9 Cara Mengembangkan Usaha Toko Bunga (Flowers)

Cara Mengembangkan Usaha Toko BungaMemulai usaha toko bunga menjadi salah satu bidang yang patut untuk dipertimbangkan. Mengingat segmen usaha toko bunga ini juga ramai pengunjung. Berbagai tindakan dan persiapan harus dilakukan demi berjalannya usaha tersebut. Setiap langkah sangat menentukan kesuksesan Anda. Pastikan Anda melakukan setiap strategi dengan benar sehingga usaha anda bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Usaha Toko Bunga

Berikut adalah Cara Mengembangkan Usaha Toko bunga :

  • Menentukan Lokasi Usaha Toko Bunga

Menentukan dimana Anda akan membuka bisnis florist Anda merupakan hal pertama harus dilakukan. Pemilihan tempat yang strategis sangat diperlukan agar toko bunga Anda mudah ditemukan oleh konsumen.

Misalnya di tempat-tempat yang ramai seperti di dekat jalan raya, pusat kota, atau di sekitar universitas. Hal tersebut akan memungkinkan orang-orang yang berlalu-lalang dapat melihat bunga yang akan Anda pajang.

Pusat kota dan daerah yang dekat dengan universitas merupakan tempatnya berbagai macam acara seperti wisuda, pernikahan, dan juga seminar yang tentunya dapat menjadi target pasar anda.

  • Siapkan Modal Usaha Toko Bunga

Menyiapkan modal atau anggaran untuk memulai bisnis merupakan suatu hal yang sangat krusial dan sering menjadi momok yang menakutkan bagi pembisnis yang akan memulai usaha toko bunga. Oleh karena itu, pembuatan rencana anggaran sangat diperlukan untuk mempermudah perhitungan Anda mulai dari kebutuhan yang perlu disiapkan, keuntungan, sampai bagaimana nantinya bisnis akan dikembangkan.

Nah bagi Anda yang masih dan baru ingin memulai bisnis florist ini, Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Perkirakan saja dengan modal 1 juta saja Anda bisa membuka bisnis florist. Tentu saja, dengan modal yang tidak terlalu besar maka Anda harus lebih kreatif dalam mengembangkan bisnis anda.

Dengan demikian bisnis akan berjalan dengan lancar, pelayanan ke konsumen baik, sehingga banyak untung yang akan Anda dapatkan yang dapat digunakan untuk mengembangkan toko bunga anda.

  • Pahami Jenis-Jenis Bunga untuk Dijual di Toko Bunga

Sebagai pembisnis bunga, berarti Anda juga harus paham akan jenis-jenis bunga yang akan Anda jual. Anda harus pandai mengkreasikan bermacam-macam bunga dalam segala kondisi sebab bunga juga merupakan tanaman musiman. Posisi tersebut membuat Anda dituntut untuk mempelajari karakteristik dari bermacam-macam jenis bunga.

Dengan begitu, Anda akan bisa menentukan perkiraan jangkaun pengiriman bunga sehingga risiko bunga layu sebelum sampai tujuan tidak akan terjadi. Oh iya, akan lebih baik lagi jika bukan hanya bunga lokal yang Anda pelajari, namun juga bunga import. Sebab saat ini peminat akan bunga-bunga import mulai menggeliat loh, dan pastinya jangan sampai Anda melewatkan peluang tersebut.

  • Pahami Cara Merangkai Bunga yang Baik dan Menarik

Meskipun Anda mempunyai karyawan khusus untuk merangkai bunga, alangkah baiknya jika Anda juga mempunyai keterampilan merangkai bunga. Anda bisa belajar secara otodidak melalui buku maupun video-video tutorial. Atau kalau perlu, Anda bisa mengikuti kelas merangkai bunga.

Kalau Anda merupakan orang yang sudah bisa merangkai bunga, tinggal kembangkan kemampuan Anda dalam membuat inovasi rangkaian bunga baru. Tujuannya tidak lain adalah agar tidak terlihat kaku dan rangkaian bunga yang dilhasilkan tidak “gitu-gitu saja”.

