Apa Website Toko Online

Mungkin tidak asing ketika ada yang mengucapkan kalimat “Belanja Online”. Ya, belanja online sangatlah sering dilakukan oleh masyarakat ketika mereka tidak bisa menemukan barang yang mereka inginkan di toko sekitar mereka ataupun ketika mereka tidak memiliki waktu untuk keluar membeli barang yang disebutkan. Untuk traksaksi pembayaran, kita bisa membayarnya melalui supermarket atau melakukan transfer dari bank. Beberapa contoh dari toko online yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk belanja online adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Nah kalau begitu apa pengertian dari belanja online dan toko online sendiri? Belanja online adalah bentuk komunikasi baru, tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, computer , ataupun handphone tersambung dengan layanan akses internet. Sedangkan toko online sendiri adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik ( E -Commerce ) digunakan kegiatan transaksi penjual ke penjual atau penjual ke konsumen.

Website toko online sendiri pun terbagi menjadi 2, yaitu marketplace dan juga e-commerce. Lantas apakah perbedaan keduanya? Disini saya akan menjelaskan tentang marketplace karena di artikel sebelumnya tentang e-commerce.

Ingin Buat Website Toko Online Milik Sendiri ? Klik Coba Gratis Disini!!

Marketplace adalah sebuah Website Toko Online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Sebenarnya, online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah. Transaksinya memang diatur oleh marketplace itu sendiri. Kemudian setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli. Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Banyak yang menggambarkan online marketplace seperti department store.

Apa Website Toko Online

Nah marketplace ini juga memiliki berbagai macam jenisnya sama seperti dengan e-commerce. Berikut adalah jenis-jenis dari marketplace diantaranya adalah :

  1. Marketplace murni

Kerjasama marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Penjual yang melakukan kerjasama marketplace diberikan keleluasaan lebih banyak dibandingkan kerjasama konsinyasi. Penjual berkewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Selain itu, penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli. Jadi, sebelum melakukan pembayaran, pembeli dapat melakukan penawaran harga kepada penjual. Setelah mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang disediakan marketplace. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah Shopee (Singapura), Lazada (Singapura), JD.ID (Tiongkok), Amazon (Amerika Serikat) dan Rakuten (Jepang).

  1. Marketplace Konsiyasi

Jenis kerjasama yang kedua adalah konsinyasi, atau istilah mudahnya adalah titip barang. Jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, ia hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace. Pihak situs marketplace akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama sebelumnya, di jenis kerjasama ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena semua alur transaksi ditangani oleh situs marketplace. Perbedaan mendasarnya terletak pada tanggung jawab penjual dan alur transaksinya. Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sedangkan kerjasama konsinyasi semua alur transaksi langsung ditangani situs marketplace.

Ingin Buat Website Toko Online Milik Sendiri ? Klik Coba Gratis Disini!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.