Tips Jitu Memulai Bisnis Sembako, Modal Kecil Tapi Untung Gede!

Tips jitu memulai bisnis sembako– Buka bisnis sembako di rumah bisa bikin untung sampai puluhan juta? Bisa kok! Bagaimana caranya? Simak tips langkah membuka warung di rumah pada artikel di bawah ini!

Mengingat peluang kerja yang semakin sempit, banyak masyarakat Indonesia beralih ke bidang wirausaha. Salah satu bidang wirausaha yang dipilih adalah warung rumahan yang menjual sembako.

Sembako, atau sembilan bahan pokok, adalah kebutuhan primer yang sangat penting. Itulah mengapa jumlah permintaan sembako di pasaran tidak pernah sepi. Membuka warung di rumah merupakan ide yang sangat brilliant untuk kamu yang ingin memulai bisnis sendiri.

Enggak perlu modal banyak. Kamu hanya perlu mengikuti tips buka bisnis sembako rumahan berikut ini!

Download Aplikasi Kasir Toko Bisnis Sembako, Klik Disini !!

8 Tips Jitu Memulai Bisnis Sembako

  1. Riset Harga Jual Per Bahan

Agar keuntungan kamu lebih maksimal, lakukan survey harga jual bahan-bahan sembako yang dijual di pasaran. Kamu harus tahu jelas harga jual sembako entah itu di pasar atau di warung-warung lain. Jangan sampai kamu menjual dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Keduanya akan mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dihindarkan. Ambil lah harga tengah, seperti harga minyak goreng. Apabila satu liternya dipatok seharga Rp15 ribu, maka kamu bisa menjual minyak goreng dengan harga Rp14 ribu.

  1. Cari Tempat Stok Jualan

Sebelum kamu memulai bisnis usaha warung kamu, pastikan kamu sudah punya target tempat stok jualan kamu.

READ  7 pro kontra bisnis keluarga, Yakin mau bisnis keluarga ?

Cari toko supplier yang menjual bahan sembako secara sistem grosir. Artinya semakin banyak stok yang kamu beli, semakin murah harganya.

Dengan begini, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga akan lebih besar. Pastikan tokonya tidak jauh dari rumah kamu untuk menghemat biaya bensin pulang pergi.

  1. Beli Barang-Barang untuk Membangun Warung

Setelah kamu melakukan riset tentang harga jual, sekarang waktunya membangun ruang warung sembako di rumah! Barang-barang esensial yang kamu butuhkan adalah etalase, meja, rak kayu/besi (dinding atau rak berdiri), dan kalkulator besar. Cari tempat yang bisa menjual barang-barang warung per paket, biasanya kamu bisa menemukannya di pasar besar.

Kisaran modal yang kamu butuhkan untuk alat-alat di atas adalah sebagai berikut:

  • Etalase kaca 2 jendela: Rp1 juta
  • Meja: Rp300 ribu
  • Rak besi siku: Rp600 ribu
  • Kalkulator: Rp40 ribu

Total modal barang yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp2 juta.

Gabungkan dengan modal stok barang yang berkisar sekitar Rp3 juta, jadi modal usaha warung sembako kamu adalah Rp5 juta.

  1. Pilih Sembako yang Berkualitas

Jangan karena tidak ingin rugi, kamu sampai membeli bahan-bahan murah dengan kualitas buruk. Sebagai pembeli, semua orang pasti menginginkan bahan yang berkualitas.

Apabila mereka mendapatkan yang sebaliknya, dijamin warung kamu akan sepi pembeli. Cari bahan sembako di tempat supplier dengan harga yang masih masuk akal dan kualitas yang tinggi. Apabila warung kita terkenal dengan bahan sembako yang murah dan bagus, pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Warung kamu pasti rame, deh!

  1. Tetapkan Strategi Penjualan dan Pelayanan Terbaik

Apa sih yang dimaksud dengan strategi penjualan?

Strategi penjualan adalah bagaimana cara kamu mempromosikan warung sembako milikmu. Kamu bisa mengandalkan cara seperti pamflet, membikin akun sosial media, strategi mulut ke mulut, dan lain-lain.

READ  Beberapa Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Coffee Shop!

Kamu juga mengadakan diskon atau promo spesial untuk sebulan pertama. Anggap saja sebagai strategi soft opening untuk menarik banyak pelanggan.

