15 Macam Bisnis UKM Yang Menguntungkan Untuk Anda Yang Ingin Memulai Bisnis

Apa Itu UKM?

Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebuah bisnis yang dijalani dengan modal kecil bagi siapapun yang ingin memulai usaha. Hal ini juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan, dan lainnya. Dengan modal kecil, UKM juga bisa dilakukan dari rumah sendiri dulu.

Bidang usaha UKM juga merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini juga menjadi perhatian pemerintahan karena UKM bisa memberikan dampak yang besar bagi pereknomian negara.

UKM juga mampu membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat sekitar. Sehingga sangatlah wajar, bila semakin hari bisnis UKM ini semakin berkembang da diminati banyak orang.

Meskipun begitu, tetap saja masih ada masyarakat yang kebingunangan memilik bidang usaha UKM ini. Alasannya karena takut usaha yang dibuka tidak memberikan prospek yang menjanjikan. Adapula yang tidak pernah berbisnis sehingga tidak mengtahui tata cara dalam hal pemasaran serta berbagai alasan lainnya yang dihadapi.
jika Anda termasuk yang masuk ragu dan belum percaya diri untuk memilih bisnis bidang UKM ini.
Bisnis UKM

Berikut akan kami Jelaskan tentang 15 Bidang usaha UKM yang Menguntungkan Untuk Anda Yang ingin memulai bisnis!!!

Macam-Macam Jenis Usaha UKM

  • Bisnis UKM Makanan Ringan75661 cheetos

Anda bisa menjual aneka keripik, gorengan, kue kering, dan sebagainya. Anda tinggal mencari resep-resepnya di internet dan kreasikan sesuai yang kamu inginkan. Supaya Anda nggak perlu mengeluarkan modal terlalu besar, berjualan di depan rumah kamu bukan ide yang buruk. Apalagi jika rumah kamu berada di pemukiman padat penduduk yang mudah dilihat dan didatangi orang.

  • Bisnis UKM di Bidang Kuliner

Wisata Kuliner Bogor

Bisnis Kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan semua orang. Ragam usaha kuliner yang bisa dikembangkan pun sangat banyak. Anda dapat memulai berbisnis di bidang ini dengan modal awal yang kecil. Untuk sukses, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran.

Semakin unik rasa, nama dan juga penyajiannya biasanya semakin banyak dicari. Kuliner legendaris pun masih bertahan hingga hari ini karena memang memiliki rasa cita yang kuat dan berpotensi mendatangkan pelanggan.

Untuk membuka bisnis kuliner ini bisa dimulai dengan membeli usaha franchise kuliner. Karena perhitungan bahan baku dan persiapan modalnya sudah jelas dan terencana dengan baik. Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah tempat membuka usaha tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

  • Bisnis UKM di Bidang Fashion

strategi bisnis fashion yang efektif

Bisnis Fashion sejak dulu hingga hari ini selalu berkembang dengan baik. Karena fashion ini merupakan kebutuhan utama yang tak pernah lekang oleh waktu. Tentunya bisnis UKM bidang fashion ini menjadi bisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan.

Bila tidak ada tempat untuk memasarkannya pun, saat ini bisa memaarkan secara online. Lewat sosial media seperti Facebook ataupun Instagram dan tekun mempromosikan produk Anda boleh jadi akan mendapatkan keuntungan yang cukup berlimpah.

Bisnis fashion juga berpotensi menghasilkan profit yang besar, terutama pada momen tertentu seperti hari raya. Tren mode yang terus berganti seiring perubahan zaman membuat bisnis ini tidak pernah jalan di tempat. Anda bisa mengembangkan UKM di bagian produksi maupun jual beli produk fashion, baik di toko konvensional, maupun online.

Dan Juga Fashion ala Korea Selatan masih digandrungi beberapa anak muda hingga saat ini, sehingga pakaian ala fashion Korea Selatan selalu laku diborong, terlebih lagi oleh para wanita. Nah pakaian-pakaian ini nggak mahal, jadi kamu bisa gunakan modal kamu yang nggak terlalu besar. Tingginya minat masyarakat untuk fashion ini semakin meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapat keuntungan besar.

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Fashion Yang Efektif dan Cocok Untuk Menigkatkan Penjualan Kamu!

