11 Cara Bisnis Thrift Yang Cocok Bagi Pemula

Cara bisnis Thrift – Pasti kamu sudah sering mendengar kata “ thrift “, Bisnis ini sudah lumayan menjamur di kalangan anak muda di karnakan kebutuhan pakaian fasion anak muda yang selalu berkembang dan ingin selalu tampil kekinian namun dengan harga yang terjangkau sehingga membuat bisnis ini makin pesat baik peminat maupun keuntungannya.

Bagi sebagian kalangan, Thrift adalah budaya populer yang mengesampingkan faktor higienitas. Namun, di Indonesia sendiri, thrifting kini telah memiliki kalangan penggemarnya tersendiri.

Konsep thrifting yang mendukung kampanye zero waste disambut baik oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Namun, walaupun istilah ini sudah sering didengar, masih banyak anak muda yang salah mengartikan apa itu thrifty.

Download Software Aplikasi Kasir Gratis Disini !

Cara Bisnis Thrift

Apa itu thrift ?

Dalam bahasa Indonesia, Thrifty memiliki arti hemat, sehingga jika diartikan dalam dunia bisnis, Thrifting mempunyai arti upaya dalam menjual barang bekas dengan kualitas yang masih sangat bagus karena baru digunakan beberapa bulan saja.

Banyak kalangan yang mengartikan thrifty sebagai barang-barang bekas. Namun, pengertian tersebut nampaknya kurang tepat. Merujuk pada kamus urban, thrifting merupakan kegiatan berbelanja demi mendapatkan harga barang yang lebih murah dan barang yang tidak biasa seperti selera pasar saat ini

Walaupun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa barang yang sudah berumur tahunan, tapi tetap saja kondisi barang tersebut masih bagus dan masih layak untuk digunakan.

Thrifting Store bermula dari adanya tren preloved, yang mana ada seseorang yang menjual barang pribadi miliknya karena alasan bosan atau ketika baru digunakan selama beberapa bulan ternyata sudah terasa kekecilan. Tren ini terus berlanjut dengan adanya beberapa orang yang membuat akun instagram dan menawarkan jasa penjualan barang preloved dengan menggunakan sistem bagi hasil.

READ  Paket Software Klinik Dokter Dan Software Klinik Plus Apotek

Bisnis thrifting tidak hanya dilakukan pada dunia online, namun juga bisa ditemukan di dunia offline. Biasanya, Thrifty store akan mudah dijumpai pada kota-kota yang menjadi tujuan para pelajar atau mahasiswa, karena mereka memiliki daya tarik yang tinggi untuk mengikuti berbagai tren fashion atau gaya tertentu. Sehingga, barang-barang yang ada di thrifty store kebanyakan yang berhubungan dengan fashion.

Download Software Aplikasi Kasir Gratis Disini !

Kenapa harus Belanja di thrifty shop ?

Barang thrifty yang paling populer adalah pakaian. Para penggemar OOTD yang menjadi inspirasi berbusana banyak orang memkamung bahwa berbusana modis tidak hanya berasal dari barang-barang mewah dan mahal. Namun, barang-barang tersebut juga bisa didapatkan ketika thrifting. Tidak hanya tampilan keren dari hasil perpaduan si pemakai, namun barang-barang hasil thrifting tersebut kerap terlihat menarik, unik, dan tidak pasaran. Bahkan jika beruntung, pembeli bisa menemukan barang-barang branded dengan harga yang sangat terjangkau.

Keuntungan lainnya dari thrifting adalah busana yang lebih awet dan tidak mudah rusak dikarenakan sudah terbukti oleh pemilik sebelumnya. Pembeli juga dapat menemukan barang-barang langka yang jarang dijumpai. Bahkan pembeli mungkin saja mendapatkan barang limited edition yang sudah tidak diproduksi.

Jenis Barang Yang Dapat Di jual Di thrifty Shop Yang cukup Populer saat ini

  1. Pakaian

Pakaian bekas biasa dijadikan pilihan utama dalam memulai bisnis thrifting. Beberapa kategori pakaian yang bisa dijual adalah baju jemeja, jaket, celana bahan, hingga celana jeans.

Bahkan, beberapa rompi tertentu pun bisa dijual belikan. Namun, Kamu harus tahu bahwa semakin bagus brand pakaian yang Kamu jual, maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya, walaupun pakaian tersebut bekas. Jenis produk ini adalah salah satu jenis produk yang banyak ditemukan di berbagai pasar di Indonesia.

