5 Cara Mengatasi Toko Bangunan yang Sepi Pembeli

5 Cara Mengatasi Toko Bangunan yang Sepi Pembeli – Menjalankan suatu bisnis terkadang tidak sesuai dengan harapan, apalagi bisnis yang baru kita bangun bersaing dengan bisnis yang telah berjalan bertahun-tahun. Jika Anda sedang menggeluti bisnis bahan bangunan yang masih tergolong baru dan masih sepi pembeli, maka Anda tidak salah menemukan artikel ini. Munculnya rasa putus asa  memang terkadang susah dibendung, apalagi ketika melihat teman, tetangga atau saudara yang berhasil membangun bisnisnya dengan sangat cepat. Memiliki modal pun juga tidak bisa dijadikan rujukan dari keberhasilan seseorang, karena keberhasilan itu sebetulnya suatu struktur yang kompleks, dimana jika terdapat salah satu bagian yang tidak memenuhi kriteria, maka keberhasilan tidak dapat tercapai atau mungkin keberhasilan hanya beberapa saat. Nah disini saya mempunyai 5 cara mengatasi toko bangunan yang sepi pembeli.

Berikut 5 Cara Mengatasi Toko Bangunan Yang Sepi Pembeli

1. Mengatasi rasa putus asa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi rasa putus asa Anda. Dalam beberapa paragraf di atas, saya sudah jelaskan sesuatu yang bisa menghilangkan rasa putus asa Anda dengan bersabar karena yang Anda alami sekarang adalah masalah yang hampir semua orang mengalaminya diawal memulai bisnis. Untuk mengatasi rasa putus asa Anda, silahkan perbanyak wawasan Anda mengenai wira usaha. Baca buku, koran, artikel seperti yang sedang Anda baca ini atau menonton video yang menjelaskan mengenai strategi mengembangkan bisnis sehingga pikiran Anda bisa teralihkan.

READ  5 Istilah Dalam Sales Yang Jarang Orang Ketahui

2. Menjemput bola untuk menemukan peluang bisnis

Pola pemasaran yang satu ini bisa Anda terapkan, karena toko bangunan Anda masih baru bukan? Cobalah mencari developer, kontraktor atau tukang yang berada di wilayah Anda dan tawarkan kerjasama pengadaan bahan bangunan untuk proyek mereka.

3. Memperluas jangkauan pasar

Jika memang wilayah Anda sangat berat dalam persaingan bisnis bahan bangunan ini, cobalah menjangkau pasar yang lebih jauh. Kira-kira masih sanggup Anda layani dengan memperhatikan ongkos transportasi. Lakukan penyebaran brosur, membuat plang dan sebagainya pada area target pemasaran Anda yang bisa memberikan informasi keberadaan toko bangunan Anda. Sebisa mungkin informasi yang Anda berikan lengkap dengan peta lokasi toko atau informasi nomor telpon sehingga jika seseorang ingin membeli semen, besi atau sesuatu yang tidak begitu spesifik bisa menggunakan layanan telpon untuk melakukan pemesanan.

4. Perluas Pasar Dengan Sistem Online

5 cara mengatasi toko bangunan yang sepi pembeli ini tidak jauh beda dengan tips sebelumnya. Jika memulai usaha dengan usaha offline, dengan memiliki gerai atau toko khusus, saat toko sedang sepi pengunjung, sebaiknya gunakan strategi pemasaran online, untuk tetap mendapatkan pelanggan. Saat ini, ada banyak tools khusus yang digunakan untuk menjaring pelanggan yang memang pasti menyukai produk Anda. Jika perlu, buatlah akun sosial media dari usaha yang dijalankan ini. Anda dapat melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan cost; dengan menyebarkan akun Anda lewat media sosial, seperti Facebook, Twitter, BBM, WhatsApp, Instagram. Tentunya Anda tidak usah pusing dalam meng-online-kan dagangan Anda. Saat ini semua orang mendambakan apapun yang berbau instan. Pergerakan tren sangatlah cepat. Maka berikanlah sesuatu yang hanya bisa didapatkan di usaha Anda. Jika memungkinkan, pemasaran yang dilakukan harus terintegrasi dengan ponsel. Kita semua tahu bahwa tidak ada orang yang melepaskan ponselnya saat ini.

Baca Juga: Berapa Modal Buka Toko Bangunan, Berikut Rinciannya !

5. Perhatikan Harga dan Kualitas Dalam Bisnis

Memperhatikan harga dan kualitas adalah hal sangat dibutuhkan dalam berbisnis,  apalagi jika Anda berbisnis dengan menjual produk yang cukup banyak pesaingnya, maka harus selalu memperhatikan harga dan kualitas produk pula. Anda boleh melakukan survei ke toko pesaing, dan tanyakan harga jual di pihak mereka, lalu bandingkan dengan harga jual Anda. Jika ternyata toko Anda menjual lebih mahal dari mereka, tentu Anda tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, Anda bisa berinisiatif untuk membuat tampilan toko menjadi lebih maksimal, dan menarik. Siapa tahu, dengan cara ini pelanggan akan lebih tertarik lagi untuk berkunjung dan berbelanja di toko Anda.

READ  12 Cara Mengelola Toko Kelontong Supaya Tidak Mudah Bangkrut  

Semoga Artikel Kami Dapat Bermanfaat Bagi Anda 🙂

Download Aplikasi Kasir Toko Bangunan Gratis Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.