Pastikan juga kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Ingat untuk selalu senyum dan mengucapkan terima kasih setiap transaksi jual beri bahan sembako selesai. Para pelanggan yang senang karena kualitas bahan yang bagus ditambah pelayanan terbaik pasti akan datang lagi dan lagi!

  1. Lokasi Usaha

Riset lokasi usaha adalah faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Termasuk dalam mendirikan toko sembako. Carilah lokasi mana yang kira-kira cukup strategis agar toko Anda mudah dilihat oleh pembeli. Selain itu pilihlah lokasi yang ramai. Karena dimana ada keramaian, kesempatan untuk menjaring banyak pembeli terbuka lebar.

Kalau pun Anda ingin membuka toko bisnis sembako dirumah juga tidak masalah. Namun Anda tidak bisa mengharapkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan membuka toko di pinggir jalan yang menjaring banyak konsumen.

  1. Mencari Agen/Suplier Terpercaya

Mencari agen atau supplier itu mudah. Mereka banyak bertebaran apalagi jika Anda tinggal di kota. Namun, mencari supplier yang memberikan harga murah dan terpercaya tidaklah semudah yang dibayangkan.

Oleh karena itu, cobalah untuk survei terlebih dahulu terhadap para pemasok yang akan Anda jadikan langganan. Selain itu, jangan berpatok hanya pada satu penyuplai saja. Bersikaplah fleksibel karena terkadang para supplier ada yang memasang harga mahal untuk produk tertentu namun untuk produk lain ada yang murah.

Sebagai contoh ketika Anda mendapati harga beras di suplier A lebih murah, Anda bisa memesannya kesana. Jika harga minyak disana cukup mahal, Anda bisa mendatangi suplier B yang memberikan harga minyak lebih murah dibandingkan suplier lain.

  1. Gunakan Software Toko

Software Toko merupakan media yang cocok untuk membantu manajemen toko, baik itu toko kelontong atau toko kecil, toko bangunan, toko grosir yang melayani penjualan partai namun tidak termasuk eceran serta jenis-jenis toko yang lain. Dengan adanya software toko yang kami produksi, kami harapkan akan membawa manfaat bagi yang tertarik menggunakan.

READ  Cara Menemukan Mitra Bisnis Yang Efektif Diajak Bekerjasama

Mengapa Harus Menggunakan Software Toko?

  •  Banyak dicari / diincar oleh pengusaha ritel seperti toko, rumah makan, apotek, dll.
  •  Berperan sebagai alat bantu penjualan sederhana namun mencakup fungsi yang lengkap.
  •  Bisa dikombinasikan dengan perangkat keras pendukung seperti Barcode Scanner.
  •  Bisa menampilkan harga dan bentuk barang pada customer display.
  •  Mampu memproses diskon atau harga khusus pada jam tertentu (happy hour).
  •  Sebagai alat bantu marketing untuk mengembangkan usaha termasuk pendapatan.

Fitur atau menu Software Toko diantaranya :

  • Database barang, suplier, pelanggan serta operator.
  • Transaksi pembelian, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, cetak struk atau nota.
  • Laporan yang relatif lengkap dan mudah dipahami.
  • Cetak label barcode, eksport dan import dari dan ke Microsoft excel.
  • Database hutang dan piutang yang otomatis terdata ketika transaksi pembelian atau penjualan.
  • Support scanner barcode dengan port USB, support cashdrawer atau laci uang elektronik.
  • System harga Average, sangat cocok untuk menentukan harga jual barang jika kita beli dengan harga yang naik turun.

Dengan menggunakan aplikasi toko ini maka pihak toko akan dengan sangat mudah mengontrol usaha tokonya. Semua pembelian dan penjualan dapat tercatat dengan baik. Pemilik toko dapat dengan mudah melihat hasil Data Barang seperti Laporan Penjualan Barang, Laporan Pembelian Barang, Paporan Retur Penjualan Barang, Laporan Retur Pembelian Barang, Stok Opname Barang, Laporan Pendapatan, Laporan Asset Toko yang ada. Aplikasi Toko ini juga masih dilengkapi dengan fasilitas lihat harga bagi pegawai sehingga jika ada konsumen yang bertanya harga maka pihak toko bisa segera memberikan informasi harga barang tersebut.

Download Aplikasi Kasir Toko Sembako, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.