7 Tips Ekspor Produk Untuk Pemula

Tips Ekspor Produk Untuk Pemula – Di era globalisasi saat ini mengekspor produk keluar negeri bukan merupakan sesuatu yang sulit. Sudah banyak pebisnis lokal yang melebarkan sayapnya dengan menjual produk mereka ke negara lain. Banyak kemudahan yang diberikan oleh pemerintah agar bisnis ekspor bisa berjalan lancar.

Karena mudahnya informasi yang bisa didapatkan dari berbagai sumber khususnya internet maka belajar bisnis ekspor bukanlah perkara yang sulit dilakukan. Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa untuk memasarkan produk ekspor ke negara lain, bahkan dengan kuantiti yang sedikit. Karena itulah banyak pebisnis dengan modal kecil di Indonesia mulai berbondong-bondong menjajaki market luar negeri. Contoh bisnis ekspor modal kecil yang sering ditemukan adalah ekspor produk kerajinan tangan.

Apalagi di era pasar bebas ini pemerintah Indonesia sangat mendorong agar pelaku usaha lokal go to internasional. Cukup banyak kebijakan pemerintah dalam menunjang kemudahan melakukan bisnis ekspor kepada pelaku usaha kecil, menengah maupun perusahaan besar. Secara  ekonomi, tujuan pemerintah adalah  membuat neraca perdagangan atau neraca ekspor-impor menjadi positif yaitu nilai ekspor surplus atau lebih besar dari nilai impor dalam suatu periode tertentu.

Lantas, jika ada seorang pebisnis yang mau mencoba memasarkan produknya keluar negeri apa yang harus dilakukan? Berikut adalah tips untuk menjalankan bisnis ekspor bagi pemula.

Apa yang Dimaksud dengan Ekspor?

Ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan suatu barang dari daerah pabean. Daerah pabean adalah suatu daerah milik Republik Indonesia yang terdiri dari wilayah darat, perairan, dan udara, yang juga mencakup seluruh daerah tertentu yang berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif.

READ  10 Keunggulan Software Toko “Point Of Sales” ITBrainIndonesia

Jadi secara sederhana, ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan produk barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan tetap memenuhi standar peraturan dan ketentuan yang ada.

Aktivitas ini umumnya dikerjakan oleh suatu negara jika negara tersebut mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah yang cukup besar dan jumlah produk barang tersebut ternyata sudah terpenuhi di dalam negeri, sehingga bisa dikirimkan ke negara yang memang tidak mampu memproduksi barang tersebut atau karena jumlah produksinya tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat negara tujuan.

Download Aplikasi Kasir Coba Gratis Klik Disini !!

Tujuan dan Manfaat Ekspor

  1. Menumbuhkan Industri Dalam NegeriTips Ekspor Produk Untuk Pemula

Ekspor adalah suatu aktivitas perdagangan dalam ruang lingkup internasional yang dilakukan untuk memberikan suatu rangsangan atas suatu permintaan dari dalam negeri, sehingga mampu melahirkan industri-industri lain yang lebih besar.

Meningkatnya permintaan ekspor pada suatu produk akan berimbas langsung pada perkembangan industri dalam suatu negara. Sehingga, hal tersebut akan mampu melahirkan suatu iklim usaha yang lebih kondusif. Selain itu, suatu negara juga nantinya akan mampu membiasakan dirinya untuk bisa bersaing dalam pasar internasional dan juga akan lebih terlatih dengan persaingan yang ketat jika melakukan perdagangan internasional.

  1. Mengendalikan Harga ProdukTips Ekspor Produk Untuk Pemula

Kegiatan ekspor pada suatu negara akan membuat negara tersebut mampu memanfaatkan over kapasitas pada suatu produk. Sehingga, negara tersebut akan mampu mengendalikan harga produk ekspor yang terjadi di negaranya.

Kenapa? Karena saat suatu produk mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah, maka produk dalam negeri tersebut pasti akan memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu, negara harus melakukan ekspor ke negara lain yang lebih membutuhkan produk tersebut agar negara mampu mengendalikan harga di pasar.

  1. Menambah Devisa NegaraTips Ekspor Produk Untuk Pemula

Aktivitas ekspor pastinya akan memberikan dampak yang positif untuk perkembangan ekonomi pada suatu negara. Manfaat dari adanya kegiatan ekspor adalah demi membuka peluang pasar baru di luar negeri sebagai upaya menumbuhkan investasi, perluasan pasar domestik, serta meningkatkan devisa pada suatu negara.