  • Bisnis UKM di Bidang Kecantikan

spa adalah

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Peluangnya pun cukup besar. Supaya sukses, hal yang bisa ditawarkan adalah kualitas layanan dan variasi jasa. Salah satu usaha yang bisa Anda garap salah satunya adalah dalam bidang kecantikan seperti Salon, SPA, menjual peralatan make up, peralatan salon,menjadi penata rias, dan lain sebagainya.

Tentunya bisnis ini akan berkembang, dan dari sekian banyaknya wanita yang memerlukan jasa rias untuk wisuda, pernikahan, dan acara lain sebagainya. Bisnis ini pun akan menjadi hal yang menjanjikan selama wanita memang masih mementingkan penampilan fisiknya.

Artinya, jika Anda yang ingin menekuni bisnis ini tidak perlu ragu lagi. Segera ambil peluang dan jadilah pelopor bidang kecantikan yang bisa membuat orang-orang termotivasi.

  • Bisnis UKM Otomotif

Bengkel sepeda Motor 01

Bisnis UKM bidang otomotif pun perlu Anda pertimbangkan. Karena semakin hari dunia otomotif di Indonesia ini semakin berkembang dengan pesat. Tentunya bila ditekuni bisa mendatangkan prospek yang lebih baik lagi.

Anda bisa memulainya dengan cara membuka jasa cuci kendaraan, jual beli spare part, membuka bengkel mobil atau motor, membuka jasa renta mobil atau motor, dan lain sebagainya. Tentunya bisnis tersebut dibuka sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda untuk mengembangkannya. Bila ditekuni dengan baik, maka lambat laun usaha tersebut akan berubah menjadi usaha dengan prospek yang begitu menjanjikan.

  • Bisnis UKM Tour & Travel

Bali tour operators Bali Travel Ijen tour package Indonesia tour packages Java holiday packages java tour guide Java tour packages Jogja Tour Lombok tour Travel to Indonesia 15

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda geluti adalah bidang tour & travel. Seperti yang diketahui bersama, wisata saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Seiring dengan berjalannya waktu pula, banyak tempat wisata baru yang memang perlu Anda kunjungi.

Bisnis tour & travel sangat potensial, terutama di daerah pariwisata. Anda bisa menawarkan paket tur dengan ekstra fasilitas yang memudahkan wisatawan. Bisnis ini juga mencakup layanan akomodasi, seperti guest house, cottage, villa, losmen, dan sebagainya. Ada pula bisnis oleh-oleh yang menggiurkan, baik makanan maupun produk khas.

  • Bisnis UKM Agribisnis

agribisnis fb

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang agribisnis. Bisnis tersebut meliputi bidang peternakan dan pertanian. Bisnis ini pada umumnya masih digeluti oleh para orang tua, sedikit sekali anak muda yang mau menyentuk sektor ini. Padahal dalam pengembangannya, diperlukan anak mudah yang kerap memiliki ide kreatif serta inovatif.

Adapun dari usaha agribisnis tersebut bisa mendatangkan usaha seperti menjual sayur organik, budidaya tanaman rempah, jual ayam potong, jual telur ayam, usaha ternak sapi, budidaya tanaman obat, dan lain sebagainya.

  • Bisnis UKM Budidaya Tumbuhan

1571895695 jeqe

Tanaman menjadi populer lagi beberapa tahun terakhir, bahkan sudah merambah ke kalangan anak-anak muda. Namun sayangnya penjual tanaman cukup sulit dicari di beberapa daerah. Nah coba Anda cari deh di daerah tempat tinggal Anda, apakah sudah ada penjual tanaman apa belum. Jika belum segeralah budidayakan tanaman yang sedang populer, kemudian Anda jual dengan harga tinggi. Nggak sulit kok membudidayakan tanaman, sekarang sudah banyak tutorial membudidayakan berbagai macam tanam di internet.

  • Bisnis UKM Pendidikan

Anda yang ingin membuka Bisnis UKM dalam bidang pendidikan ini tidak perlu mengeluarkam modal yang besar. Karena kemampuan utama yang diperlukan adalah mengajar.

Bisnis yang dimaksud dalam bidang pendidikan ini adalah membuka les private atau bimbingan belajar. Bisa untuk Anak pra SD yang biasanya membutuhkan les baca dan berhitung. Bisa pula membuka les bahasa asing, les untuk ujian nasional SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi.

