Pengertian Cyber Security Di Kehidupan Yang Serba Modern

Cyber Security

Pendahuluan

Di era yang serba digital ini, Cyber Security merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi sebuah sistem dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusaknya.

Beberapa tahun terakhir istilah Cyber Security makin sering terdengar. Menurut Google Trends, penelusuran akan cyber security memiliki tren yang terus meningkat di dunia dalam lima tahun terakhir. Begitu pula di Indonesia, meski khusus Indonesia, puncaknya adalah pada kuartal pertama tahun 2019 lalu. Namun, apa sebenarnya Cyber Security atau keamanan siber ini?

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu cyber security?

Pertama mari kita mulai dari pengertian Cyber Security. Yuk Simak Baik-Baik!!!

Pengertian Cyber Security

Cyber Security adalah praktik melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan dunia maya. Serangan cyber ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif.

Tujuan Cyber Security adalah untuk mencegah atau mengurangi kerusakan dari serangan dunia maya, dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi yang tidak sah.

Kenapa Cyber Security Itu Sangat Penting?

Cyber security sangatlah penting karena smartphone, komputer, dan internet sekarang menjadi bagian mendasar dari kehidupan modern, sehingga sulit membayangkan bagaimana kita akan berfungsi tanpa mereka. Mulai dari perbankan online dan belanja, hingga email dan media sosial, lebih penting daripada sebelumnya.

Dengan adanya sistem Cyber Security yang kuat kita dapat melindungi semua perangkat yang  kita gunakan dan layanan yang  kita akses baik online maupun di tempat kerja dari upaya jahat yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab dengan tujuan untuk merusak atau menghancurkan sebuah sistem.

cyber security

Manfaat Cyber Security Yang Harus Kita Ketahui!

Dari penjelasan di atas, mungkin kamu sudah tahu bahwa manfaat utama dari cyber security adalah untuk melindungi sistem dan segala sesuatu yang bersifat digital dari cyber attacks.

Dan ternyata, perlindungan tersebut dapat sangat bermanfaat bagi bisnismu, lho.

cybersecurity dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Informasi Pribadi Terjaga

Manfaat paling utama tentu saja untuk menjaga informasi pribadi. Di era yang serba digital ini, informasi pribadi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan rentan untuk disalahgunakan. Jika virus berhasil mengambil informasi pegawai atau bahkan pelanggan, bisa jadi informasi-informasi tersebut diperjualbelikan. Informasi yang didapatkan secara ilegal tersebut juga bisa saja disalahgunakan untuk melakukan pemerasan ke orang yang terkait.

  • Peningkatan Lebih Dalam Hal Produktivitas

Virus dan Cyber Attack dapat sangat memengaruhi produktivitasmu, lho. Virus dapat memperlambat komputer untuk merayapi, dan membuat pekerjaan menjadi terhambat. Namun, jika menggunakan solusi cyber security, semua pegawai di kantor dapat melakukan browsing di internet dengan bebas tanpa takut terkena ancaman.

Baca Juga : Inilah Cara Meningkatkan Bisnis Dari Skala Kecil ke Skala Yang Besar

  • Memastikan Sebuah Bisnis Aman & Terpercaya

Jika kalian dapat membuktikan bahwa bisnis kalian dilindungi secara efektif terhadap semua jenis pelanggaran dunia maya, kalian dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kalian terhadap bisnis yang kalian buat dengan menjaga data pribadi mereka tetap aman dan terjaga.

Baca Juga : Perlu Anda Perhatikan! Beberapa Resiko Dalam Menjalankan Bisnis Secara Online

  • Memastikan Website Dapat Selalu Diakses

Bisnis apapun yang Kamu jalani, biasanya memiliki Website sendiri. Jika sistem terkena virus atau ancaman lainnya, besar kemungkinan Website terpaksa mengalami Shutdown atau Terpaksa Dimatikan. Ketika hal tersebut terjadi, tim IT membutuhkan waktu untuk memulihkan website, dan bisnismu terpaksa kehilangan pelanggan yang ingin membuka website di saat yang bersamaan. 

Sehingga Dalam jangka panjang, pelanggan akan berpikir dua kali jika ingin melakukan transaksi di Bisnismu karena kejadian tersebut.

  • Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, terkena ancaman Cyber bisa membahayakan bagi keberlangsungan bisnismu. Jika kamu memastikan keamanan Cyber Security dan semua sistem yang digunakan, manfaatnya adalah pengguna akan lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasamu.

Dan bila pelanggan tahu pernah terjadi penerobosan sistem, mereka akan takut memasukkan data pribadi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Baca Juga : 7 cara mengatasi komplain pelanggan Agar Usahamu Lebih Maju!

Jenis-Jenis Cyber Security Yang Umum Diketahui

  • Network Security

Untuk melindungi lalu lintas jaringan dengan mengendalikan koneksi masuk dan keluar untuk mencegah ancaman memasuki atau menyebar di jaringan.

  • Data Loss Prevention (DLP)

Untuk melindungi data dengan berfokus pada lokasi, klasifikasi, dan pemantauan informasi saat istirahat, digunakan, dan dalam gerakan.

  • Cloud Security

Untuk memberikan perlindungan pada data yang digunakan dalam layanan dan aplikasi berbasis cloud.

