Keunggulan dan kelemahan Bahan Bangunan

Keunggulan dan Kelemahan Bahan Bangunan – Membangun sebuah bangunan entah berupa rumah maupun jembatan bukanlah perkara yang mudah. Selain desain bangunan Anda juga perlu memperhatikan material bangunan yang digunakan. Pemilihan material bangunan yang tepat akan membuat bangunan Anda berdiri kokoh dan awet digunakan dalam waktu yang lama. Sebelum membahas lebih lanjut terkait bagaimana memilih material bangunan yang tepat mari kita kenali dulu bahan bangunan.

Download Aplikasi Kasir Toko Bangunan, Klik Disini !!

Berikut Keunggulan dan kelemahan Bahan Bangunan :

Keunggulan dan Kelemahan Bahan Bangunan

Baca Juga: 6 Peluang Dan Kelemahan Usaha Toko Bangunan

Batu Bata

Material bangunan pertama ialah batu bata. Batu bata sudah ada sejak belasan ribu tahun yang lalu dan masih digunakan hingga sekarang. Namun bukan berarti material ini tidak memiliki kekurangan. Berikut ini Keunggulan dan Kelemahan Bahan Bangunan batu bata. Kelebihannya ialah:

  • Mudah ditemukan serta teruji ketahanannya
  • Bersuhu dingin sehingga sangat nyaman ditinggali ketika cuaca panas
  • Lebih tahan lama dan kuat karena dibuat dengan pembakaran
  • Pemasangannya mudah dan tidak membutuhkan perekat khusus.
  • Bisa dipakai secara fleksibel untuk membangun bidang berukuran besar maupun kecil
  • Transportasinya lebih mudah karena ukurannya yang tidka terlalu besar
  • Lebih mudah dipasang tanpa pengetahuan khusus
  • Lebih tahan api
  • Lebih tahan terhadap retak rambut

Sedangkan kekurangannya:

  • Harganya cukup mahal dibandingkan dengan batako
  • Dimensi volumenya lebih kecil daripada batako
  • Waktu pengeringannya memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan material lain

Batako

Batako merupakan bahan bangunan yang terdiri dari campuran pasir dan semen. Keunggulan dan Kelemahan Bahan Bangunan Batako. Kelebihan batako ialah :

  • Ukurannya lebih besar daripada batu bata sehingga membutuhkan lebih sedikit batako ketimbang batu bata dalam bangunan
  • Ukuran batako juga sama sehingga lebih rapi dan mudah dipotong untuk perapian
  • Lebih ringan dibandingkan dengan batu bata karena ada rongga di dalamnya sehingga lebih cocok untuk bangunan dua lantai atau bangunan lain yang mengandalkan kolom untuk kekuatannya
  • Kedap air sehingga mampu memperkecil perembesan air hujan dan lebih ringan ketimbang batu bata.
  • Lebih tahan suhu panas
READ  7 Alasanmu Untuk Berbisnis Di Usia Muda

Sedangkan kekurangan batako pada umumnya:

  • Mudah retak dan mudah dilubangi karena ada rongga di bagian tengahnya
  • Kurang kuat bila dibandingkan dengan batu bata sehingga tidak sesuai untuk bangunan satu lantai yang menggunakan dinding sebagai kekuatan strukturnya
  • Membuat ruangan lebih panas ketika cuaca panas karena sifat tahan panasnya

Batu

Bahan bangunan lainnya ialah batu khususnya batu alam yang biasa digunakan untuk dekoratif maupun bahan konstruksi. Batu biasa digunakan untuk pembangunan kamar mandi, taman atau pagar rumah Anda. Ruangan seperti dapur maupun garasi jarang menggunakan batu karena karakter batu sendiri yang mudah kotor dan sulit untuk dibersihkan. Beberapa batu yang digunakan dalam konstruksi ialah batu marmer, batu palimanan, granit, andhesit hingga sabak.

Kayu

Selanjutnya ada bahan kayu yang umum digunakan sebagai bahan atap rumah atau dinding bangunan. Kayu juga biasa digunakan untuk lantai rumah Anda dan cocok digunakan di segala musim. Meskipun demikian kayu memiliki harga yang lebih tinggi daripada batu bata maupun batako. Kayu bisa digunakan dalam berbagai dimensi dan bentuk sehingga mampu mempercepat proses pembangunan. Kayu lebih tahan terhadap tekanan dan lentur sehingga mudah sekali dalam pengerjaannya. Kekurangan kayu ini ialah sensitif terhadap kelembapan sehingga mudah sekali diserang serangga seperti rayap. Kayu juga tidak tahan api sehingga diperlukan pemrosesan lebih lanjut bila digunakan di tempat-tempat yang rawan kebakaran.

Metal

Metal merupakan bahan bangunan yang paling kuat sehingga sering dipakai untuk gedung pencakar langit. Bahan metal ini bisa berupa baja, perak hingga titanium. Baja dan perak paling sering digunakan karena lebih fleksibel dan tahan lama walaupun berkarat. Ada pula yang menggunakan titanium untuk struktur bangunan walaupun harganya cukup mahal. Besi juga sering dipakai untuk dijadikan bahan bangunan jembatan yang butuh daya tekan yang kuat.

READ  Inilah 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Bitcoin Secara Legal, Tentunya Halal! 

Papan gypsum

Untuk menciptakan sesuatu yang sempurna dalam proses pembangunan selanjutnya adalah dengan pemilihan papan gipsum. Papan gipsum ini menjadi salah satu material yang cukup populer terutama di era sekarang. Untuk mendapatkan papan gipsum yang benar – benar berkualitas dibutuhkan beberapa kriteria salah satunya adalah pemilihan papan yang memiliki permukaan benar – benar lurus atau dapat dikatakan dengan tidak bergelombang.

Download Aplikasi Kasir Toko Bangunan, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.