13 Langkah Mengatur Uang Saat Berbisnis Agar Bisnis Berkembang !

Mengatur uang saat berbisnis – Tidak ada siapapun di dunia ini yang menginginkan bisnisnya rugi. Untuk mencegah agar bisnisnya mengalami kerugian, perlu sekali mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Di artikel ini akan dibahas manfaat mengatur keuangan untuk bisnis bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan agar bisnisnya tidak rugi. Simak sampai selesai.

Manfaat Mengatur uang saat berbisnis

Dalam bisnis penting sekali untuk mengatur keuangan. Secara tidak langsung, mengatur keuangan ketika berbisnis akan menghindarkan bisnis dari kerugian dan mungkin kebangkrutan. Mengatur keuangan ketika berbisnis juga bisa memberikan banyak manfaat.

Salah satunya adalah agar dapat menjaga arus kas dan mempersiapkan struktur modal. Keluar masuknya uang kas perusahaan harus terus dipantau karena berkaitan erat dengan pemasukan dan pengeluaran. Di dalam uang kas juga terdapat modal yang harus dikeluarkan ketika melakukan produksi atau operasi.

Sehingga dengan Anda mengatur keuangan secara cermat, tentu dapat menjaga agar arus kas tidak menjadi minus yang berakibat pada kerugian. Secara tidak langsung pula, menjaga arus kas juga dapat memaksimalkan keuangan dan keuntungan perusahaan.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini !!! <<<

Cara mengatur Uang saat berbisnis

Seperti yang dibahas sebelumnya, mengatur uang saat berbisnis tidak sekedar mencegah agar mengalami kerugian saja. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari mengatur uang saat berbisnis

Lalu bagaimana mengatur keuangan bisnis yang baik? Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan untuk bisnis sehingga arus keuangan tetap sehat.

  1. Lacak Semua Biaya dengan Detail

Hal yang sangat penting dalam mengatur keuangan dalam berbisnis adalah melacak semua biaya pengeluaran dan mengelola pembukuan dengan benar.

READ  10 Tips Mengembangkan Bisnis Franchise

Sangat penting untuk menyimpan semua bukti dari pendapatan maupun pengeluaran yang terjadi selama berbisnis. Untuk membantu melakukannya, bisa menggunakan berbagai software akuntansi atau menyewa jasa akuntan yang baik.

  1. Membuat Proyeksi Keuangan

Membuat proyeksi keuangan atas apa yang akan terjadi merupakan hal yang sangat penting dari cara mengatur keuangan dalam bisnis. Caranya bisa dengan membuat pos-pos rencana pengeluaran untuk satu periode ke depan.

Dengan begitu akan didapatkan berbagai prioritas keuangan dalam satu periode tertentu. Sehingga dapat mengantisipasi dan menghindari pengeluaran tidak terduga di luar rencana.

  1. Langsung Urus Faktur

Faktur menjadi elemen yang penting ketika melakukan bisnis. Satu-satunya hal yang harus dilakukan terhadap faktur adalah dengan langsung mengurusnya. Segera kirimkan faktur setelah melakukan pengiriman barang. Sebaliknya juga, segera tindak lanjuti faktur bila mendapatkan kiriman dari vendor.

Untuk faktur yang dikirim, siapkan template untuk mengecek bila pembayaran sudah dilakukan. Sementara untuk faktur yang diterima, jangan lupa untuk mengecek kesesuaian dengan nomor PO dari perusahaan.

  1. Pisahkan Akun Pribadi dan Bisnis

Hal terpenting dari cara mengatur keuangan untuk bisnis adalah dengan memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Memisahkan akun pribadi dan akun bisnis akan memudahkan dalam pelacakan arus kas perusahaan.

Sehingga dapat diketahui mana saja pengeluaran atau pemasukan yang didapatkan untuk urusan pribadi atau urusan bisnis.

  1. Melacak Pinjaman Pribadi untuk Bisnis

Setelah memisahkan akun pribadi dan bisnis, lakukan juga pelacakan terhadap pinjaman pribadi untuk bisnis. Maksudnya adalah melakukan pengecekan terhadap keuangan pribadi yang dikeluarkan untuk keperluan bisnis. Jangan sampai uang pribadi yang tercampur ke dalam bisnis tidak dikembalikan dan malah menyusahkan diri sendiri.

  1. Bayar Tagihan Terlebih Dulu

Adanya tagihan tidak berarti akan membuat keuntungan yang didapatkan berkurang. Terutama bila tagihan tersebut berkaitan dengan operasional bisnis, artinya tagihan tersebutlah yang membuat bisnis dapat beroperasi. Namun, begitu tagihan diterima, segera bayar tagihan tersebut tanpa menunggu waktu lama agar tidak terlupa dan malah membuat tagihan menumpuk semakin banyak.

