Pengertian Bisnis Digital : Jenis, Manfaat, dan Peluang

Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bagaimana caranya? Semua berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik.

Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa bisnis digital itu sebenarnya dan apa saja keunggulannya.

Pengertian Bisnis Digital

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan produk maupun dalam pemasaran produk itu sendiri. Bisnis digital semakin lama kian berkembang pesat dan banyak diminati oleh masyarakat di berbagai daerah.

Contoh Bisnis Digital yang paling terkenal adalah e-commerce atau perdagangan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. Lalu, fakta menarik apa saja seputar bisnis digital ini? Berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis digital? Untuk mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasannya berikut ini.

Bisnis Digital

Jenis-Jenis Bisnis Digital

Secara umum, Bisnis Digital terbagi menjadi empat bagian. Bisnis Digital murni, versi digital dari bisnis nondigital, fasilitator digital dari bisnis nondigital, dan hybrid. Mari kita bahas satu per satu.

  • Digital Murni

Digital murni adalah bisnis yang menawarkan produk dengan komponen “bits and bytes”, seperti pembuatan software secara luas. Misalnya software pendidikan, software khusus bisnis, dan lain-lain.

  • Versi Digital dari Bisnis Nondigital

Versi digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang menawarkan versi digital dari barang/jasa yang biasanya dijual dalam bentuk fisik, seperti menjual e-book, e-journal, dan e-comic.

  • Fasilitator

Fasilitator digital dari bisnis nondigital adalah bisnis yang memfasilitasi bisnis barang dan jasa menggunakan teknologi digital, seperti online shop.

  • Hybrid

Hybrid merupakan kombinasi penggunaan berbagai jenis bisnis digital untuk memaksimalkan pendapatan.

Setelah mengetahui dan memahami jenis-jenis bisnis digital ini sangat penting, karena setiap jenisnya memiliki cara pemasaran dan target pasar yang berbeda, sehingga diperlukan strategi yang sesuai. Bisnis digital juga memiliki basic service yang berbeda, seperti media sosial (social media), pencarian dan analisis (search and analytics), pengaturan konten web (web content management), digital content provider, distribusi dan pengiriman (distribution and delivery), aplikasi hiburan, dan lainnya.

Macam-macam Peluang Usaha Bisnis Digital terdiri atas beberapa hal. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membangun Sebuah Usaha Toko Online

Membuat Toko Online Profesional 1 845x450 1

Salah satu macam dari bisnis digital adalah mengelola toko online untuk melakukan aktivitas jual dan beli barang. Jika Anda tak punya modal yang cukup, maka Anda bisa membuat toko online dengan bergabung dengan marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Sebaliknya, jika Anda memiliki banyak modal sebaiknya Anda membuat toko online Anda sendiri dengan cara membeli website. Dengan begitu, Anda bisa menentukan sendiri tampilan yang diinginkan dan jenis barang apa saja yang bisa Anda jual.

Baca juga : rekomendasi aplikasi akuntansi

  • Menekuni Bisnis Afilasi

cara kerja marketing affiliate

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Pelaku dalam bisnis ini biasanya disebut dengan reseller. Anda perlu membeli barang ke suatu agen terlebih dahulu, kemudian Anda menjual barang tersebut kepada konsumen. Jika Anda berhasil menjual barang dalam jumlah banyak, maka penghasilan yang Anda peroleh juga semakin tinggi.

Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.

Baca Juga : 8 tips menjadi reseller yang baik supaya bisnismu sukses!

  • Menjadi Content Creator Atau Youtuber1319223c bb5f 4020 be1c 93d1984f3680 169Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten yang unik terbukti bisa menjadi sebuah bisnis digital yang menjanjikan. Dan satu hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih sukses yang sama. Anda hanya perlu memikirkan apa yang menjadi keahlian Anda dan juga menarik untuk dijadikan konten. Jika Anda memiliki hobi membuat video, maka sebaiknya Anda manfaatkan peluang tersebut untuk menjadi youtuber yang handal. Caranya, Anda bisa membuat video menarik dengan niche/tema tertentu. Buatlah video dalam jumlah banyak supaya laman youtube Anda kebanjiran iklan dan jumlah viewers pun meningkat.

Baca Juga : Pengertian Clickbait , Dan bagaimana cara menggunakannya

  • Menekuni Dunia Blogger

Login Blogger

Blogger adalah salah satu Bisnis Digital di mana pengelolanya adalah orang yang biasa berkecimpung dengan dunia tulis-menulis. Supaya sukses dengan blogger, sebaiknya buatlah artikel yang menarik dalam jumlah banyak sehingga banyak iklan dan warganet yang mengunjungi blog Anda.

Bisnis Digital adalah nyata hasilnya, meskipun bisnis ini dilakukan di dunia maya. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin melakukan bisnis, namun memiliki modal sedikit, maka Anda bisa mencoba mencari peluang melalui bisnis digital ini. Anda juga bisa menawarkan jasa Anda seperti keahlian di bidang tertentu kepada warganet. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup Anda sendiri maupun keluarga.

  • Menjadi Selebgram

lustrasi instagram 169

Jika Anda pengguna Instagram dengan jumlah follower yang cukup banyak, menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang yang menjanjikan. Di tahap awal, Anda cukup fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda meningkat, bisa saja datang tawaran kerjasama dari pihak baik dengan melakukan posting iklan produk maupun melakukan review berbayar.

