Manajemen Strategi : Fungsi, Tujuan, Dan Manfaatnya Dalam Bisnis

fungsi management strategi

Fungsi manajemen strategi tak lain dan tak bukan supaya dapat mengontrol jalan nya bisnis anda. Dalam mencapai tujuan bisnis dibutuhkan keterampilan dan kesabaran yang tinggi dan dibutuhkan sebuah perencanaan yang sangat matang. Maka dari itu, sebuah perusahaan atau anda yang sedang menjalankan bisnis sangat memerlukan sekali penerapan manajement strategi. Penerapan ini supaya dapat memastikan agar jalan nya perusahaan dan keputusan – keputusan yang diambil dapat selaras dengan visi maupun misi yang ada pada perusahaan.

Dikarenakan peran nya yang sangat penting sekali di dalam bidang bisnis atau usaha, pengetahuan tentang manajement strategi merupakan aspek yang krusial. Di dalam perusahaan – perusahaan besar bisasanya sudah terdapat atau sudah terkait dengan system ini. Nah, Untuk saat ini mari kita bahas terlebih dahulu apa itu manajement strategi.

Devinisi Manajemen Strategi

Manajement System mempunyai kaitan erat sekali dengan upaya dalam mencapai tujuan sebuah perusahaan. Keberadaan nya dapat menjadi panduan dalam mengantisipasi ketika terdapat gangguan, baik didalam (internal) ataupun diluar (eksternal), yang dapat berdampak pada aktivitas bisnis perusahaan anda. Selanjutnya, penerapan strategic management dapat menjadi panduan dalam setiap tindakan atau pengambilan keputusan karyawan.

Penerapan ini dapat meliputi banyak aspek, termasuk di antara nya adalah penilaian struktur internal perusahaan, analisis strategi yang kompetitor, evaluasi strategi, ataupun memastikan bahwa implementasi strategi perusahaan berlangsung dengan baik. Pelaksanaan nya berlangsung secara terus – menerus sehingga dapat denga mampu memberikan ke efisiensi operasional bisnis yang lebih baik dan efisien, market share tinggi dan juga dapat mendorong tingkat profit perusahaan.

Baca juga : 6 Cara Berpikir Seperti Entrepreneur Agar Sukses Dalam Berbisnis

Dan juga Manajemen Strategi dapat didefinisikan sebagai ilmu dalam penyusunan, penerapan dan pengevaluasian untuk keputusan fungsional yang bisa memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya. Pengertian lainnya adalah suatu proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara melaksanakannya yang dirancang oleh pemimpin kemudian diterapkan oleh semua jajaran yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai target atau sasarannya yang telah ditentukan.

Akan tetapi Menurut Thomas Wheelen dkk, Manajemen Strategi adalah serangkaian dari pada keputusan manajerial dan kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/implementasi dan evaluasi.

Fungsi Manajemen Strategi

Manajemen Strategi

  1. Keteraturan bisnis

Strategic management juga dapat memastikan kalau setiap divisi dalam perusahaan mampu melakukan sinergi dengan baik. Setiap pengambilan keputusan dilakukan dengan mempertimbangkan pandangan dari setiap divisi. Selanjutnya, divisi-divisi dalam perusahaan mampu bekerja sama dengan baik dalam mencapai tujuan organisasi.

  1. Dapat Mewujudkan visi dan misi perusahaan

Setiap perusahaan punya visi dan misi yang merupakan esensi utama dari keberadaan bisnis. Dengan adanya strategic management, visi dan misi tidak sekadar menjadi pajangan. Namun, perusahaan dapat merumuskan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan dan diimplementasikan untuk mencapainya.

  1. Fokus pada brand positioning perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai brand positioning tersendiri di mata konsumen. Penerapan strategic management dapat membantu mempertahankan dan sekaligus memperkuat positioning merek perusahaan. Hal ini dapat dicapai karena setiap strategi yang diterapkan harus selaras dengan citra brand.

  1. Perencanaan dan koreksi

Manajemen strategis merupakan panduan yang memastikan bahwa perusahaan menjalankan aktivitas bisnisnya pada jalur yang tepat. Tanpa adanya strategic management, perusahaan bakal mengalami kesulitan dalam proses perencanaan. Demikian pula ketika terdapat kesalahan yang kemudian berakibat fatal.

  1. Fokus pada brand positioning perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai brand positioning tersendiri di mata konsumen. Penerapan strategic management dapat membantu mempertahankan dan sekaligus memperkuat positioning merek perusahaan. Hal ini dapat dicapai karena setiap strategi yang diterapkan harus selaras dengan citra brand.

Tujuan dari Manajemen Strategi

Selain itu Manajemen Strategi juga memiliki tujuan. Contoh nya seperti agar dapat mencapai tujuan yang ada pada perusahaan tersebut sebab manajement strategi dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan dan keberadaan formulasi tindakan yang jelas di dalamnya dapat menjadi panduan agar perusahaan bisa fokus pada tujuan.

Baca juga : Download Aplikasi Akuntansi Sederhana Gratis | ITBrain Indonesia

Akan tetapi menurut Suwandiyanto, menajement strategi itu berjtujuan untuk Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi / perusahaan, Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak, Mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata dan juga berhubungan dengan baik atau efisiensi dan efektivitas. Tujuan lain nya juga seperti yang ada dibawah ini :

  • Untuk menjalankan dan mengevaluasi strategi yang telah dipilih secara efektif dan secara efisien.
  • Untuk mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, malakukan penyesuaian dan menkoreksi jika terdapat kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.
  • Untuk memperbaharui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkambangan lingkungan eksternal.
  • Untuk meninjau kembali dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisnis yang ada.
  • Untuk dapat melakukan inovasi atas produk atau barang supaya sesuai dengan selera dari konsumen.

Serta penerapan Manajemen Strategi dapat membantu masa depan perusahaan. Kalau manajer mempraktikkan strategic management secara konsisten, mereka bisa lebih memahami tren dan tantangan bisnis di masa depan. Selanjutnya, mereka pun dapat melakukan langkah-langkah antisipasi yang sesuai. Demikianlah pentingnya penerapan manajemen strategi dalam sebuah bisnis. Agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, perusahaan perlu memiliki basis data yang akurat.

Baca juga : 2 Metode Perhitungan Stok Persediaan

Dan juga Penerapan manajement strategi dalam perusahaan dapat membantu operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu bisnis berkembang jadi lebih besar. Dengan Adanya strategic management juga dapat mendorong keselarasan dari setiap divisi dalam perusahaan itu sendiri. Pencapaian ini bisa didapatkan karena strategic management menekankan pentingnya komunikasi dan implementasi tujuan bisnis dengan mempertimbangkan sudut pandang yang lebih luas.

Yang terakhir kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dari manajement strategi.

Manfaat Manajemen Strategi

  • Dapat menghasilkan keputusan terbaik
  • Dapat mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.
  • Dapat memperbaiki pengertian pegawai atas penghargaan produktivitas dalam setiap perencanaan strategi.
  • Dapat membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal.
  • Dapat mencegah timbulnya masalah yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan serta dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadapi masalah.
  • Membuat perusahaan dapat melaksanakan semua aktivitas operasional secara lebih efisien dan efektif.
  • Dapat membuat perusahaan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
  • Membuat perusahaan lebih profitable.
  • Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju.
  • Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi.
  • Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
  • Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko.
  • Aktifitas pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya masalah di masa datang.
  • Keterlibatan anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap pelaksanaannya.
  • Aktifitas yang tumpang tindih akan dikurang

Download Aplikasi Manajemen Stok Barang dan Penjualan. Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.