  1. Tetap Hemat

Tetap berhemat meski sudah memiliki penghasilan dari bisnis yang dijalankan adalah sebuah cara mengatur keuangan yang sangat baik. Penghasilan yang didapatkan dari bisnis tentu tidak selalu lancar setiap bulannya. Oleh sebab itu, menahan diri dengan tetap berhemat bisa menjadi cara yang bagus untuk berjaga-jaga bila mengalami masalah keuangan di masa depan.

  1. Minimalisasi Biaya Perjalanan

Melakukan perjalanan pergi ke luar kota tidak ada salahnya, apalagi bila dalam hal berurusan dengan bisnis. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tetap menjaga biaya perjalanan seminimal mungkin.

READ  Kumpulan Beberapa Quote Inovasi Tentang Bisnis Agar Anda Dapat Bangkit

Hal ini sejalan dengan menjaga agar tetap hemat demi kesehatan keuangan bisnis. Atur perjalanan dengan baik, sewa akomodasi yang nyaman tapi tetap hemat, akan membuat perjalanan bisnis mengeluarkan sedikit biaya.

Atau solusi terbaik menggunakan aplikasi komunikasi daring yang sedang marak akhir akhir ini seperti Zoom, Google Meet, atau Skype yang memudahkan Anda untuk melakukan interaksi dimanapun dan kapanpun Anda mau tanpa batasan jarak

  1. Berhati-hati Saat Membuka Cabang

Membuka cabang di tempat lain memang sangat menggiurkan. Apalagi dengan membuka cabang artinya bisnis yang sedang dijalankan mengalami kesuksesan.

Namun, sebaiknya keputusan membuka cabang ini harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Tidak jarang pula banyak perusahaan yang terpaksa menutup kembali cabang karena kurang memberikan profit dan malah menambah beban pengeluaran.

Masalah yang biasanya terjadi saat Anda membuka banyak cabang adalah kontrol keuangan Anda yang tidak sepenuhnya maksimal pada setiap cabang. Solusi terbaik adalah menggunkan software akuntansi yang memiliki fitur multi cabang untuk memudahkan Anda memantau keuangan dan inventori seluruh cabang pada bisnsi Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

  1. Menyewa (Terkadang) Lebih Baik Daripada Membeli

Membeli barang-barang untuk produksi atau operasi memang penting. Namun, pernahkah terpikir untuk menyewa terkadang bisa lebih baik daripada membeli?

Terutama untuk keperluan yang tidak berulang atau jarang, menyewa barang atau alat tentunya dapat menekan biaya pengeluaran. Menyewa barang juga akan menghindarkan dari biaya perawatan alat bila harus membeli.

  1. Mencari Pinjaman itu Baik

Banyak yang mencibir pengusaha yang mencari pinjaman karena banyak yang menganggap meminjam uang sama dengan sedang bermasalah.

Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan dari mencari pinjaman, salah satunya adalah mengembangkan bisnis lebih baik lagi. Meminjam uang di bank atau pihak lain itu baik selama digunakan untuk hal yang produktif dalam berbisnis.

  1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk kejadian-kejadian darurat yang menimpa ketika berbisnis. Keberadaan dana darurat ini penting agar bisnis bisa tetap berjalan meski kondisi di luar sedang kurang baik.

  1. Gunakan Software Manajemen Keuangan Dari ITbrain

Banyaknya transaksi yang dilakukan dalam sebuah perusahaan tentu membutuhkan perhitungan yang cermat, cepat, namun harus tetap akurat. Jika hanya dilakukan secara manual, terkadang sering terjadi human error dalam perhitungannya. Untuk itu, software manajemen keuangan sangat berperan dalam membantu mengatur uang saat berbisnis . Berikut adalah beberapa kemudahan dalam mengatur uang saat berbisnis  yang bisa Anda dapatkan dari Software Akuntansi.

READ  10 Strategi Meningkatkan Omset Usaha Bagi Pembisnis Pemula

Software Akuntansi ITBrain Indonesia

1) Hemat Waktu

Melalui aplikasi keuangan, sebuah perusahaan dapat lebih cepat dalam meng-update laporan keuangan. Mengapa demikian? Karena jika laporan keuangan dikerjakan secara manual, maka akan membutuhkan waktu untuk perhitungan dan mencocokkannya.

2) Terhindar Dari Kesalahan Perhitungan

Banyaknya transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan, tentu membutuhkan fokus lebih pada penyusunan laporan keuangan. Penyusunan laporan keuangan secara manual tentu memiliki risiko tinggi dalam perhitungannya, apalagi jika terdapat banyak orang yang mengerjakan.

3) Memudahkan Manajemen Keuangan

Aplikasi keuangan juga memberi kemudahan dalam manajemen keuangan, tidak hanya secara spesifik namun juga secara menyeluruh. Semua ini akan memudahkan Anda untuk membuat kondisi keuangan yang stabil.

4) Menjaga Aset Bisnis

Manfaat lain dari aplikasi keuangan adalah dapat menjaga aset bisnis Anda. Mengapa demikian? Karena semua kekayaan bisnis dapat dicatat dalam aplikasi keuangan sehingga pemilik aset dapat mengetahui informasi ter-update dari aset yang dimiliki.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini !!! <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.