Strategi SEO Yang Bisa Anda Gunakan Pada Masa Pandemi Ini

2 22

Strategi SEO – SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi website untuk mesin pencarian agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik.

Dari hari ke hari, SEO semakin menjadi channel marketing paling favorit. Terbukti 70%-80% pengunjung Google lebih tertarik hasil pencarian organik dan mengabaikan hasil pencarian dari ads. Ini membuktikan hasil pencarian organik memiliki trust yang lebih karena memang algoritma Google saat ini mampu mengetahui website mana yang memiliki kredibilitas.

Namun perlu kamu ketahui bahwa mesin pencarian (Google) selalu memperbarui algoritmanya dalam menentukan peringkat suatu website. Yang terakhir adalah update december core algorithm pada bulan desember 2020. Walaupun pada awalnya Google mendapat kritikan dari banyak perusahaan karena perilisan update algoritma yang dekat dengan christmas mengancam dapat menganggu liburan pada pegawai perusahaan namun Google tetap melakukan rolling-out untuk algoritmanya.

Maka dari itu, optimalisasi SEO yang kamu lakukan juga harus sesuai dengan algoritma Google saat ini 2021. Walaupun saat perilisan update core algorithm beberapa waktu yang lalu Google hanya mengatakan bahwa update algoritma ini tidak jauh dengan sebelumnya, berikut kami akan berikan prediksi strategi SEO 2021 yang sesuai dengan algoritma saat ini.

Baca juga : rekomendasi aplikasi akuntansi

Berikut ini beberapa strategi SEO yang bisa anda gunakan pada masa pandemic kali ini, berikut ini rangkuman penjelasan yang telah saya ambil dari beberapa sumber. Simak dengan baik baik okk.

Strategi SEO Pada Masa Pandemi

strategi seo

  1. Optimasi ulang judul serta meta deskripsi

Optimasi ulang judul dan Meta Deskripsi menjadi salah satu strategi SEO yang bisa anda gunakan di tengah pandemic ini.

Ibarat balapan MotoGP, saat ini kita sudah tidak bersaing lagi dengan Valentino Rossi, tapi sudah masuk babak baru dimana ada nama baru seperti Fabio Quartararo atau Francesco Bagnaia.

Pastikan bahwa website atau Landing Page Anda menggunakan meta deskripsi yang masih relevan untuk kondisi saat ini.

Relevansi dalam kondisi pandemi seperti saat ini menjadi sangat penting karena semakin banyak pesaing yang terjun ke dunia digital dengan membawa strategi baru.

  1. Cek ulang search intent

Search intent adalah salah satu faktor yang menentukan apakah konten Anda bisa ditemukan oleh pengunjung atau justru terpuruk di halaman belakang.

Setidaknya ada tiga jenis intent dari tiap kata kunci yang saat ini bisa kita pahami. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Navigational Keyword

Kata kunci jenis ini biasanya digunakan pembaca atau pencari informasi untuk mengarahkan ke website tertentu. Navigational keyword umumnya terdiri dari nama brand, seperti Facebook login, Twitter thread viral, atau TikTok fyp.

  • Informational Keyword

Keyword jenis ini biasanya banyak digunakan oleh media, blogger, atau bahkan website e-commerce untuk menarik audiens. Contoh dari informational keyword adalah, apa itu SEO?. Cara membuat website, atau layanan hosting terbaik di Indonesia.

  • Transactional Keyword

Jenis kata kunci ini adalah yang paling sulit ditembus, karena selain dihuni oleh website dengan skor authority tinggi, biasanya juga memiliki slot iklan PPC Google Ads yang jumlahnya lumayan banyak.

Pandemi yang terjadi beberapa waktu belakangan ini tentu menyebabkan pergeseran intent dari pengguna mesin pencari. Ada perubahan karakteristik ketika masa pandemi yang patut diperhitungkan oleh pebisnis digital.

Baca juga : pengertian cost structure

Anda bisa melakukan cek atau analisis terhadap kata kunci yang sudah berhasil diakuisisi, apakah keyword tersebut masih relevan dengan bisnis atau tidak.

  1. Buatlah konten yang relevan

Bicara soal relevansi, tentu tidak semua pebisnis ataupun konten kreator memahami dengan baik terkait hal ini.

Kondisi tersebut sangat wajar, apalagi jika mengingat fakta bahwa setiap bisnis memiliki karakteristik serta faktor pendukung yang tidak sama.

Tips dari kami, cobalah untuk mempelajari bisnis Anda dengan lebih mendalam. Temukan sudut pandang baru yang bisa diangkat sehingga menarik perhatian banyak orang.

