Cara Mengembangkan Bisnis Kue Sederhana dan Mudah Digunakan

Cara mengembangkan bisnis kue Memulai bisnis kue menjadi salah satu bidang yang patut untuk dipertimbangkan. Mengingat segmen pasar ini tidak pernah sepi pengunjung. Berbagai tindakan dan persiapan harus dilakukan demi berjalannya bisnis tersebut. Setiap langkah sangat menentukan kesuksesan Anda. Pastikan Anda melakukan setiap strategi dengan benar sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Cara Mengembangkan Bisnis Kue

Berikut Cara Mengembangkan Bisnis Kue :

  • Perencanaan yang matang

Saat memulai bisnis apapun, kita membutuhkan perencanaan yang matang, termasuk untuk kamu para pemula yang ingin memulai bisnis kue rumahan. Walau skala kecil, kamu harus mempunyai persiapan dari A sampai Z sebelum menjalaninya. Perencanaan yang matang bisa mengantisipasi berbagai rintangan saat kamu menjalaninya.

Selain itu, kamu harus memiliki minat dan passion sehingga jika ada hambatan saat menjalankan usaha, kamu tidak merasa bosan atau menyerah, tetapi kamu tetap bisa bertahan.

  • Persiapan modal 

Buat rincian modal sedetail mungkin. Untuk membuka usaha ini bukan hanya modal uang segar saja, tapi dibutuhkan keterampilan membuat kue rumahan yang enak dan menarik.

Modal dibutuhkan untuk membeli peralatan, bahan kue yang berkualitas serta tenaga kerja atau karyawan. Walaupun bisnismu masih skala kecil perlu dipikirkan jika bisnis yang dijalankan berkembang dan produksinya meningkat.

  • Pemilihan bahan baku 

Apapun kue yang kamu jual bisa laris kalau kamu bisa menghasilkan rasa dan tampilan kue yang menarik. Rasa dan tampilan kue ditentukan oleh pemilihan bahan baku. Gunakan bahan baku pilihan untuk menghasilkan kue premium yang mengedepankan kualitas.

Delisari menyediakan berbagai bahan baku kue premium kualitas terbaik mulai dari cokelat, keju, premix, hingga kacang-kacangan.

  • Mengkreasikan resep 

Walaupun usaha kue rumahan, kamu perlu resep untuk menentukan identitas dan kualitas kue yang akan dijual. Kamu bisa cari resep dari buku atau internet seputar resep kue basah hingga resep kue kering.

Dari referensi tersebut bisa dikembangkan sesuai kreatifitasmu. Ingat untuk mencatat kreasi resep kue andalanmu dengan rapi untuk dokumentasi, bisa saja kamu lupa dengan takarannya, sehingga kamu bisa lihat di catatan yang kamu tulis.

  • Kreatif menciptakan rasa dan bentuk 

Tetap berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan bisnis kue rumahan. Kreativitas sangat diperlukan dalam mengembangkan rasa dan bentuk kue yang kamu jual.

Kamu bisa menghadirkan produk yang berbeda dari kompetitor agar konsumen tertarik untuk mencoba dan punya pilihan berbagai rasa dan bentuk kue yang ditawarkan.

  • Tetapkan harga yang kompetitif

Tentukan harga jual sesuai modal yang dikeluarkan. Jika terlalu murah menetapkan harga kue bisa-bisa rugi. Tapi jika terlalu mahal, produk kue mu tidak akan diterima masyarakat.

Cara menetapkan harga bisa dengan menghitung bahan apa saja yang digunakan, peralatan, perlengkapan yang dipakai, biaya tenaga kerja dan biaya lain yang dikeluarkan saat proses produksi. Setelah diketahui biaya yang dikeluarkan, kita bisa menghitung berapa besar keuntungan yang kita inginkan.

  • Strategi promosi dan pemasaran

Cara menjual kue lewat online adalah strategi promosi yang mudah dilakukan. Kesuksesan dan kegagalan dalam berbisnis bisa tergantung cara kamu melakukan promosi dan pemasaran. Saat ini promosi bisa dilakukan offline dan online yang lebih terukur dan lebih mudah di praktekan.

Untuk promosi dan pemasaran secara online pastikan menggunakan foto atau design kue yang menarik untuk di share ke media sosialmu. Atau jika ingin melakukan promosi melalui offline bisa membuat brosur lalu disebar ke masyarakat sekitar, dan ikut pameran kuliner.

Lakukan strategi promosi secara bertahap. Kamu bisa menawarkan diskon berkala, buy one get one, dan memberikan produk tester saat meluncurkan varian kue baru.

Coba Gratis SOFTWARE KASIR TOKO Kue KLIK DISINI !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.