  1. Tas

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa model tas akan selalu berganti-ganti tiap bulannya, terutama tas wanita. Sama seperti pakaian, semakin terkenal brand yang Kamu jual, maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya. Namun, hal ini tergantung terget pasar Kamu. Kamu yang menentukan target pasar Kamu sendiri, dari kelas ekonomi bawah, atas, atau menengah.

  1. Jam Tangan

Beberapa produk jam tangan premium dari brand terkenal seperti Rolex, Patek Philippe, Hublot dan Omega bisa Kamu jadikan sebagai salah satu opsi produk Kamu. Namun, jika Kamu tidak memiliki modal yang cukup banyak, maka Kamu bisa menjual jam tangan lokal dari kelas premium, seperti Eiger, Expedition, atau Woodka yang masih sering dijual di thrifty store online maupun offline.

  1. Sepatu

Sepatu juga menjadi barang yang sering dijual di thrifty store, terutama sepatu pria. Walaupun modelnya sudah ketinggalan jaman, namun jika sepatu itu masih bagus dan layak dipakai, harga jualnya pun masih tergolong lumayan tinggi, terlebih lagi jika sepatu yang Kamu jual adalah sepatu langka atau sepatu limited edition.

Kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi lagi jika masih dilengkapi dengan kardus dan nota pembelian.

READ  6 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Supaya Ga Lari Ke Toko Lain

11 Cara Bisnis Thrift Yang Cocok Bagi Pemula

  1. Analisa Pasar

Analisa pasar dibutuhkan untuk kamu memutuskan produk yang akan dijual dan memberi informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik dalam berbisnis. Kamu perlu menentukan cara apa untuk menguji produk sebelum dijual, membantu melacak tren yang muncul, memperkecil kemungkinan gagal, dan membantu bisnis berkembang. Sehingga kamu dapat mengetahui keinginan konsumen dan merencanakan pemasaran yang tepat. Dengan analisa pasar, bisnis kamu juga lebih terorganisir dan bisa jadi evaluasi bisnis kamu jika terjadi kegagalan.

  1. Jual Produk yang Banyak Diminati

Tentukan produk apa yang ingin kamu jual dan pastikan produk kamu diminati banyak orang. Sebagian besar orang yang sering melakukan thrifting adalah wanita, maka kamu bisa memperbanyak menjual produk pakaian untuk wanita. Misalnya seperti kaos, blouse, celana jeans, tas, dan lain-lain. Namun kamu juga sediakan produk pakaian untuk pria, karena pasti ada juga pria yang menyukai thrifting walaupun tidak sebanyak wanita.

  1. Tentukan Asal Produk

Sekarang, kamu harus menentukan dari mana akan mengambil barang yang akan dijual (kulakan). Carilah tempat jual baju preloved yang kualitasnya masih bagus. Kamu bisa pergi ke pasar untuk mencari store yang khusus menjual berbagai fashion item bekas yang masih berkualitas. Selain itu pertimbangkan juga harganya. Cari toko yang menjual dengan harga masih terjangkau sehingga ketika nanti Kamu menjualnya, harganya tidak terlampau mahal.

  1. Tentukan pasarmu

Tak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan, sebenarnya kalangan seperti apa yang jadi sasaran bisnis? Siapa yang kira-kira tertarik membeli produk itu? Biasanya mereka mencari produk lewat saluran apa, sih?

Ini akan membantu Kamu untuk menyeleksi tipe produk sekaligus menentukan strategi marketing seperti apa yang paling tepat untuk menjaring konsumen dengan kriteria seperti itu. Dari hasil riset mini itu, Kamu juga jadi tahu marketplace apa yang paling cocok untuk memasarkan produk.

READ  PAKET SOFTWARE APOTEK

Meski tampak mudah dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, Kamu harus telaten dalam menjalani usaha thrift store. Selain itu, diperlukan kecermatan ketika memilah-milah produk mana yang masih layak jual. Dari segi harga jual juga mesti jadi perhatian. Jangan sampai produk preloved ini harganya terlampau tinggi sampai menyamai harga ketika konsumen membeli item dengan kondisi baru.

  1. Gunakan software toko dan inventaris untuk membantu anda.

Usaha thrifty shop kamu udh mulai sukses ? sudah mulai kewalahan ? Pakai software toko dan inventaris pasti akan mudahin kamu ngejalanin usaha kamu yang sudah semakin sukses.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka pihak toko akan dengan mudah mengontrol tokonya. Semua pembelian dan penjualan dapat tercatat dengan baik. Pemilik toko dapat dengan mudah melihat Data Barang seperti laporan penjualan, pembelian,

Software ini di harapkan mampu membantu kamu secara maksimal

Penasaran ? Tekan link di Bawah Untuk Segera mendownload software Kasir.

Download Software Aplikasi Kasir Gratis Disini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.