10 Manfaat Bisnis Franchise Yang Membuat Anda Berfikir 2 kali  

manfaat bisnis franchise

Manfaat bisnis franchise – Memulai sebuah bisnis memang bisa dibilang cukup sulit dan diperlukan niat serta konsentrasi yang kuat. Pemilik bisnis retail tidak harus menghasilkan ide dan rencana bisnis, mencari lokasi, pemasok produk, mempekerjakan karyawan dan melakukan strategi pemasaran. Jika Anda salah langkah dapat menyebabkan kegagalan dalam berbisnis anda!!! Memulai bisnis franchise juga memiliki risiko  tetapi memiliki kesempatan sukses yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, bisnis waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Jika Anda bandingkan dengan memulai bisnis perseorangan atau bisnis sendiri, membuka bisnis waralaba atau franchise memiliki berbagai aturan, sistem dan memerlukan keterampilan yang berbeda. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja sih manfaat atau keuntungan dari bisnis franchise ini. Ok lets goo..

Download Aplikasi Kasir Toko Untuk Franchise Kamu, Klik Disini !!

Manfaat Bisnis Franchise

manfaat bisnis franchise

  1. Cepat Memulai Bisnis

Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing. Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba. Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba.

  1. Sistem Operasi Yang Efektif

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis adalah adanya sistem operasional. Apabila sistem operasionalnya baik, bisnis dapat berjalan dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Sayangnya, sistem operasi bisnis merupakan sekumpulan prosedur, alur kerja, arus informasi, dan tata administrasi sebuah perusahaan yang bisa dibentuk secara instan. Perlu perjalanan yang panjang, perbaikan, perubahan, penambahan, seiring berjalannya waktu.

READ  10+ Strategi Usaha Toko Bangunan (Terjamin Sukses)

baca juga : tips memulai bisnis properti

Dalam bisnis franchise, efektivitas sistem ini mutlak diperlukan. Apabila sistem bisnis tidak efektif, maka dapat dipastikan akan terjadi banyak masalah ketika franchisee (orang yang membeli franchise) menjalankan gerai franchisenya. Pada franchise yang sistem operasi bisnisnya sudah terbukti efektif, semua franchisee dapat mengoptimalkan organisasinya. Pasalnya, mereka sudah bisa menjalankan tugas-tugas operasional rutinnya dengan baik dan masalah-masalah operasional dapat ditekan pada tingkat minimal.

  1. Terbukti Menguntungkan

Setiap investor tentu berharap modal yang ditanam kembali dalam jangka waktu tertentu mendapatkan keuntungan. Adapun syarat sebuah bisnis layak di-franchise-kan adalah, bisnis itu harus menguntungkan atau sudah membukukan laba selama periode waktu tertentu.

Membangun gerai franchise sendiri berarti membangun bisnis dengan model dan format yang sudah terbukti mampu menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, peluang bisnis berhasil akan jauh lebih tinggi.

  1. Brand Awreness Lebih Tinggi

Bisnis bisa lebih mudah berjalan apabila produk atau jasa yang ditawarkan sudah dikenal oleh target pasar yang dituju. Identitas produk yang dikenal oleh pasar inilah yang disebut dengan brand. Saat produk yang memiliki brand awareness ditawarkan pada pasar, pasar sudah mengetahui fungsi dan manfaatnya.

Dalam franchise, brand awareness produk relatif sudah lebih tinggi karena pada tempat lain, sudah berjalan gerai franchise atau prototipenya dalam waktu yang cukup. Dengan brand awareness yang tinggi, sebuah bisnis franchise dapat memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk membuat produk-produknya dikenal masyarakat.

  1. Tak Perlu Branding

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas sehingga Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis. Hal paling penting dalam bisnis ini adalah saat Anda memilih bisnis  dan menentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama. Cobalah memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat.