  • Intrusion Detection Systems (IDS) / Intrusion Prevention Systems (IPS)

Berfungsi untuk mengidentifikasi aktivitas cyber yang berpotensi memusuhi.

  • Identity and Access Management (IAM)

Menggunakan layanan otentikasi untuk membatasi dan melacak akses karyawan untuk melindungi sistem internal dari entitas jahat.

  • Enkripsi

Merupakan proses penyandian data untuk membuatnya tidak dapat dipahami, dan sering digunakan selama transfer data untuk mencegah pencurian dalam perjalanan.

  • Antivirus / Anti-malware

Memindai sistem komputer untuk mengetahui ancaman yang diketahui. Solusi modern bahkan dapat mendeteksi ancaman yang sebelumnya tidak diketahui berdasarkan perilaku mereka.

Beberapa Elemen Yang Ada Di Cyber Securty

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa elemen dari Cyber Security. Elemen-elemen ini sangat dibutuhkan, terutama untuk memastikan bahwa Cyber Security sudah benar-benar aman.

Beberapa elemen Cyber Security antara lain adalah:

  • Application Security
  • Information security
  • Network security
  • Disaster recovery/business continuity planning
  • Operational security
  • End-user education

Keenam elemen ini sangat penting untuk dipastikan guna memastikan keamanan Cyber Security secara keseluruhan. Mengapa begitu?

Karena di zaman yang serba canggih ini, risiko terkena ancaman digital terus meningkat. Jenis-jenis ancamannya pun semakin beragam.  Maka dari itu, penting untuk melindungi sistem bahkan dari risiko terkecil sekalipun.

Jenis-Jenis Ancaman Cyber Yang Umum Diketahui

belajar menggunakan cmd

Ada banyak jenis ancaman dunia maya yang dapat menyerang perangkat dan jaringan kalian, tetapi mereka umumnya masuk dalam tiga kategori. Kategori tersebut adalah serangan terhadap kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan.

Dan dibawah ini merupakan beberapa jenis ancaman cyber yang diketahui:

  • Social Engineering

Social Engineering merupakan sejenis serangan terhadap kerahasiaan, adalah proses memanipulasi orang secara psikologis untuk melakukan tindakan atau memberikan informasi. Serangan phishing adalah bentuk paling umum dari social engineering. Serangan phishing biasanya datang dalam bentuk email yang menipu dengan tujuan menipu penerima untuk memberikan informasi pribadi.

APT (Advanced Persistent Threat), merupakan sejenis serangan terhadap integritas, di mana pengguna yang tidak sah menyusup ke jaringan tanpa terdeteksi dan tetap berada di jaringan untuk waktu yang lama. Maksud dari APT adalah untuk mencuri data dan tidak merusak jaringan. APT sering terjadi di sektor-sektor dengan informasi bernilai tinggi, seperti pertahanan nasional, manufaktur, dan industri keuangan.

  • Malware

Malware atau perangkat lunak berbahaya, adalah jenis serangan terhadap ketersediaan. Ini mengacu pada perangkat lunak yang dirancang untuk mendapatkan akses ke atau merusak komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya. Malware dapat melakukan segalanya mulai dari mencuri informasi login kalian dan menggunakan komputer kalian untuk mengirim spam, hingga crash sistem komputer kalian. Beberapa jenis malware yang umum termasuk spyware, keyloggers, true virus, dan worm.

  • Ransomware

Ransomware Merupakan bentuk lain dari perangkat lunak berbahaya, juga merupakan jenis serangan terhadap ketersediaan. Tujuannya adalah untuk mengunci dan mengenkripsi data komputer atau perangkat kalian yang pada dasarnya menahan file kalian dan kemudian meminta uang tebusan untuk memulihkan akses. Seorang korban biasanya harus membayar uang tebusan dalam waktu yang ditentukan atau berisiko kehilangan akses ke informasi selamanya. Jenis ransomware yang umum termasuk crypto malware, lockers and scareware.

  • Phishing

Ancaman Cyber Security yang terakhir adalah Phishing. Phishing merupakan bentuk penipuan yang biasanya hadir melalui email. Penipu akan mengirimkan email menggunakan alamat yang mirip dengan sumber terpercaya. Meskipun begitu, terdapat satu atau dua huruf berbeda yang biasanya tidak terlihat secara kasat mata. Penipuan ini bertujuan untuk mencuri data sensitif seperti nomor keamanan kartu kredit (CVC), password, dan informasi penting lainnya. Jadi, jika mendapatkan email yang mewajibkan kamu untuk memasukkan data sensitif, selalu pastikan kembali kredibilitas pengirim email tersebut.

Kesimpulan

Jadi Cyber Security adalah praktik melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan jahat. Dengan pertahanan dunia maya yang terus berkembang, maka akan ada ancaman keamanan dunia maya dengan perangkat lunak berbahaya dan bahaya lainnya yang mengambil bentuk baru.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu Cyber Security, manfaatnya untuk bisnis, dan juga jenis-jenis ancaman yang harus diwaspadai.  Setelah mengetahui betapa pentingnya Cyber Security, semoga kamu semakin sadar dengan bahaya yang bisa saja mengancam sistem komputermu.

Download Aplikasi Android Untuk Mempermudah Manajemen usaha Kamu, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.