7 Cara Merintis Usaha Toko Alat Masak Dapur Umum

Cara Mengembangkan Usaha Toko Alat MasakMemulai usaha toko alat masak menjadi salah satu bidang yang patut untuk dipertimbangkan. Mengingat segmen usaha toko alat masak ini juga ramai pengunjung. Berbagai tindakan dan persiapan harus dilakukan demi berjalannya usaha tersebut. Setiap langkah sangat menentukan kesuksesan Anda. Pastikan Anda melakukan setiap strategi dengan benar sehingga usaha anda bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar.

usaha toko alat masak

Berikut adalah Cara Mengembangkan Usaha Toko Alat Masak :

  • Awali dengan riset pasar

Banyaknya variasi produk alat masak seringkali membuat Anda bingung untuk menentukan produk yang akan dijual. Untuk memudahkan pengambilan keputusan, Anda harus melakukan riset tentang produk apa yang paling sering dicari dan diperbincangkan oleh para pembeli. Selain itu, Anda juga dapat melihat penjualan terbanyak pada marketplace sebagai acuan referensi Anda dalam menentukan produk yang akan dijual.

  • Lokasi usaha

Bila kita membuka usaha toko alat masak dengan skala besar sebaiknya mencari lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan raya dan memiliki area yang luas. Karena dalam skala besar Anda akan membutuhkan tempat yang luas untuk menempatkan barang jualan Anda serta tempat untuk proses keluar masuk barang dagangan. Jika memadai dapat juga disediakan lahan parkir untuk parkir pengunjung yang singgah ke tempat usaha Anda. Jika skala kecil atau sedang kita bisa mencari lokasi di dekat pasar, dalam pasar atau dalam pertokoan

  • Supplier

Mencari pemasok barang dalam suatu bisnis sangatlah penting, karena akan menentukan harga jual usaha toko alat masak Anda. Usahakan anda mencari supplier termurah tapi tetap dengan kualitas yang baik atau bisa langsung ke pabrik, pembuat atau pengrajin produk-produk rumah tangga. Jika memungkinkan usahakan juga dengan sistem pembayaran yang bertenggang waktu atau sistem konsinyasi yang akan meringankan Anda dalam hal modal.

  • Pemasaran yang baik

Disamping Anda berusaha keras menjualkan barang perabot rumah tangga secara langsung, Anda juga dituntut untuk berjualan online karena minat orang dalam belanja online semakin tinggi di dunia modern ini.

Anda dapat menawarkan barang melalui media sosial seperti facebook, instagram website, atau media online lainnya. Terbukti ini sanggup menaikkan penjualan usaha yang Anda miliki. Hal lain yang dapat dilakukan dalam pemasaran produk Anda dengan membuat brosur, menunjukkan ke restoran-restoran, depot, cafe, perkantoran di sekeliling tempat usaha Anda.

  • Dengarkan keluhan konsumen

Ketika banyak pelanggan yang mempertanyakan suatu produk yang tidak ada di toko, maka Anda harus mengikuti permintaan produk tersebut. Tetapi, Anda tidak perlu menyediakan barang tersebut terlalu banyak, asal kebutuhan pelanggan terpenuhi dan pelayanan terhadap konsumen selalu baik.

  • Promosi Usaha

Meskipun usaha Anda sudah memiliki pelanggan tetap, Anda diharuskan memperhatikan layanan purna jual yang dilakukan secara terus-menerus dengan cara menggabungkan layanan tersebut sekaligus melakukan promosi.

  • Ajak Pembeli untuk memberi ulasan

Setelah pesanan dinyatakan sampai ke alamat pembeli, minta pembeli untuk memberikan review terkait produk dan pelayanan usaha toko alat masak Anda. Review ini bisa Anda jadikan masukan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

Untuk menjalankan usaha ini, sebaiknya Anda memilih produk yang berkualitas tapi tetap dengan harga yang terjangkau oleh konsumen. Karena konsumen khususnya ibu rumah tangga, akan lebih kritis dalam memilih produk dan selalu membandingkan harga toko Anda dengan tempat lain.

ITBrainPos-TheToko

Coba Gratis SOFTWARE Toko Alat Masak KLIK DISINI !!

Berikut Fitur Penting yang ada di Software Toko dalam Cara Mengembangkan Usaha Toko Alat Masak :

  • Menu Barang – digunakan untuk mendata barang yang akan diperjual-belikan.
  • Menu Pelanggan – digunakan untuk mendata pelanggan.
  • Menu Suplier – digunakan untuk mendata suplier.
  • Menu Pembelian – digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan kepada suplier.
  • Menu Penjualan – digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang kepada konsumen. Bisa cetak nota penjualan (cetak struk penjualan). Desain cetakan bisa dipilih sesuai model yang menarik menurut anda.
  • Cashflow – arus kas – digunakan untuk menampung data aliran kas di usaha toko alat masak anda.
  • Biaya – digunakan untuk mendata biaya-biaya yang timbul di usaha toko alat masak anda. Seperti biaya listrik, biaya kebersihan dan lain sebagainnya untuk keperluan jalannya operasional usaha toko alat masak anda.

Coba Gratis SOFTWARE Toko Alat Masak KLIK DISINI !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.