Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Marketing Communication

Marketing Communication

Marketing Communication terdiri dari dua istilah, yaitu pemasaran dan komunikasi. Sebelum kita mempelajari lebih dalam mengenai marketing communication, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang pemasaran dan komunikasi secara terpisah.

  1. Pemasaran terdiri dari kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk. Untuk melakukan ini, mereka dapat memilih berbagai metode seperti periklanan, riset pasar, menulis email kepada mereka, menggunakan strategi pemasaran influencer, menerapkan desain grafis yang bisa menarik perhatian, slogan atau frasa yang menarik, dan lain sebagainya. Tujuan utama pemasaran adalah untuk menarik perhatian pelanggan potensial dengan menggunakan berbagai teknik promosi.
  2. Sementara istilah kedua, komwunikasi adalah tindakan berbagi atau bertukar informasi dari satu entitas ke entitas lain menggunakan beberapa jenis media seperti menulis, berbicara, dan lainnya. Komunikasi dapat terjadi antara dua pihak atau lebih karena komunikasi tidak lengkap tanpa adanya satu pihak lainnya.

Marketing communication dapat didefinisikan sebagai penggunaan berbagai saluran komunikasi seperti media cetak, radio, televisi, e-mail, acara, brosur, dan lainnya untuk memenuhi tujuan pemasaran. Ada berbagai metode komunikasi pemasaran yang bisa dipilih.

A. Apa Sih Marketing Communication Itu?

marketing

Marketing Communication dapat didefinisikan sebagai metodologi dan taktik yang diadopsi oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan kreatif kepada pelanggan mereka yang sudah ada dan calon pelanggan untuk menawarkan produk dan layanan mereka. Komunikasi pesan yang dilakukan bersifat langsung atau tidak langsung dengan maksud untuk membujuk pelanggan agar melakukan pembelian produk dan layanan tertentu.

Berbagai saluran dan platform komunikasi pemasaran meliputi promosi Google, iklan cetak, iklan televisi, pemasaran media sosial, pelatihan PR, blogging, pemasaran konten, dan partisipasi dalam pameran.

Baca Juga: Pengaruh transformasi digital terhadap bisnis

Download Aplikasi Kasir Toko Klik Disini !!

B. tugas seorang Yang Melakukan Marketing Communication?

1. Marketing Communication harus pandai dalam melakukan promosi

Seorang  Marketing  Communication adalah mereka yang harus pandai dalam proses promosi suatu produk perusahaan. Ini merupakan aktivitas penjualan produk dan sifatnya bisa jangka panjang atau pendek tergantung pada kebutuhan perusahaan serta strategi yang sudah dibuat.

Proses promosi produk perusahaan tak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Seorang marcom biasanya memiliki skill persentasi yang tinggi sehingga promosi yang dilakukan diharapkan bisa memberikan efek positif untuk perusahaan.

2. Mengiklankan produk

Ini sama halnya seperti promosi namun bedanya adalah dalam bentuk representasi pada produknya yang tidak diiklankan secara langsung, melainkan menggunakan media yang ada, seperti social media facebook, instagram dan yang lainnya

Seorang Marketing Communication harus mampu mengiklankan produk suatu perusahaan dengan baik,  bisa menggunakan dengan pendekatan soft selling maupun hard selling.

3. Memasarkan produk secara langsung

Selain mengiklankan produk seorang marketing communication juga harus mempunyai database email para pelanggan. Bagaimanapun database akan sangat penting untuk melaksanakan strategi marketing dan menjalankan tugas sebagai seorang marcom. Anda bisa melakukan pemasaran secara langsung lewat database yang ada, seperti email atau menelepon secara langsung untuk menawarkan produk perusahaan.

4. Bernegosiasi secara langsung

Seorang marketing communication adalah orang yang harus bisa melakukan proses negosiasi secara langsung alias tatap muka dengan para pembeli. Saat negosiasi, jangan sampai Anda malah kebingungan apa yang harus dilakukan. Inilah kenapa banyak perusahaan yang selalu memberikan pelatihan sebelum karyawan baru turun ke lapangan agar bisa membiasakan diri saat akan bernegosiasi secara langsung.

Saat bernegosiasi secara langsung seorang marketing communication (marcom ) harus mampu menjelaskan segala keunggulan produk perusahaan dari kompetitor dan meyakinkan calon konsumen untuk menggunakan produk yang di pasarkan, Disinilah skill komunikasi marcom di uji secara langsung.

