Pengertian Clickbait , Dan bagaimana cara menggunakannya

Pengertian Clickbait- Anda ingin meningkatkan jumlah audiens untuk konten Anda? Jika iya, menggunakan clickbait adalah salah satu caranya. Namun, clickbait yang berlebihan bisa merusak reputasi Anda lho.

Lalu, bagaimana sih cara membuat judul clickbait yang baik sebagai strategi konten?

Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih. Kali ini, kami akan membahas tentang clickbait secara lengkap.

Pengertian Clickbait

Clickbait adalah sebuah judul konten yang dibuat menarik dengan tujuan memancing orang melakukan klik terhadap konten tersebut. Semakin banyak jumlah klik, semakin berhasillah judul clickbait tersebut.

Saat ini, clickbait banyak ditemukan di berbagai konten, mulai dari berita, postingan blog, hingga video. Ciri sebuah clickbait antara lain:

  • Judul yang digunakan mengundang rasa penasaran
  • Judul cenderung melibatkan emosi pembaca
  • Memuat gambar yang lucu dan mudah diingat

Beberapa portal berita atau blog cukup sering menggunakan clickbait sebagai strategi konten marketing mereka.

Download Aplikasi Kasir Toko, Gratis Klik Disini !!

Tujuan Clickbait

Tujuan sebenarnya dari membuat judul maupun gambar click bait tidak lain adalah untuk menjaring banyak orang untuk membaca konten yang kita buat, tentunya dengan menyelaraskan antara judul dengan isi konten agar pembaca tidak seperti membuka kotak yang indah namun saat dibuka ZONK.

READ  Strategi Akutansi Supaya Bisnis Ritel Yang Anda Jalankan Dapat Berkembang  

pada kasus ini mesin pencari seperti Google merupakan medianya Google dapat memberikan banyak traffic atau pengunjung ke website kita. Pada dasarnya, orang-orang mengeklik konten yang mereka anggap relevan dan menarik dilihat dari judulnya. Namun, jika judul Anda ditulis secara asal asalan, calon pengunjung (atau bisa jadi calon pelanggan) Anda pasti akan mengabaikan konten anda dan mengklik konten lainnya. Hal ini sangatlah buruk untuk traffic website Anda. (ketika traffic banyak, kemungkinan produk/ jasa yang kita tawarkan diminati semakin besar).

Jadi bagaimana cara untuk menyatukan SEO dan metode Clickbait? Serta bagaimana cara membuat judul yang bagus untuk mendatangkan pengunjung pada media sosial maupun untuk mesin pencari seperti Google? Baiklah, sebelum saya menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu mengetahui bagaimana persepsi orang(netizen) dan mesin pencari dalam mengevaluasi konten.

Kelebihan penggunaan clickbait

  1. Bisa Meningkatnya Data Kunjungan

Dengan judul yang menarik dan ‘menjual’, tentu rasa penasaran netizen bisa semakin memuncak. Untuk itu, mereka akan mengklik halaman yang menampilkan clickbait tersebut, sehingga data kunjungannya akan meningkat. Sehingga, hal ini akan berdampak baik bagi Anda para content creator untuk mendapat perhatian lebih dari audiens.

  1. Mengasah Kreativitas

Membuat hal yang menarik dan memancing rasa penasaran banyak orang memanglah tidak mudah. Butuh sisi kreativitas yang tinggi. Maka, disinilah sisi kreativitas tersebut akan diuji. Sejauh mana tulisan yang kita sajikan mampu menggerakan seseorang untuk melakukan klik.

  1. Menambah Pendapatan

Tujuan dari clickbait ini tentu untuk menghasilkan dan menambah pendapatan secara online, jika kita berhasil membuat penasaran audiens dan mereka mengklik umpan yang telah kita buat bahkan mungkin hingga membeli, menggunakan atau langkah yang lebih lanjut lainnya tentu akan menghasilkan keuntungan bagi kita.

  1. Transaksi yang Meningkat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, selain pendapatan yang meningkat, kelebihan lainnya dari clickbait adalah akan menambah transaksi, jika khalayak melakukan lebih dari sekedar klik. Bisa membeli, menggunakan atau berlangganan pada produk yang kita tawarkan, jika memang kita menggunakan clickbait ini untuk mempromosikan suatu hal.

