Inilah Manfaat Dari Big Data Pada Bidang Teknologi Informasi Dan Dunia Bisnis  

manfaat big data

Manfaat big data – Perkembangan big data di Indonesia akhir-akhir ini terus meningkat. Penggunaannya hampir menyeluruh dan menyentuh segala aspek industri yang berjalan. Mulai dari industri kesehatan, layanan kesehatan, marketing, retail, hingga telekomunikasi dan asuransi.

Peningkatan tersebut bukannya tanpa alasan. Fungsi utama yang ditawarkan big data dengan mengolah informasi dari pelanggan dan menyajikannya langsung kepada pengusaha jelas membuat pengusaha lebih mengetahui kondisi pasar dan mengenal lebih baik konsumennya.

Sebenarnya big data sendiri bukan tentang seberapa besar data yang dimiliki, namun lebih kepada pengumpulan data secara tepat dan signifikan sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan terhadap keputusan bisnis yang dijalankan.

Big data sendiri juga memiliki manfaat yang beragam mulai dari dunia informasi teknologi, sampai pada dunia perbisnisan. Nah, emang apa saja sih manfaat dari penggunaan big data ini? Apa benar sangat bermanfaat hmm… ok lah tak usah basa basi langsung saja kita Bahas manfaat dari big data ini. Simak dengan seksama ok supaya dapat diserap dengan baik. Cusss…

Manfaat Big Data

  1. Bidang TI (Teknologi Informasi)

manfaat big data

  • Penggunaan perangkat mobile

Saat ini, penggunaan perangkat seperti smartphone, tablet, IPOD, dll. Sering kita jumpai karena telah mendukung dan support dengan berbagai sistem aplikasi. Kemudian, faktor user friendly dan mudah dibawa kemana saja merupakan kelebihan utama dari perangkat mobile.

baca juga : istilah sales yang jarang diketahui orang

Penggunaannya juga digunakan untuk pengembangan perangkat mobile saat ini. Salah satu contoh yang mudah untuk anda lihat adalah aplikasi GPS yang tentunya sudah terinstall dalam perangkat anda. GPS (Global Positioning System) yang dimiliki oleh Google Maps menggunakan bantuan dari big data dalam memproses dan memanajemen berbagai bentuk data.

Karena, sistem database yang dibutuhkan sangat besar. Mulai dari gambar, pemetaan lokasi hingga dapat menjangkau hampir seluruh penjuru dunia sekaligus. Tentunya membutuhkan sebuah basis data dengan kapasitas yang sangat besar. Sekarang, Google telah menerapkan sistem penyimpanan berbasis cloud (awan). Sehingga, penyimpanan dapat dilakukan secara online dan real-time dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

  • Media social

Hampir setiap orang menggunakan yang namanya media sosial untuk mengakses berbagai informasi dan membagikan aktivitas keseharian pribadi. Tentunya, banyak yang mengupload foto, video maupun teks ke dalam aplikasi media sosial tersebut. Semua informasi tersebut merupakan jenis data yang akan terekam dan tersimpan dalam sistem basis data dengan kapasitas besar.

Anda bisa membayangkan berapa ukuran yang harus dialokasi oleh media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Untuk menampung data setiap harinya. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan big data yang memiliki performa yang baik dalam penanganan data dengan skala besar.

  • Perangkat cerdas

Sistem cerdas untuk saat ini banyak dikembangkan oleh negara – negara maju seperti China, Jepang, Amerika, dll. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh perangkat cerdas adalah mampu membantu kegiatan manusia dengan lebih efektif dan efisien.

Contoh dari perangkat cerdas adalah teknologi IoT yang saat ini banyak diterapkan pada perangkat elektronik seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan sistem yang telah terintegrasi dengan jaringan internet, maka segala bentuk aktivitas dapat dikoordinir dalam satu sistem aplikasi saja dengan bantuan big data sebagai penyedia layanan informasi dan penyimpanan data.