Baca Juga : Berikut Beberapa Manfaat Social Media Bagi Para Pengusaha

  • Menulis Bisnis Digital

5 Hal yang Sering Dialami Penulis Pemula di Era Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan keahlian tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini. Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Namun, jika Anda memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

  • Mengajar Online

Keterampilan Yang Harus Diasah Guru Saat Mengajar Online 03 1024x576 1

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus. Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba.

Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online seperti Udemy atau RuangGuru. Anda juga bisa membangun kursus online Anda sendiri. Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System).

  • Menjual Produk Secara Digital

20160711115215 Mobile Business.jpeg

Produk Digital adalah sebuah produk yang memiliki bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital antara lain ebook, video, audio, dll. Jika Anda memiliki kemampuan bermusik yang baik dan mampu menghasilkan sebuah lagu yang berkualitas, Anda bisa menjual karya Anda tersebut. Website yang bisa membantu Anda menjual karya musik online antara lain tunecore dan songcast. Atau jika Anda seorang penulis buku, Anda bisa menjual buku elektronik Anda di Amazon atau Apple Book.

Tentu saja, Anda bisa dengan mudah menjual produk digital tersebut di website Anda sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, Anda bebas menentukan model bisnis, tarif dan cara promosinya.

  • Menjadi Penulis Konten atau Artikel  SEO(Search Engine Optimization)

SEO artikel

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi website untuk mesin pencarian agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik. Dari hari ke hari, SEO semakin menjadi channel marketing paling favorit. Terbukti 70%-80% pengunjung Google lebih tertarik hasil pencarian organik dan mengabaikan hasil pencarian dari ads. Ini membuktikan hasil pencarian organik memiliki trust yang lebih karena memang algoritma Google saat ini mampu mengetahui website mana yang memiliki kredibilitas.

Bagi Anda yang suka menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari beberapa lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, telah dihighlight bahwa konten menarik dengan SEO akan lebih menaikkan traffic dan semakin direkomendasikan oleh mesin pencari, seperti Google, di halaman pertama mereka.

Jika Anda menguasai teknik SEO yang baik, Anda bisa menjadi konsultan SEO untuk membantu website klien Anda merajai mesin pencari. Walaupun konsultan SEO di Indonesia sudah cukup banyak, peluang bisnisnya masih terbuka lebar.

  • Membuka Jasa Pembuatan Web

transformasidigitaladalahtransformasimanusia

Jika Anda seorang developer, kemampuan Anda membuat website yang menarik bisa menjadi bisnis digital yang potensial. Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu.

Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer. Selain potensial, bisnis ini memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang Anda sukai.

Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk para pekerja lepas (freelancer) seperti Freelancer. Namun idealnya, Anda bisa menggunakan blog Anda sebagai sarana menawarkan jasa tersebut. Tentunya dengan didukung oleh portofolio hasil pekerjaan Anda sehingga membuat calon klien Anda semakin tertarik.

  • Membuka Jasa Desain grafis

image belajar design cover post

Tipsnya, pelajari potensi pasar dan temukan gap of the market, yaitu ranah bisnis yang belum digarap oleh siapapun. Jika Anda menjadi orang yang pertama terjun di bidang tersebut tentu saja Anda akan berpeluang memperoleh peluang usaha yang sangat besar.

  • Memuat Sebuah Aplikasi Mobile

SetWidth540 Mobile App Design

Saat ini jumlah pengguna mobile di Indonesia mencapai 350 juta jiwa. Sungguh sebuah pasar yang potensial!!!

Apa Kalian sudah pernah mendengar kisah inspiratif kuli panggul yang berhasil membuat aplikasi permainan dan mendapatkan penghasilan yang besarnya jauh berkali lipat dari hasil kuli panggulnya dulu? Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal belajar dengan sungguh-sungguh saja. Akan ada profit sharing dari pemasangan iklan yang didapatkan dari Google Admob.

Jika Anda memiliki keahlian membuat aplikasi mobile, baik untuk platform Android atau Apple, Anda bisa mencoba menekuni bisnis digital ini. Kembangkan kemampuan Anda agar mampu membuat aplikasi yang menjadi solusi bagi banyak orang seperti halnya Gojek.

Tipsnya, pelajari potensi pasar dan temukan gap of the market, yaitu ranah bisnis yang belum digarap oleh siapapun. Jika Anda menjadi orang yang pertama terjun di bidang tersebut tentu saja Anda akan berpeluang memperoleh peluang usaha yang sangat besar.

  • Membuat Software

software

Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source.

  • Menyediakan Jasa Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Paket usaha yang satu ini tengah booming di masyarakat. Jasa internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Meski Anda sudah memiliki akun website dan media sosial, belum tentu itu akan meningkatkan penjualan. Dan mengingat persaingan bisnis yang juga sangat ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

Kesimpulan

Bisnis digital adalah bisnis yang masih potensial.Beragam pilihan ide bisnis juga telah kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan. Tentu Anda bisa menemukan bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda dan memiliki prospek bisnis yang baik.

Semoga artikel ini mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan ya? Mari mulai langkah awal membangun bisnis Anda. Sukses untuk Anda! Terima Kasih!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.