5. Berhubungan dengan baik dan tidak memutus hubungan dengan pihak lain

Marketing Communication harus bisa dekat dengan masyarakat atau pun instansi tertentu. Jangan sampai hubungan yang pernah terjalin dengan baik malah putus karena sudah tidak bekerja sama kembali. Bagaimana pun nantinya Anda akan membutuhkan pihak lain untuk proses promosi produk Anda sehingga hubungan yang baik akan sangat membantu sekali.

Itulah beberapa tugas marketing communication dalam suatu perusahaan. Pekerjaan yang dianggap vital ini tidak akan terlalu menyeramkan bila Anda sudah memiliki skill kemampuan persentasi yang baik.

Baca Juga: Betapa Pentingnya Dalam Menentukan Target Pasar Didunia Bisnis

C. Mengapa Marketing Communication Sangat Penting?

Menerapkan marketing communication berarti mengupayakan strategi pemasaran dalam jangka panjang. Berbeda dengan konsep marketing lain, marketing communication baru akan memperlihatkan hasil dalam waktu yang lama.

  1. Hal pertama yang membuat marketing communication penting adalah menciptakan brand awareness untuk masyarakat. Ini berlaku untuk perusahaan baru maupun yang sudah lama berdiri.
  2. Kedua, marketing communication atau komunikasi pemasaran berperan sebagai pengubah persepsi masyarakat. Hal tersebut dilakukan karena terkadang, kesalahpahaman sering terjadi di masyarakat terkait sebuah produk atau jasa dari sebuah perusahaan.
  3. Tujuan ketiga dari metode ini adalah memotivasi pembeli untuk membeli lagi. Ini biasanya dilakukan melalui iklan persuasif, yang menekankan manfaat yang lebih besar pada produk atau jasa yang dijual ketimbang kompetitor.

Kamu juga bisa mengajak orang untuk mencoba produkmu lewat strategi komunikasi pemasaran yang baik. Uji coba gratis atau sampel produk umum diterapkan untuk membujuk pelanggan agar mau mencoba sebuah produk untuk pertama kalinya. Tujuan hal ini adalah untuk membuat masyarakat tahu produk.

Strategi ini dilakukan oleh raksasa layanan streaming musik, Spotify. Untuk menciptakan pembelian, Spotify menawarkan uji coba gratis selama 30 hari. Setelah berakhirnya uji coba gratis, mereka menawarkan biaya berlangganan dengan beragam penawaran.

D. Jenis-Jenis Strategi Yang ada di Marketing Communication?

Yuk Intip 4 Macam Strategi Dari Integrated Marketing Communication

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran mendefinisikan seluruh rangkaian kegiatan yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda. Ini mencakup semuanya, mulai dari pemasaran berbayar hingga hubungan media (PR).

Setiap strategi marketing communication terpadu (IMC) harus memiliki tiga prinsip panduan sebagai berikut:

  • Brand alignment

Saluran pemasaran apa pun yang Anda pilih harus memiliki persepsi yang sama dengan brand Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu lari, bangun hubungan dengan jurnalis dari majalah olahraga, bukan dengan mereka yang menulis di rubrik otomotif.

  • Customer alignment

Ikuti aturan tertua dalam pemasaran–’hadirlah di tempat pelanggan Anda sudah berada’. Pilih saluran di mana konsumen Anda sudah aktif. Jika Anda menargetkan generasi milenial yang lebih muda, Anda harus beriklan di platform media sosial seperti Instagram, bukan Facebook, dan tentu saja bukan di TV.

  • Budget alignment

Pilih saluran pemasaran yang sesuai dengan anggaran Anda. Jika Anda tidak memiliki anggaran, Anda bisa mencetak iklan brosur dan menempelkannya di tempat yang strategis. Akan tetapi, mungkin Anda bisa mendapatkan press mention gratis di situs web tertentu dengan menghubungi para jurnalis.

Rencana pemasaran perusahaan besar mana pun akan memiliki beberapa kampanye di beberapa saluran secara bersamaan. Kombinasi dari semua saluran ini– PPC, media sosial, iklan di TV, cetak, radio, dan lainnya– disebut “bauran pemasaran” dari strategi marketing communication Anda.

Namun, bisnis yang lebih kecil biasanya berpegang pada satu atau dua saluran pemasaran untuk menjangkau target pelanggan mereka. Jika tidak, Anda berisiko untuk menghabiskan anggaran dan fokus Anda.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Kerja Reseller

Download Aplikasi Kasir Toko Klik Disini !!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.