Pengaruh transformasi digital terhadap bisnis dan 6 manfaatnya

Pengaruh transformasi digital terhadap bisnis– Diperkirakan, pengeluaran berbagai perusahaan dunia secara global yang ada pada industri teknologi akan meningkat melebihi 2,1 triliun rupiah di tahun 2021. Hal tersebut menunjukkan bahwa transformasi digital atau digital transformation adalah hal yang sangat penting dan juga sangat diperlukan.

Lalu, apakah Anda sudah memahami tentang digital transformation yang menjadi topik hangat di dunia bisnis untuk saat ini? Jika belum, ayo simak penjelasan dari kami tentang digital transformation di bawah ini.

Download Aplikasi Toko Gratis Klik Disini !!

Apa itu Digital Transformation?

Sesuai dengan namanya, digital transformation adalah penggunaan teknologi untuk merubah proses bisnis yang sebelumnya sudah ada ataupun menciptakan model bisnis baru.

Dilansir dari laman Enterprises Projectdigital transformation mampu menyebabkan perubahan yang mendasar pada operasi bisnis dan bagaimana suatu perusahaan mampu memberikan nilai lebih pada para konsumennya.

Digital transformation adalah perubahan yang mampu memanfaatkan teknologi digital agar bisa merancang ulang berbagai proses tradisional, sehingga akan menjadi lebih efisien dan lebih efektif lagi.

Jadi, konsep digital transformation tidak hanya tentang menggunakan teknologi untuk mereplikasi proses ataupun layanan yang sudah ada pada bentuk digital saja. Tapi, konsep digital transformation juga akan memanfaatkan teknologi untuk mengubah proses tersebut menjadi lebih baik lagi.

READ  2 Metode Perhitungan Stok Persediaan

Digital transformation mampu mencakup banyak teknologi dan akan terus berkembang lagi seiring dengan berjalannya waktu. Tapi untuk saat ini, teknologi yang sangat diminati oleh masyarakat adalah Internet of Things, Cloud Computing, Artificial Intelligence, dan big data.

Pengaruh transformasi digital terhadap bisnis

Pengaruh transformasi digital terhadap bisnis

Pada dasarnya, digital transformation di dalam bisnis sedikit lebih kompleks daripada sekedar mengganti surat pos ke email.

Transformasi tersebut memanfaatkan teknologi untuk bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, pengelolaan para pemilik kepentingan, rantai pasokan, dan seluruh proses bisnis. Jadi, saat kita ingin menerapkan digital transformation, maka kita harus sungguh-sungguh dalam menerapkannya

Selain itu, untuk bisa menerapkan digital transformation secara menyeluruh, maka sebagai pebisnis, Anda juga harus mempersiapkan transformasi bisnis secara total. Jadi, tidak ada lagi sistem analog dalam operasi bisnis Anda.

Download Aplikasi Toko Gratis Klik Disini !!

6 Manfaat Transformasi Digital

  1. Dapat memangkas biaya dan SDM

Sistem dan model bisnis tradisional tak hanya njelimet, tetapi biaya operasionalnya pun besar. Model ini memiliki proses operasional yang lama dan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak. Makanya, proses ini pun memakan biaya yang lebih besar. Namun, jika Anda mengadopsi model bisnis digital, Anda bisa memangkas jumlah SDM dan prosesnya menjadi lebih cepat.

Misalnya, penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada Face Mask Detection Alert. Mesin akan melakukan deteksi wajah secara otomatis pada orang yang tidak memakai masker. Keunggulannya, proses pemantauan dengan CCTV ini dapat dilakukan di beberapa lokasi sekaligus dalam satu waktu. Makanya, Anda tidak membutuhkan banyak staff atau SDM untuk mengawasi pergerakan manusia satu per satu.

Dengan begini, Anda bisa melakukan penghematan besar-besaran dengan transformasi digital. Alih-alih untuk biaya operasional, Anda dapat mengalokasikan biaya tersebut untuk program pengembangan dan inovasi. Keunggulan inilah yang ditawarkan perusahaan kami dalam layanan Face Mask Detection Alert. Jika tertarik dengan service ini, segera hubungi kami, ya. Dengan merebaknya COVID-19, layanan ini pasti akan sangat bermanfaat.

