7 Strategi SEO Untuk Yang Wajib Dilakukan Untuk Meningkatkan Pengunjung Website WordPress Anda

Strategi SEO

SEO atau Search engine optimization adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengoptimalisasi mesin pencari. Ada banyak sekali Strategi SEO yang bisa diterapkan agar konten yang Anda unggah ke internet bisa ditemukan oleh orang yang membutuhkannya.

Jika dengan membidik kata kunci tertentu, lalu kata kunci tersebut bisa ditemukan di halaman pertama mesin pencari, baik Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya, tentu saja bisa meningkatkan traffic menuju website Anda.

Download Aplikasi Kasir Toko Full Version, Klik Disini !!

Berikut adalah 7 Strategi SEO untuk meningkatkan Pengunjung Website WordPress

1. Manfaatkan Google Analytic dan Google Webmaster Tools

Langkah pertama dalam setiap proses SEO adalah melakukan audit apa yang Anda miliki saat ini. Untuk bisa melakukan audit dengan baik.

Anda memerlukan dua alat penting yang sebenarnya telah disiapkan oleh Google, yaitu Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Dengan kedua alat ini, Anda akan memiliki data-data yang dibutuhkan demi meningkatkan performa website.

Buka situs web Anda dan baca setiap halaman. Ikuti setiap tautan dan tulis kesalahan apa pun yang mencolok, seperti halaman atau gambar rusak, tata bahasa yang buruk, atau informasi kedaluwarsa. Selanjutnya, lakukan perbaikan untuk kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Menggunakan kedua tools tadi, Anda juga bisa mempelajari halaman mana saja yang lebih banyak dikunjungi dan mana yang sedikit pengunjung. Bahkan Anda bisa mengetahui halaman mana yang telah mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari dengan traffic organic yang lebih banyak dibandingkan dari traffic iklan.

Halaman yang memiliki banyak pengunjung organik sangat bagus untuk dikembangkan lebih lanjut serta bisa menjadi salah satu strategi SEO yang akan mendongkrak traffic website Anda secara keseluruhan jika dioptimasi dengan optimal.

Baca Juga: Pengertian Cyber Security Di Kehidupan Yang Serba Modern

2.  Mengatur Atau Menentukan Lokasi Bisnis

Bisnis yang dipercaya adalah bisnis yang jelas keberadaannya. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pengaturan lokasi bisnis, atau bisa pula disebut local advertising, yang Anda jalankan.

Dalam pengoptimalkan SEO pada website, lokasi bisnis yang tercantum dengan jelas di website dan mudah ditemukan di peta online juga sangat membantu mendatangkan pengunjung ke website Anda. Jika memiliki toko secara offline, hal ini juga dapat mendatangkan lebih banyak orang untuk berbelanja di toko Anda.

Untuk itu, mulailah mendaftarkan bisnis Anda di Google Map, Google My Business, dan platform pendaftaran lokasi bisnis lainnya. Hubungkan semuanya ke website bisnis Anda sehingga calon pelanggan maupun pelanggan tetap bisa menemukan Anda dengan mudah. Jangan lupa, lakukan pula pengaturan lokasi ini di seluruh akun media sosial yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara mendapatkan investor untuk startup

3.  Meninjau Kembali Strategi Kata Kunci

Alih-alih membuang banyak waktu untuk meningkatkan peringkat Anda dengan kata kunci volume tinggi, namun dengan tingkat persaingan yang tinggi pula, alangkah lebih baik kalau Anda melakukan pengaturan ulang untuk kata kunci yang lebih baik.

Maksudnya, jika dengan menggunakan dua atau tiga kata kunci (short tail keywordwebsite Anda sulit ditemukan, mulailah menerapkan long tail keyword atau kata kunci yang lebih panjang, yang peluangnya jauh lebih tinggi untuk meningkatkan traffic website.

Meninjau kembali strategi kata kunci yang dibidik merupakan salah satu tips SEO yang saat ini mulai banyak digemari kalangan praktisi SEO, mengingat angka persaingan jauh lebih kecil, tetapi peluang untuk mendapatkan posisi di mesin pencari jelas jauh lebih baik.