Konten yang relevan tidak semuanya harus bersifat menjual, tapi bisa juga diambil dari hubungan atas suatu kejadian yang sedang terjadi atau populer di masyarakat umum.

  1. Perhatikan core web vitals

Bicara soal strategi SEO di masa pandemi tentu kurang lengkap jika tidak menyebut Core Web Vitals.

Core Web Vitals atau yang belakangan dikenal sebagai Algoritma Page Experience adalah sebuah metrik yang digunakan Google untuk merangking website berdasarkan kualitas website dan pengalaman pengunjung.

Anda bisa mengoptimalkan skor Core Web Vitals dengan cara upgrade atau migrasi hosting ke layanan yang lebih optimal untuk meningkatkan kecepatan loading website.

Selain itu, perhatian khusus juga dibutuhkan untuk membuat tampilan website yang lebih nyaman, stabil, serta mudah digunakan baik dari perangkat mobile maupun desktop.

  1. Fleksibel terhadap perubahan

Tak bisa dipungkiri lagi, pandemi COVID-19 sedikit banyak mendorong perusahaan untuk mengencangkan ikat pinggang dan memutar otak agar bisa bertahan.

Hasilnya, berbagai trend baru berhasil muncul di tengah pandemi. Sebagai contoh, mulai populernya pembayaran digital menggunakan e-wallet atau QRIS dari Bank Indonesia.

Sebagai pebisnis, Anda tentu harus fleksibel dan cepat beradaptasi dengan hal ini agar konsumen tidak beralih ke kompetitor.

  1. Optimasi meta SEO

Apa itu Local SEO? Secara umum, Local SEO adalah sebuah strategi optimasi bisnis di mesin pencari untuk lingkup wilayah tertentu. Bisa dalam satu negara, provinsi, kota, kecamatan, hingga per kelurahan.

Strategi Local SEO sangat cocok digunakan ketika masa pandemi virus corona Covid-19, karena sejalan dengan kebijakan PSBB dari pemerintah untuk membatasi ruang gerak serta larangan bepergian ke luar kota.

Dengan menerapkan Local SEO, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen di sekitar tempat tinggal.

Adapun salah satu cara yang paling populer dalam mengoptimalkan Local SEO sendiri yakni dengan memanfaatkan Google My Business.

  1. Gunakan paket hosting terbaik

Ketika semua orang mulai terjun ke ranah digital, maka sangat penting bagi pebisnis untuk mengantisipasi lonjakan traffic ke website toko online atau company profile.

Jika sebelumnya Anda memiliki website dengan traffic rata-rata di bawah 10 ribu perhari. Maka sangat direkomendasikan untuk melakukan langkah antisipasi dengan memperbesar space dan spesifikasi hosting di masa pandemi.

Jangan sampai Anda kehilangan potensi omzet penjualan karena calon pembeli tidak bisa mengakses website Anda.

  1. Image optimization

Visual image menjadi konten yang sangat diperhatikan oleh pengguna. Hal ini dibuktikan dengan behaviour pengguna Google Shopping yang memilih produk berdasarkan pada fotonya.

Baca juga : 5 strategi psikologi harga yang bisa anda gunakan

Selain itu banyak pengguna Google yang juga menganggap gambar merupakan hal penting dalam artikel. Semakin banyak gambar yang informatif dalam artikel, semakin tinggi juga kesempatan artikel tersebut berada di halaman 1 Google. Selain itu Google dan beberapa perusahaan lainnya sedang mengembangkan AI image-recognizen yang mampu membandingkan gambar 1 dengan yang lainnya.

Kita belum tahu bakal sejauh apa fungsi gambar nantinya, namun menurut kami gambar yang informatif dalam sebuah artikel dapat menambah kredibilitas. Dari sisi SEO sendiri yang perlu kamu lakukan adalah mengisi tag ALT pada gambar kamu sehingga Google mampu mengerti gambar tersebut tentang apa.

Pada tahun 2019 Google mengatakan, penggunaan Google lens sudah digunakan oleh 1 miliar pengguna setiap harinya.

Lalu, bagaimana cara optimalisasi SEO untuk pencarian gambar? Perhatikan 5 tips berikut:

  • Gunakan gambar yang relevan dengan konten yang kamu buat, karena Google juga akan menilai relevansinya.
  • Gunakan nama file gambar yang tepat.
  • Sesuaikan dimensi gambar.
  • Gunakan gambar yang responsive.
  • Perhatikan ukuran file gambar yang kamu gunakan untuk menjaga kecepatan website.

DOWNLOAD APLIKASI KASIR GRATIS, KLIK DISINI !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.