Digital Marketing??? Yuk Mari Bahas Apa Itu Digital Marketing!!!

Digital Marketing || Kamu sedang mencari tahu apa itu digital marketing? Atau kamu sudah sempat baca sana-sini dan masih belum menemukan pengertian digital marketing yang mudah untuk dipahami? Memang Digital Marketing adalah sebuah istilah yang sering ditemukan di era serba online ini. Karena luasnya cakupan digital marketing, mungkin kamu mengalami sedikit kesulitan untuk belajar digital marketing dengan cara yang efisien.

Dan di era yang serba teknologi seperti saat ini, memudahkan banyak pelaku bisnis untuk mempromosikan usaha mereka melalui internet dengan berbagai cara. Tujuan utama dari penggunaan internet saat ini adalah untuk membantu dalam mendapatkan konsumen secara luas. Digital marketing adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu aktivitas promosi. Dan Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah Digital Marketing.

Konsep dan penerapan Digital Marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.  Dan seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing.

Lalu, sepenting apakah sebuah Digital Marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas.

Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing???

Digital Marketing adalah Kegiatan memasarkan suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan teknologi berbasis digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Sehingga, dengan pemanfaatan digital marketing, mampu menambah cakupan target konsumen yang lebih besar daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Dengan kata lain, pengertian digital marketing dapat juga disimpulkan sebagai bentuk marketing yang melibatkan media komunikasi digital.

Mengapa Digital Marketing Itu Begitu Penting?

Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Jenis-Jenis Digital Marketing

20160711115215 Mobile Business.jpeg

Dibawah Ini Merupakan Beberapa Jenis Pemasaran digital yang sering ditemui, yaitu sebagai berikut:

  • Website

Website adalah salah satu media yang saat ini cukup populer sebagai tempat untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu brand. Dengan menggunakan website, sangat mampu untuk menjangkau target user secara lebih luas dari seluruh penjuru daerah.

Website juga dapat digunakan untuk sarana memperkenalkan profil sebuah perusahaan. Keuntungan dari membuat website sendiri adalah biaya penanganan yang relatif murah tanpa mengeluarkan biaya serta promosi produk yang besar. Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Jenis kedua yang banyak digunakan sekarang adalah Search Engine Marketing. Dimana, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO dan SEM. Untuk SEO sendiri termasuk ke dalam pemasaran digital tanpa mengeluarkan modal yang besar untuk membantu website masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google. Sedangkan, SEM merupakan singkatan dari (Search Engine Marketing) dimana tujuan yang digunakan sama dengan SEO, namun biaya yang harus dikeluarkan juga cukup besar. Karena SEM mengandalkan bantuan iklan untuk setiap klik yang dilakukan user untuk masuk pada website anda.

Baca Juga : Strategi SEO Yang Bisa Anda Gunakan Pada Masa Pandemi Ini

  • Email Marketing

Membuat Toko Online Profesional 1 845x450 1

Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan email sebagai medianya. Kami juga telah membuat sebuah panduan lengkapnya bagi kamu. Pemasaran melalui email dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti cold email, email outreach, dan email newsletter. Strategi ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website anda.

  • Social Media Marketing

SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing. Pemasaran melalui media sosial saat ini menjadi tren yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan. Faktanya, hampir semua kategori demografis dari berbagai usia, pekerjaan, hobi, dan ketertarikan dapat dijangkau di media sosial. Edarkan platform di media sosial  seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

  • Online Advertising

Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

  • Video Marketing

Pada dasarnya, video marketing adalah salah satu cabang digital marketing yang dapat dijalankan di berbagai channel seperti media sosial, website perusahaan, YouTube, bahkan email. Konsumsi konten video di kalangan masyarakat umum yang semakin meningkat dengan adanya media sosial seperti TikTok, Facebook, dan Instagram juga meningkatkan efektivitas video marketing.

Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

  • Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).

Salah satu platform paling populer di kalangan perusahaan untuk beriklan adalah Google Ads. Tentu saja, Google memiliki jaringan layanan yang sangat luas, sehingga pilihan target iklan juga akan lebih lengkap dan akurat.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing adalah kerja sama antara bisnis dengan content creator dengan tujuan utama untuk memasarkan produknya dalam jangka waktu panjang. Influencer marketing saat ini menjadi tren di kalangan bisnis menengah ke atas untuk meningkatkan citra dan penjualan. Jenis digital marketing ini menggabungkan format pemasaran tradisional dan modern.