  • Mencari Distributor untuk Usaha Toko Bunga

Seorang pembisnis haruslah mempunyai jaringan yang luas untuk mengembangkan usahanya. Dalam hal bisnis florist, maka Anda perlu bekerjasama dengan pemasok atau distributor bunga. Tanpa adanya pemasok, bagaimana bisnis Anda dapat berjalan? Tidak mungkin juga Anda harus memproduksi bunga-bunga tersebut secara mandiri dengan menanamnya sendiri. Sangat tidak efisien dan membutuhkan waktu yang lama bukan? Mulailah mencari pemasok bunga untuk usaha anda. Eits, tentu Anda harus sangat selektif dalam mencari pemasok bunga.

Carilah pemasok yang menyediakan bunga dengan kualitas yang baik sebab kualitas bunga yang kurang baik akan menimbulkan dampak pada bisnis anda. Disamping kualitasnya yang baik, carilah pemasok yang menawarkan harga terjangkau untuk Anda sebagai pemula. Jika sudah menemukan distributor yang sesuai, Anda bisa menjadikannya mitra dan menjalin bekerjasama dengan baik. Bisa saja, dengan begitu Anda akan mendapat kemudahan atau potongan harga dari bunga yang Anda pesan.

  • Perlengkapan Bisnis Usaha Toko Bunga

Ketika semuanya sudah selesai Anda siapkan, maka mulailah mencari perlengkapan yang akan mendukung bisnis di toko bunga anda. Peralatan yang perlu Anda siapkan antara lain seperti alat perangkai bunga, tempat untuk menyimpan bunga, alat pemotong, dan tak kalah pentingnya yaitu kendaraan untuk mengantarkan pesanan. Jika Anda belum mempunyai kendaraan khusus untuk pengantaran, Anda bisa menggunakan motor atau mobil Anda pribadi untuk mengantar pesanan.

  • Menyusun Strategi Bisnis Toko Bunga

Sebagus apapun konsep bisnis yang Anda ingin jalankan, tidak ada jaminan akan berhasil jika tidak ada strategi yang Anda susun. Strategi ini meliputi bagaimana Anda akan mempromosikan bisnis anda. Berikut beberapa strategi khusus yang bisa Anda coba lakukan.

  • Promosi secara Online

Di zaman yang semakin maju dan semakin canggih ini, rasanya mustahil jika Anda masih merasa bingung untuk mempromosikannya. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Penggunaan instagram dan website dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan karangan bunga Anda kepada masyarakat luas, bahkan masyarakat luar juga bisa.

Unggahlah foto karangan bunga tercantik Anda ke media sosial dengan mencantumkan informasi mengenai harga, kontak, serta lokasi usaha Anda agar pembeli dapat dengan mudah melakukan pemesanan. Cara ini sangat cocok untuk pelanggan yang sibuk dan tidak mempunyai cukup waktu untuk datang secara langsung ke toko.

  • Tetap Berusaha Hingga Sukses

Pencapaian sukses dalam berwirausaha toko bunga yang bermula dari nol adalah bisa mencapai target yang sudah diinginkan sejak awal, yaitu usaha toko bunga yang dijalani dapat berkembang dengan pesat. Namun, untuk mencapainya tidaklah mudah, butuh proses yang sangat panjang. Tetaplah berusaha, banyak belajar, tekun pada setiap prosesnya serta diiringi doa, pasti Anda akan berhasil.

ITBrainPos-TheToko

Coba Gratis SOFTWARE Usaha Toko Bunga KLIK DISINI !!

Berikut Fitur Penting yang ada di dalam Software Toko Untuk Mengembangkan Usaha Toko Bunga :

  • Menu Barang – digunakan untuk mendata barang yang akan diperjual-belikan.
  • Menu Pelanggan – digunakan untuk mendata pelanggan.
  • Menu Suplier – digunakan untuk mendata suplier.
  • Menu Pembelian – digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan kepada suplier.
  • Menu Penjualan – digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang kepada konsumen. Bisa cetak nota penjualan (cetak struk penjualan). Desain cetakan bisa dipilih sesuai model yang menarik menurut anda.
  • Cashflow – arus kas – digunakan untuk menampung data aliran kas di usaha toko bunga anda.
  • Biaya – digunakan untuk mendata biaya-biaya yang timbul di usaha toko bunga anda. Seperti biaya listrik, biaya kebersihan dan lain sebagainnya untuk keperluan jalannya operasional usaha toko bunga anda.

Coba Gratis SOFTWARE Usaha Toko Bunga KLIK DISINI !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.