Baca Juga; Strategi SEO Yang Bisa Anda Gunakan Pada Masa Pandemi Ini

4.  Membangun Internal Link yang Kuat

Bayangkan kalau website Anda adalah suatu kota. Setiap rumah, tempat, bahkan orang-orang yang berada di dalam kota harusnya bisa terhubung dengan mudah sehingga dibangunlah jalan yang saling terhubung dan sambung-menyambung.

Dengan begitu, pergerakan dari satu tempat ke tempat lainnya di dalam kota itu menjadi dinamis, lebih mudah, dan tentu saja kota tersebut bisa berkembang lebih cepat.

Gambaran mengenai kota tadi bisa menjadi analogi yang baik bagi website Anda. Setiap halaman di website Anda sebaiknya terhubung satu dengan yang lainnya. Jadi, ketika ada pengunjung yang datang ke satu halaman, ia bisa dengan mudah berpindah ke halaman berikutnya karena ada navigasi yang diatur sedemikian rupa.

Bahkan dengan pengaturan yang baik, satu pengunjung bisa sekaligus mengunjungi beberapa halaman.

Agar seluruh halaman di dalam website Anda bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya, Anda perlu menerapkan strategi membangun internal link yang kuat.

Namun ingat, dalam upaya menghubungkan tiap-tiap halaman itu haruslah mempertimbangkan pula relevansi antar halaman sehingga pengunjung dan robot di mesin pencari tak jadi kebingungan.

5. Tingkatkan Kecepatan Akses Website

Strategi SEO. Kecepatan adalah aspek yang dapat secara signifikan mempengaruhi posisi website Anda di search engine. Bayangkan jika website Anda tampil dengan loading cukup lama. Kemungkinan besar, pengunjung akan segera meninggalkan website Anda tanpa basa-basi.

Hal ini tentu berimbas buruk pada konversi dan reputasi website Anda. Jangankan meningkatkan jumlah pelanggan, pengunjung yang sekedar melihat-lihat pun bisa kabur dan malah menuju website lain.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memperbarui versi WordPress, menghapus plugin yang tidak berguna, optimasi database, hingga memilih tema yang tepat.

6. Hindari Broken Link

Strategi SEO Google selalu mengutamakan konten berkualitas. Salah satu indikasinya adalah website Anda terbebas dari broken link.

Broken link bisa jadi sangat menjengkelkan. Bayangkan Anda berkunjung ke suatu website untuk mendapatkan informasi namun malah menemukan halaman Error 404.

Mengecewakan, bukan? Tidakkah Anda ingin cepat-cepat berpindah ke website lain yang menyediakan informasi serupa? Inilah yang juga dirasakan oleh para pengunjung ketika menemukan halaman 404 di website Anda.

Halaman 404 juga dapat mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari Google. Bagaimana bisa? Ketika Google mengindeks halaman website Anda, mereka akan melakukan berbagai macam penilaian termasuk konten dan kata kunci. Adanya halaman 404 akan membuat Google memberikan penilaian buruk, yang berakibat pada sulit munculnya website Anda di mesin pencari.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya Anda tidak perlu mencari satu per satu secara manual. Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools. Instal dan gunakan tool ini untuk memperoleh link mana saja yang harus Anda perbaiki.

7. Konten Berkualitas di Website WordPress

Strategi SEO Content is kingIni adalah aturan utama apabila Anda ingin sukses di dunia online. Apapun yang ingin Anda lakukan, konten harus selalu nomor satu.

Google sangat menyukai website dengan konten berkualitas. Anda dapat melihatnya sendiri, hasil pencarian yang muncul di peringkat atas pasti memiliki konten yang baik dan relevan dengan kata kunci.

Misalkan seorang pelanggan mengetikkan kata kunci “domain gratis” di Google. Jika website Anda memiliki konten yang baik dibandingkan entri lain di mesin pencari, website Andalah yang akan direkomendasikan Google di peringkat pertama, dan bukan yang lain.

Konten bukanlah satu-satunya hal perlu dioptimasi agar website Anda memiliki performa yang baik di mesin pencari. Ada banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Pembahasan Artikel Ini Yang mengenai 7 Strategi SEO Untuk Yang Wajib Dilakukan Untuk Meningkatkan Pengunjung Website WordPress. Pada pembahasan kali ini hanyalah sebagian kecil dari ribuan tips SEO yang bisa Anda pelajari dan terapkan.

Download Aplikasi Kasir Toko Full Version, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.