Dengan menggunakan Influencer, maka mempromosikan produk merupakan hal yang mudah. Sehingga, banyak konsumen yang percaya dengan produk anda karena dorongan dan pengaruh yang besar dari seorang influencer. Contoh Influencer pada era sekarang adalah selebgram dan selebtweet yang memiliki pengaruh di media sosial.

  • Otomitasi Pemasaran

Dan terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan otomatisasi pemasaran. Belajar digital marketing juga dapat dilakukan dengan mulai menyusun alur pekerjaan, seperti menjadwal daftar unggahan konten, melakukan manajemen konten pada media sosial, dan lain – lain. Otomatisasi dapat dilakukan melalui media email, serta berbagai platform media sosial yang ada. Teknik otomatisasi ini juga merupakan bentuk tugas yang dilakukan berulang.

Download Aplikasi Manajemen Usaha Stok Barang dan Penjualan, Klik Disini !!

Manfaat Digital Marketing

software

Berikut merupakan beberapa poin penting mengenai manfaat digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnis anda.

  • Membangun personal dan product branding

Dalam membangun sebuah bisnis maka sangat diperlukan faktor kepercayaan dari pelanggan. Semakin pelanggan atau konsumen percaya terhadap produk anda, maka kredibilitas bisnis anda juga akan meningkat. Membangun personal dan product branding sangat diperlukan pada praktek pemasaran digital saat ini. Personal branding dapat terbentuk dengan membentuk pribadi atau perilaku yang baik dan profesional dalam dunia pekerjaan.

Kemudian, apabila product branding dapat terbentuk jika brand atau merek perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, serta mendapat pengakuan di masyarakat. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kedua hal tersebut adalah dengan menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media yang ada.

  • Menjangkau Target Pemasaran Yang Lebih Luas

Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan online marketing, akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan jasa secara efektif dan efisien.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Tidak memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal. Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa menggunakan biaya yang besar.

Namun, anda juga perlu untuk menerapkan beberapa metode khusus agar strategi bisnis anda memang tepat sasaran dan sesuai dengan target user anda. Lakukanlah riset kompetitor bisnis anda, serta persaingan produk yang ditawarkan kompetitor dengan produk anda. Sehingga, dapat meminimalisir atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.

Jika dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, budget yang diperlukan untuk digital marketing jauh lebih terjangkau dan efisien. Maka dari itu, 40% ahli pemasaran berpendapat bahwa content marketing merupakan salah satu komponen terpenting dalam strategi marketing mereka.

  • Mempermudah Evaluasi Strategi

Salah satu keunggulan terbesar digital marketing jika dibandingkan dengan metode konvensional adalah kemudahan dalam mengevaluasi hasil pemasaran. Kamu dapat memonitor secara langsung banyaknya orang yang dijangkau, rata-rata durasi baca/tonton konten, dan persentase konversi yang dihasilkan.

Dengan adanya data aktual dan akurat, maka kamu dapat mengevaluasi strategi tersebut secara lebih efektif. Kamu dapat menentukan mana saja strategi yang berhasil dan mana yang perlu diperbaiki lagi tanpa perlu menerka-nerka penyebabnya.

  • Membangun Citra Bisnis di Dunia Digital

Sebagian besar perusahaan juga menggunakan digital marketing sebagai sebuah metode untuk membangun karakter atau persona perusahaan mereka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memanusiakan sebuah perusahaan agar pelanggan lebih tertarik untuk berinteraksi, yang tentunya dapat meningkatkan loyalitasnya.

Netflix Indonesia adalah salah satu contoh perusahaan yang menerapkan manfaat digital marketing ini di media sosial mereka.

Kesimpulan

Digital Marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet menggunakan media digital. Tujuan utama dari pemasaran digital yaitu untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Terdapat 6 jenis pemasaran digital yang dapat dilakukan, mulai dari website, online advertising, email , social media, video, dan search engine marketing.

Manfaat digital marketing terbagi menjadi tiga, yaitu dapat membangun personal dan product branding, menjangkau target pasar, dan lebih murah.

Download Aplikasi Manajemen Usaha Stok Barang dan Penjualan, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.