  1. Jaringan Bisnis Lebih Luas

manfaat bisnis franchise

Setiap investor tentu berharap modal yang ditanam kembali dalam jangka waktu tertentu mendapatkan keuntungan. Adapun syarat sebuah bisnis layak di-franchise-kan adalah, bisnis itu harus menguntungkan atau sudah membukukan laba selama periode waktu tertentu.

READ  Ini Pro dan Kontra Bisnis dari Rumah Untuk kamu yang mau Mulai !

Membangun gerai franchise sendiri berarti membangun bisnis dengan model dan format yang sudah terbukti mampu menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, peluang bisnis berhasil akan jauh lebih tinggi.

  1. Memiliki Partner Yang Profesional

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini. Dengan memiliki partner yang profesional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan. Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda.

baca juga : 7 hal sebelum memulai bisnis coffe shop

Jika usaha waralaba yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan manajemen bisnis yang bagus, maka ini juga merupakan keuntungan bagi Anda karena ide binis, nama brand dan sistem manajemen bisnis tersebut pasti sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada bisnis Anda.

  1. Dukungan Manajemen

Anda tidak perlu khawatir, biasanya para pemiliki waralaba akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra mereka. Jika Anda memulai bisnis ini, Anda akan mendapatkan pelatihan seperti marketing strategi, pengelolaan keuangan maupun cara menjalankan usaha.

Dan juga Bisnis yang memiliki brand awareness tinggi, sistem bisnis yang andal, serta jaringan yang luas tidak menjamin bisnis tersebut akan sukses. Kelancaran operasional dan penyesalan masalah-masalah bisnis yang terjadi memegang peran yang sangat penting terhadap keberhasilan sebuah bisnis. Kemampuan mengatasi berbagai masalah operasional yang terjadi menjadi penentu akhir keberhasilan bisnis.

Sistem franchise yang baik melengkapi dirinya dengan dukungan manajemen, yaitu berbagai bentuk dukungan franchisor kepada franchisee dalam menjalankan kegiatan operasional bisnis di gerai franchisenya. Tujuannya, agar para franchisee dapa tmengatasi masalah-masalahnya dan akhirnya bisa mencapai sasaran-sasaran bisnis yang ditentukan bersama.

READ  Kumpulan Beberapa Quote Inovasi Tentang Bisnis Agar Anda Dapat Bangkit

Dukungan ini juga akan membuat franchisor memahami kendala-kendala yang dialami franchisee. Dengan demikian, kedua belah pihak sama-sama mendapatkan manfaat berbisnis franchise. Franchisor semakin menguasai operasi bisnisnya.

Sementara, bagi investor atau franchisee, dukungan ini merupakan hal yang penting, terutama ketika terjadi masalah. Saat itu mereka bisa meminta bantuan atau solusi kepada franchisor-nya, sebuah hal yang tidak bisa ditemukan apabila seorang investor membangun bisnisnya sendiri.

  1. Manajemen Finansial Mudah

Pihak yang akan menanam modal di bisnis Anda (investor) pasti akan lebih menyukai bisnis yang terbukti baik secara finansial dan jaringan pemasaran. Jika Anda bergabung dengan usaha waralaba tertentu, tentu saja tidak perlu pusing-pusing lagi mengenai sistem manajemen finansial seperti halnya bisnis yang benar-benar memulai sesuatu dari awal.

  1. Tingkat Keberhasilan Tinggi

Ketika Anda memulai bisnis, tentu saja selalu ada risiko tinggi atas bisnis Anda. Selalu ada potensi kerugian yang didapatkan. Terlebih lagi, jika Anda benar-benar belum paham bagaimana suatu bisnis dapat berjalan. Hal tersebut tentu saja jika terus menerus terjadi akan menjatuhkan bisnis Anda. Dengan bisnis waralaba, Anda tidak perlu takut untuk jatuh. Segala dukungan, manajemen dan brand yang sudah dikenal akan mengurangi risiko kerugian pada bisnis Anda.

Download Aplikasi Kasir Toko Untuk Franchise Kamu, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.