  • Media Digital

Selanjutnya, big data juga mempengaruhi dari sisi penggunaan media digital. Contohnya, penggunaan fitur pada website dan aplikasi streaming seperti spotify dan netflix. Dalam sistem basis data yang mereka gunakan, mampu mencatat data musik, film yang telah anda tonton dan memberikan sebuah rekomendasi untuk anda.

Dengan bantuan teknologi AI sendiri, basis data dapat terintegrasi dengan baik dan cepat untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Contoh lain dari penerapan media digital adalah fitur pada e-commerce yang telah menerapkan AI dengan big data untuk memudahkan pengguna dalam memberikan rekomendasi produk.

  1. Bidang Bisnis

manfaat big data

  • Dapat mengenal pelanggan dengan lebih baik

Dengan mengaplikasikan big data, artinya anda mengumpulkan seluruh informasi terkait pelanggan yang membeli produk anda. Mengerti pelanggan anda adalah cara bagaimana anda menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Mungkin analisis pasar yang anda miliki saat ini bisa mengatakan bahwa bisnis anda sudah menyasar pangsa pasar yang tepat. Namun dengan big data, fakta di lapangan yang berbicara.

  • Membangun strategi marketing dengan efektif

Dengan data yang dimiliki, tentu anda bisa dengan mudah membangun strategi marketing yang efektif dan menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasar anda. Anda juga terhindar dari risiko menyusutnya pangsa pasar karena hubungan dengan konsumen sudah terbangun sebelumnya. Risiko-risiko lain juga akan berkurang seiring dengan penerapan strategi yang tepat tersebut. Sedangkan untuk big data Indonesia sendiri saat ini juga sudah berkembang dengan fitur-fitur lain yang tentunya sangat berguna bagi bisnis anda.

baca juga : blog bisnis lainnya

  • Mengoptimalkan pengalaman penggunaan aplikasi

Penggunaan perangkat mobile terus meningkat, sehingga perlu adanya optimasi dari sisi software dan hardware. Selain itu, penyimpanan data juga sangat berpengaruh terhadap optimalisasi sebuah aplikasi. Dengan big data, proses transfer dan manajemen data berjalan lebih cepat dan akurat.

  • Customer relationship management (CRM)

Anda perlu menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan dan sales. Dengan melakukan management menggunakan beberapa fitur tambahan untuk membantu anda dalam memonitoring kegiatan penjualan, menghitung rata – rata konversi, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan system operasional bisnis

Untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas bisnis yang anda rintis, tentu memerlukan sumber daya yang memadai. Salah satunya akan kebutuhan data yang terus meningkat. Big data dapat mengatasi permasalahan data dengan kebutuhan yang besar untuk membantu proses operasional bisnis anda.

  • Mampu menarik perhatian pelanggan

Dalam suatu bisnis, pelanggan memang subyek utama yang ingin dituju. Setiap perusahaan pasti berusaha untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan mereka. Tingkat kepuasan tersebut tentu saja dapat diperoleh dengan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan big data perusahaan bisa melakukan analisis untuk setiap pelanggan nya melalui data yang diterima.

  • Dapat menentukan strategi bisnis yang tepat

Dalam berbisnis tentunya keuntungan menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari big data yang memiliki banyak sekali keunggulan. Penggunaan big data dalam dunia bisnis, mampu memberikan arah dan strategi baru dalam berbisnis. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan oleh big data. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari berbagai hal yang bisa menyebabkan rugi.

  • Dapat digunakan sebagai proses pengambilan keputusan

Big data mampu memberikan informasi secara detail dan akurat mengenai aktivitas dari pelanggan. Mulai dari complain yang di tujukan, masukan hingga produk yang sangat diminati. Tentunya beragam informasi tersebut dapat membuat pihak perusahaan untuk melakukan inovasi baru. Bukan hanya mengira-ngira keputusan di masa mendatang, namun bisa menentukan secara pasti dan mampu melihat apa dampak yang timbul dari keputusannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.