READ  Pengertian Krisis Finansial : Dasar, Bencana, Gangguan Ekonomi

Kekurangan Clickbait

  • Pada Sisi Creator:

  1. Penerimaan Buruk

Salah satu resiko dari clickbait adalah penerimaan buruk dari audiens, yang bisa saja berdampak pada waktu-waktu berikutnya yang membuat khalayak tersebut malas untuk klik konten-konten yang kita buat.

  1. Rating Turun

Setelah penerimaan yang buruk, hal ini selanjutnya akan berdampak pada turunnya rating akibat netizen yang sudah tidak mengakses web maupun medsos yang kita kelola lagi.

  1. Anggapan Buruk

Sejalan dengan penerimaan buruk, kita bisa dicap sebagai konten creator yang buruk oleh warganet. Oleh karena itu, hindari muatan clickbait yang dapat menyesatkan.

  • Pada Sisi Pembaca atau Audience

  1. Ketidaksesuaian Informasi

Ternyata, selain creatorviewer juga bisa saja dirugikan. Mengapa? Karena bisa saja mereka mendapat informasi yang tidak sesuai atau zonk.

  1. Buang-Buang Waktu

Selain zonk tadi, kekurangan clickbait berikutnya adalah dapat membuang waktu pengunjung atau pembaca, dimana hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan.

  1. Membuat Emosi

Umpan klik yang tidak sesuai atau zonk tersebut pun tak jarang hanya memancing emosi dari warganet. Mereka akan merasa kesal karena hanya mendapat hoax semata.

Cara Membuat Judul Clickbait yang Baik Untuk Strategi Content Marketing

  1. Tempatkan Kata Kunci di dalam Judul Anda

Lakukanlah riset secara sederhana Di Google. Sebagai Contoh, Kita Akan Menuliskan “Update Harga Laptop Gaming Di Bawah 8 Jutaan” Bila Anda melihat hasilnya, maka Anda akan bisa melihat satu pola yang sama. Semua judul di halaman pencarian google memiliki kata kunci “update harga laptop gaming”

Untuk mendapatkan ide lainnya, Anda bisa menggunakan google trends dan ubersuggest untuk bisa menentukan suatu judul konten. Google ingin Anda menyajikan suatu konten yang secara jelas terkait langsung dengan kata kunci ataupun frasa pencarian. Jadi, Anda harus bisa benar-benar teliti dalam menentukan judul.

  1. Buat Judul yang Luar Biasa, Hampir Mustahil, atau Menakjubkan

Menambahkan dan mengubah judul adalah suatu hal yang wajib untuk Anda pikirkan. Buanglah sejauh mungkin judul yang memiliki kesan membosankan dan buatlah judul clickbait yang bisa dioptimasi untuk SEO Anda. salah satu piliahannya adalah dengan menambah kata “heboh”,”luar biasa”, atau “mengejutkan” pada judul Anda.

READ  Bisnis Consigment Store Dengan Omzet Hingga Ratusan Juta

Walaupun memang terlihat hiperbola, namun kenyataannya inilah clickbait. Jadi, artikel atau berita yang Anda buat harus benar-benar mengejutkan, tidak bisa dipercaya, dan juga menakjubkan.

Namun, hindari penggunaan trik clickbait ini untuk menarik pembaca saja. Gunakan metode ini juga saat Anda memang mampu mempertanggungjawabkannya.

  1. Buat Judul yang Kontroversial

Kontroversi tidak melulu bagus untuk bisnis. tapi, ada kalanya tema tersebut juga bisa membuat bisnis Anda memperoleh lebih banyak perhatian. Tapi, kita tentu tidak ingin memulai kontroversi hanya demi memperoleh keuntungan semata. Jika Anda melakukannya, maka hal tersebut sangatlah konyol.

Klaim kontroversi ini tentu adalah salah satu trik SEO yang bagus. Bila Anda membuat judul dengan trik seperti ini, maka ada juga kemungkinan Anda bisa menduduki halaman satu pencarian Google.

  1. Buatlah Clickbait dengan Menambahkan Angka atau Nomor di Judul

Listicles mampu bekerja dengan sangat baik untuk menarik minat pembaca dan juga sangat baik untuk SEO. Nah, salah satu cara untuk menggunakan listicles adalah dengan menggunakan kata sifat dan juga angka yang sederhana untuk menggambarkan tips, trik, kiat, dan hal lainnya yang ada di dalam artikel.

Download Aplikasi Kasir Toko, Gratis Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.