  1. Menciptakan customer experience yang lebih baik

Jika Anda penasaran apakah rahasia sukses dari suatu perusahaan besar, jawabannya adalah customer experienceCustomer experience menjadi sebuah kunci keberhasilan untuk meraih sukses. Lantas, apa sajakah yang membuat  suatu perusahaan disebut memiliki customer experience yang baik?

READ  Tips Menjalankan Toko Bangunan Untuk Pemula

Perusahaan bisa dikatakan memiliki customer experience yang baik jika mampu memetakan tren kebutuhan dan keinginan konsumen secara akurat. Perlu diketahui, kebiasaan konsumen akan selalu berubah. Anda pun dituntut untuk melakukan analisis pasar agar bisa mengetahui apa yang sebenarnya konsumen inginkan.

Menariknya, proses ini dapat di-cover oleh teknologi transformasi digital. Dengan adanya analitik data, sistem dapat melakukan analisis tren pasar secara akurat dan memberikan suggestion langkah apakah yang perlu diambil. Kesimpulannya, Anda dapat memakai transformasi digital untuk mengetahui kebutuhan dari konsumen yang selalu berubah-ubah dengan lebih cepat dibandingkan cara konvensional. Hal ini bisa membantu Anda untuk memenangkan kompetisi pasar!

  1. Sistem menjadi serba otomatis

Salah satu teknologi andalan dalam transformasi digital adalah otomatisasi. Otomatisasi memungkinkan sistem bekerja secara independen tanpa campur tangan manusia. Artinya, sistem ini bisa bekerja 24 non-stop secara efektif dan produktif. Dengan memakai teknologi yang satu ini, pekerjaan repetitif akan rendah risiko dan hasilnya lebih maksimal. Jika selama ini pekerjaan repetitif ini membutuhkan SDM yang besar, kini semuanya bisa dilakukan oleh teknologi.

Salah satu contoh teknologi otomatisasi yang ditawarkan oleh perusahaan kami yaitu social distance monitoring. Dengan mewabahnya COVID-19 dan penerapan new normal, Anda dapat memantau pelaksanaan social distancing di mall, pasar, atau ruang publik lainnya melalui CCTV.

Teknologi ini akan mendeteksi keberadaan suatu objek dan mengukur jarak antar manusia. Menariknya, sistem secara otomatis akan memberikan peringatan apabila terdapat beberapa pengunjung yang tak menerapkan jarak aman kurang dari 1 meter. Anda dapat mengawasi jalannya kebijakan new normal dari balik layar komputer atau laptop tanpa harus terjun langsung ke lokasi. Selain praktis, Anda juga bisa melindungi staf dari ancaman COVID-19.

  1. Terlahirnya produk atau layanan baru

Dulu, tak semua orang bisa menciptakan inovasi produk atau layanan di suatu organisasi atau perusahaan. Alasannya? Karena ketersediaan alat yang terbatas dan sistem atau model bisnis konvensional yang masih rumit sehingga tidak bisa diakses semua orang.

READ  Bisnis Sukses Anak Muda 2020

Namun, kondisi ini berubah total sejak masuknya transformasi digital di sendi-sendi bisnis suatu perusahaan. Kini, setiap orang di perusahaan bisa berinovasi dan menciptakan produknya sendiri! Sebagai contoh, teknologi analitik data yang diimplementasikan di proses produksi produk.

Teknologi ini sanggup menganalisa error dan tren pasar secara otomatis. Berdasarkan hasil analisis ini, Anda bisa merancang produk atau layanan yang baru. Tentu saja dengan kualitas yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan pasar.

  1. Meningkatkan produktivitas bisnis

Salah satu manfaat tak terbantahkan dari transformasi digital adalah peningkatan produktivitas. Dengan adanya transformasi besar-besaran pada model bisnis, layanan, atau pun produk, perusahaan atau organisasi akan menjadi lebih produktif. Semua ini berkat kekuatan teknologi digital yang mampu memangkas proses produksi tradisional yang memakan banyak waktu menjadi lebih efisien.

Download Aplikasi Toko Gratis Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.