  • Bisnis UKM Laundry

laundry cheat sheet open graph

Bisnis UKM selanjtnya adalah Laundry, Jika Anda ingin menjalankan bisnis laundry dengan modal kecil, mungkin Andaharus memanfaatkan rumah kamu agar tidak perlu membayar sewa tempat. Kemudian modalnya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sekarang laundry seperti mesin cuci, setrika, deterjen, pewangi, dan sebagainya. Memang harus mengeluarkan modal cukup besar untuk menjalankan bisnis ini, namun profitnya bisa sangat besar.

  • Bisnis UKM Kerajinan  Tangan

5 Ide Usaha Kerajinan Tangan yang Mudah Dijalanakan

Bisnis UKM berikutnya yang bisa Anda garap adalah dalam bidang produk kerajinan tangan. Kekayaan alam di Indonesia adalah anugerah untuk bisa memanfaatkan kekayaan tersebut menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi sekitar. Selain bernilai manfaat tentu saja produk kerajinan tersebut bisa bernilai ekonomis, apabila Anda bisa mengelola bahan baku yang ada menjadi produk kreatif serta mampu memasarkannya dengan baik. ini menjadi peluang besar!

Adapun produk kerajinan tangan tersebut bisa berupa tas dari anyaman bambu, bros, celengan, boneka, jepit rambut, sarung, kain, dan lain sebagainya. Ragam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi. Keunggulannya terletak pada keunikan dan sisi artistiknya. Ada banyak peluang usaha kecil dan menengah di bidang ini, mulai dari membuat produk fesyen hingga aksesori dan ornamen untuk rumah.

Namun hari ini, Anda bisa memasarkannya lewat toko online dengan membuka akun di market place atau media sosial. Dengan semakin dikenalnya produk kreatif yang Anda buat, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda peroleh.

  • Bisnis UKM Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi juga nggak kalah laku, apalagi angka kenaikan bayi di Indonesia bisa mencapai 4 juta per tahunnya. Ini membuktikan bahwa angka kelahiran masih sangat tinggi dan banyak para ibu yang membutuhkan perlengkapan bayi. Anda juga bisa menjual pakaian, popok, makanan, alat makan, stroller, dan kebutuhan lainnya. Akibat pertumbuhan bayi yang cukup pesat, maka pakaian bayi akan sering dibeli.

  • Bisnis UKM Aksesoris Handphone

Aksesoris handphone selalu menjadi barang populer di berbagai marketplace, bahkan angka penjualannya sangat fantastis setiap harinya. Jangan khawatir soal modal, karena aksesoris handphone memiliki harga yang cukup terjangkau. Andabisa menjual kabel charger, pelindung layar, dan, casing yang lucu-lucu untuk para wanita. Semua barang-barang tadi memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa kamu beli secara grosir, jadi bisa Anda jual kembali dan mengambil keuntungan.

  • Bisnis UKM Dropshipper

Perbedaan Reseller dan Dropshipper

Menjadi dropshipper bisa Anda lakukan hampir tanpa memerlukan modal, karena Anda hanya perlu membelikan barang yang dipesan pelanggan kamu kepada supplier. Sehingga keuntungannya pun juga tidak sebesar menjadi reseller. Namun jika Anda memiliki modal, bisnis reseller akan lebih menguntungkan. Nah supaya untung, kedua bisnis ini harus Anda lakukan secara online, karena tidak memerlukan biaya operasional yang harus ditanggung. Manfaatkan marketplace sebagai tempat Anda berjualan, jangan lupa juga untuk gunakan layanan pengiriman Anteraja supaya pelanggan Anda puas dengan pengiriman yang cepat dan akurat.

Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper, Mana Yang Kamu Pilih ?

  • Bisnis UKM Event Organizer

Anda juga bisa menggeluti bisnis event organizer dalam skala kecil hingga menengah jika modal tak seberapa. Ada banyak contoh yang bisa dicoba, seperti menyelenggarakan acara ulang tahun, anniversary, pernikahan, dan sebagainya.

Kesimpulan

Apapun bisnis UKM yang Anda buka, yang terpenting adalah menekuninya dan jangan berputus asa. Yakinlah, bahwa setiap usaha yang dijalankan apabila diawali niat yang baik akan mendatangkan keuntungan yang memang adil dan terbaik bagi Anda.

Download Aplikasi Kasir Toko UMKM, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.