READ  Bisnis Ternak Cacing Omzet Hingga Ratusan Juta

tips ekspor produk untuk pemula

  1. Memilih dan Menetapkan Produk untuk Negara Tujuan

Pertama kali yang harus Anda lakukan ketika akan membangun bisnis ekspor adalah dengan melakukan penetapan produk dan negara tujuan ekspor. Dengan cara ini, selanjutnya Anda dapat lebih fokus mengembangkan teknik penjualan dan pemasaran. Informasi tentang tren bisnis ekspor hingga kebutuhan masyarakat luar negeri bisa didapatkan dengan melakukan survey di internet atau forum bisnis.

  1. Melengkapi Legalitas Usaha

Dalam kegiatan bisnis ekspor sangat penting untuk memiliki legalitas usaha. Persiapkan mulai dari SIUP, NPWP, Nomor Induk Kepabeanan, TDP, dan sejenisnya. Dokumen ini sangat penting karena menyangkut proses administrasi bisnis antar negara. Sebagus apapun produk Anda tidak akan diterima secara resmi di suatu negara jika tidak memiliki legalitas usaha. Nomor Induk Kepabeanan bisa Anda dapatkan dengan mendatangi Kantor Bea Cukai.

  1. Menyiapkan Dokumen Ekspor

Ketika legalitas usaha sudah lengkap, selanjutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen ekspor. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses administrasi ketika produk Anda akan masuk ke negara tujuan. Dokumen ekspor yang harus Anda siapkan di antaranya adala invoicepacking list, dan  bill of landing.

  1. Membuat dan Mendaftarkan Website Bisnis ke Portal Internasional

Guna memudahkan pembeli untuk mengakses produk Anda, sebaiknya buat website bisnis dan katalog online. Anda bisa mencantumkan semua informasi produk mulai dari deskripsi, harga, hingga contact person. Beberapa platform bisnis dapat Anda kunjungi untuk mempromosikan bisnis, seperti www.alibaba.com atau www.portal.co.id. Anda dituntut untuk cekatan menemukan forum online bertemunya para eksportir dan importir.

  1. Manfaatkan Fasilitas Pemerintah

Dalam rangka mendukung bisnis lokal bisa go to internasional, pemerintah Indonesia dan pihak swasta telah menyediakan berbagai fasilitas bisnis. Khususnya bisa digunakan oleh eksportir pemula. Melalui www.djpen.kemendag.go.id, Anda bisa melihat perwakilan perdagangan dari Direktorat Pengembangnan Ekspor Nasional yang ada di lima benua. Jangan lupa untuk memanfaatkan pameran-pameran internasional yang difasilitasi oleh pemerintah Indonesia. Contohnya adalah Trade Expo Indonesia.

  1. Manfaatkan Media Sosial sebagai Pemasaran Online Berkelanjutan

Sebagai bisnis yang berjalan tingkat internasional, Anda dapat memantau hubungan dengan konsumen melalui media sosial. Dengan akses internet yang tidak terbatas, bisnis Anda dapat dikenal lebih luas lagi oleh konsumen di belahan bumi lainnya. Buat konsumen lebih percaya pada bisnis Anda dengan melakukan komunikasi dan pemasaran lewat sosial media bisnis. Contohnya adalah instagram, LinkedIn, Facebook, dan beberapa media sosial lainnya yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

  1. Andalkan Software Akuntansi Online untuk Mengelola Keuangan

Di era teknologi informasi ini, penggunaan software-software aplikasi, terutama dalam hal keuangan tentunya sangat diperlukan, terutama jika Anda benar-benar mengharapkan data-data yang akurat serta kemudahan kerja bagi para karyawan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan menggunakan atau mengisntall software keuangan di PC kantor ataupun organisasi yang sedang Anda jalani.

READ  Peluang Usaha Toko Bangunan Yang Menjanjikan

Kami merekomendasikan software dari Itbbrain.com

            Software Akuntansi Ini Lebih Mudah Digunakan

Keuntungan lain mengenai software keuangan adalah terkait kemudahan dalam pengoperasiannya. Tentu saja, hampir semua orang dapat melakukan atau mengoperasikan software ini tanpa meluangkan waktu terlalu banyak untuk mempelajarinya. Selain itu, tutorial yang tersedia juga memungkinkan Anda untuk lebih mudah menggunakan software ini untuk pertama kali tanpa harus khawatir melakukan terlalu banyak kesalahan. Hal lain yang mempermudah pekerjaan Anda adalah terkait dengan tersedianya bahasa-bahasa tertentu, misalnya Bahasa Indonesia. Dengan adanya Bahasa Indonesia, tentunya orang awam sekalipun akan dapat dengan mudah menggunakan aplikasi software ini.

Banyak sekali kemudahan yang didapatkan di dalam aplikasi ini, Jika Anda berminat dengan Software Kasir Keuangan ini kunjungi dan ikuti Cara Pembeliannya dan segera hubungi Kontak Kami.

Download Aplikasi Kasir Coba Gratis Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.