Anda harus mudah ditemukan dalam pencarian online. Selain itu, informasi kontak Anda juga harus tersedia. Faktor lain yang tidak kalah penting terkait online presence adalah pencarian berbasis lokasi. Misalnya, ada seseorang yang sedang berjalan kaki dan ingin menuju kedai kopi terdekat dari lokasinya. Maka kedai kopi Anda harus terlihat di peta online seperti Google Maps. (agar ini bisa terjadi, Anda perlu mendaftarkan kedai kopi Anda di Google My Business

Riset Setelah melakukan pencarian online dan menemukan bisnis yang menyediakan produk/layanan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya dalam customer journey adalah melakukan riset lebih dalam pada bisnis yang dipilih. Ini biasanya dilakukan secara online melalui:

  • Ulasan Google, TripAdvisor (untuk traveler), Better Business Bureau, dll.
  • Feedback di Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll)

Word of mouth secara online maupun offline.Ketika membaca ulasan atau mendapatkan rekomendasi, prioritas yang disorot oleh konsumen mungkin akan berbeda-beda, bergantung pada produk atau layanan yang mereka perlukan. Misalnya, konsumen yang mencari tentang produk-produk umum akan lebih mementingkan harga. Konsumen yang mencari tempat makan, hotel, atau layanan kendaraan, harga mungkin menjadi satu dari sekian banyak pertimbangan. Sementara untuk konsumen yang belanja online mungkin lebih peduli pada biaya pengiriman dan potensi keterlambatan dalam penerimaan produk.

  • Online – untuk produk yang dapat dibeli atau dipesan secara online.
  • In-person – untuk mereka yang membutuhkan akses langsung ke produk atau layanan.
  • Melalui telepon – ketika memesan suatu produk via telepon untuk dikirimkan.
  1. Purchase

Setelah menemukan bisnis yang tepat, membaca banyak ulasan, dan membandingkan dengan produk atau layanan lain yang sejenis, inilah saatnya melakukan pembelian. Proses pembelian dapat terjadi dalam beberapa cara baik itu online dan offline. Anda dapat melakukan transaksi dengan berinteraksi dulu dengan customer via messager, atau bisa memanfaatkan berbagai platform online seperti yang dimanfaatkan oleh IDCloudhost menggunakan Sistem transaksi langsung di Client Area IDCloudhost : my.idcloudhost.com

  1. Review

Proses review terjadi setelah konsumen menerima dan menggunakan produk. Jika memungkinkan, mintalah konsumen Anda untuk memberikan ulasan terkait produk Anda. Ada banyak platform Review yang bisa kita gunakan mulai dari Review menggunakan Google My Business, Facebook, Trip Advisor, dan lainnyaa. Sebagai Contoh kita memanfaatkan Google my Business untuk Mendapatkan Review nyata dari Customer.

Download Software Toko Kasir, Klik Disini !!

Manfaat Customer Journey

tahapan customer journey

  1. Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan Anda

Membuat peta perjalanan pelanggan memberi Anda wawasan tentang pikiran audiens target Anda. Selain mengetahui siapa mereka, Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pertanyaan yang lebih penting seperti: Apa tujuan mereka? Apa poin rasa sakit mereka? Bagaimana perasaan mereka ketika mereka mencapai titik kontak tertentu dalam kampanye Anda?

Ingatlah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan sesuaikan strategi pemasaran Anda. Setiap pengalaman positif yang didapat pelanggan Anda dari titik kontak ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi merek Anda.

  1. Anda dapat mengidentifikasi dan menindak lanjuti masalah apa pun pada layanan Anda

Tidak ada produk atau proses yang sempurna. Bahkan hal-hal yang telah efisien di masa lalu dapat dipengaruhi oleh perubahan di pasar Anda. Inilah sebabnya mengapa terus mencari cara untuk meningkatkan adalah pola pikir yang bagus untuk dimiliki.

baca juga : perhatikan dan waspadai kerugian dari investasi emas

Salah satu manfaat memahami perjalanan pelanggan adalah mampu mengatasi segala kekurangan yang mungkin dimiliki merek Anda saat ini. Di sinilah wawasan pelanggan menjadi penting. Ketika Anda melihat merek Anda dari perspektif pelanggan Anda, Anda dapat mengidentifikasi dan bertindak pada setiap poin untuk perbaikan.

  1. Anda dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda

Berbicara tentang poin untuk perbaikan, mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik juga merupakan salah satu manfaat dari memahami perjalanan pelanggan. Ketika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang dari mana pelanggan Anda berasal, Anda dapat mulai mengubah strategi Anda untuk menciptakan pengalaman yang optimal bagi mereka.

Perubahan ini bisa kecil, seperti memilih CTA yang lebih menarik untuk iklan Anda. Atau bisa juga rumit, seperti menyiapkan proses baru untuk memastikan bahwa kebutuhan pelanggan Anda terpenuhi.

Pada akhirnya, memiliki pemahaman yang tulus tentang pelanggan Anda akan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan lebih banyak empati untuk membangun kepercayaan pada merek Anda.

  1. Anda dapat mengidentifikasi kemungkinan peluang untuk dijelajahi.

Apakah ada celah di pasar yang tidak ditanggapi baik oleh Anda maupun pesaing Anda? Menemukan peluang yang belum dijelajahi adalah yang keempat dalam daftar manfaat kami dalam memahami perjalanan pelanggan. Seringkali, ini adalah nuansa unik dalam pengalaman pelanggan dengan merek Anda yang dapat membedakannya dari yang lain.

  1. Anda dapat mengurangi biaya sambil meningkatkan hasil.

Setiap kampanye memiliki tujuan — atau serangkaian tujuan — yang ingin dicapai. Membangun strategi pemasaran Anda seputar perjalanan pelanggan dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas kampanye Anda karena ini akan memberdayakan Anda untuk menciptakan pengalaman merek yang berarti untuk setiap titik kontak.

Untuk lebih memahami bagaimana hal ini dapat membantu Anda memaksimalkan anggaran Anda, pikirkan cara kerja penawaran di iklan untuk Facebook. Meskipun anggaran yang lebih besar dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang, relevansi juga memainkan faktor penting dalam kinerja iklan secara keseluruhan.

Download Software Toko Kasir, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.