6 Cara Mengecek Server Down dan Penyebab Server Down

Cara Mengecek Server Down – Apakah anda disini pernah melihat atau mengunjungi web e-commerce, akan tetapi web tersebut tidak dapat dibuka missal nya seperti website e-commerce milik pemerintah yang mana terkadang tidak bisa dibuka menggunakan wifi melainkan harus dibuka menggunakan pekt data anda sendiri. Entah itu emang server yang bermasalah atau emang sudah di setting dari sana nya

Ya, meskipun website e-commerce tersebut sudah berskala besar pasti tidak luput dengan yang nama nya server down.

Nah, Apasih server down itu dan juga ap aitu server serta bagaimana Cara Mengecek Server Down itu. Ok sebelum lanjut alangkah baik nya jika anda duduk atau rebahan secara releks terlebih dahulu agar ilmu yang saya sampaikan dapat dicerna dengan baik. Kalau sudah langsung saja kita ke topic pertama, cuss…

Apa Itu Server

Pengertian server? Server adalah suatu system pada komputer yang memiliki layanan khusus yaitu berupa penyimpanan sebuah data. Kemudian, data yang disimpan melalui server berupa informasi dan beragam jenis dokumen lain nya. Layanan tersebut ditujukan khusus untuk client yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya nanti.

Server ini sangat berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. Dalam bentuk fisik nya, server ini dapat berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen –  komponen RAM dan Proccessor yang berkapasitas bisa dibilang besar

READ  Apa itu Foodpreneur? Dan 4 tips menjadi foodpreneur

Namun apa itu server down? Server down ialah sebuah system yang mengalami kegagalan, dimana sebuah server tersebut mengalami bug atau gangguan yang mengakibatkan server tersebut tidak dapat diakses dengan mudah

Berikut 6 Cara Mengecek Server Down

cara mengecek server yang down

Nah, Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan. Di sini akan kita berikan referensi untuk memudahkan Anda Cara Mengecek Server Down dan mungkin juga cara mengatasi server down ini.

  1. Isitdownrightnow

Cara Mengecek Server Down Untuk yang pertama. Anda bisa mencoba tools ini, cara penggunaan nya pun cukup mudah sekali. cukup dengan memasukkan website yang akan anda cek kemudian Anda tekan tombol {check}, tunggu sampai selesai setelah itu, nah Anda akan mengetahui server Anda bermasalah atau tidak.

  1. Down

Cara Mengecek Server Down Untuk yang kedua. Tools ini menyediakan tampilan yang lebih modern, tidak hanya itu tools ini juga memiliki user interface yang bagus. Cara pengaplikasianya cukup mudah Anda tinggal memasukkan domain Anda dan tinggal menunggu hasilnya.

Tools ini juga terdapat review tentang layanan web hosting, walaupun isinya masih penyedia layanan web hosting di luar negeri.

  1. Just-ping

Cara Mengecek Server Down Untuk yang ketiga. Just-ping.com yaitu layanan yang memberikan informasi tentang status server hosting aktif atau tidak. Jadi jika Anda tidak bisa mengakses website maka bisa dipastikan website tersebut sedang mengalami gangguan.

  1. Site24x7

Cara Mengecek Server Down Untuk yang keempat.Berikut cara pengaplikasian nya yang cukup mudah. Anda tinggal memasukkan domain dan klik {test now}. Setelah itu Anda tinggal menunggu proses nya sampai selesai, setelah selesai akan muncul status ok maka status server Anda normal, namun jika muncul host unavailable maka status server Anda saat itu sedang mengalami kendala atau masalah.

  1. Isitdown

Cara Mengecek Server Down Untuk yang kelima. Selanjutnya Anda bisa menggunakan layanan di isitdown.us untuk mengatasi masalah gangguan. Website ini memiliki tampilan yang paling simpel diantara tools – tools yang lain nya.

  1. Downforeveryoneorjustme

Cara Mengecek Server Down Untuk yang keenam. Dan yang terakhir adalah Downforeveryoneorjustme.com. Cara menggunakan tools ini juga bisa dibilang cukup mudah, Anda hanya tinggal membuka alamat website nya.

READ  Peluang Bisnis Resell Barang Vintage Yang Menjanjikan
baca juga : download aplikasi akuntansi secara gratis 

Website ini menerapkan captcha untuk menjaga keamanan dan berfungsi memastikan pengunjung adalah manusia atau robot. Setelah melewati tahap ini Anda bisa memasukkan website yang akan Anda cek.

Berikut Penyebab Server Down :

Nah, jika anda telah mengetahui tools yang dapat digunakan untuk mengatasi atau mengecek server yang sedang down. Kini saat nya anda juga harus tau, emang apa aja sih yang dapat menyebab kan server website kita down. Berikut penjelasan nya.

  1. Karena Aplikasi Bajakan

Aplikasi bajakan bisa mempengaruhi kinerja hosting lainnya. Maka dari itu Anda harus berhati-hati menginstal aplikasi yang belum memiliki kejelasan dalam hosting website Anda.

  1. Karena Hacker

Hacker merupakan orang yang dengan sengaja membobol dan mengambil alih sistem, atau bahkan mematikan sistem. Hacker sering menyerang kepada sistem yang memiliki celah keamanan.

  1. DNS yang Bermasalah

DNS adalah sebuah sistem yang mengubah URL website ke dalam bentuk IP Address. Pastikan DNS Anda sudah terpasang di hosting dengan benar atau tidak, jika DNS Anda bermasalah maka server tidak ditemukan, menyebabkan website tidak dapat ditemukan sama sekali.

  1. Terlalu Banyak Pengguna Atau Pengunjung

Kebanjiran pengunjung atau biasa disebut traffic membludak, dapat menyebabkan down pada website yang diakses. Bagi para pemilik website Anda hanya tinggal menaikkan kapasitas dari web hosting. Atau bisa juga dengan cara memfilter sejumlah IP yang dicurigai menjadi penyebab traffic membludak.

  1. Karena DDOS

DDOS adalah usaha seseorang dengan sengaja membuat proses menyerang sistem secara bersamaan, serangan ini mengakibatkan sistem tidak berjalan  efisien bahkan sampai mematikan sistem.

  1. Karena SPOF

SPOF adalah salah satu kelemahan dalam sistem. akan terjadi failed, error dan gagal berjan, ini akan menjadikan seluruh sistem berhenti berfungsi.

READ  Ingin tau Cara Sukses Memimpin Start Up ?, Ikuti 8 Tips Berikut

Cara menghilangkan SPOF dengan merancang desain yang baik dan juga perencanaan pemilihan hardware dan monitoring yang disiplin pada sistem yang berjalan.

  1. Disebabkan Adanya Bencana Alam

Bencana alam atau natural disaster tidak bisa diprediksi sebelumnya, langkah tepat yang harus Anda lakukan adalah dengan perencanaan recovery. Dengan disaster recovery plan bagi penyedia layanan, maka kerugian dari matinya layanan dapat diminimalisasi.

  1. Downnya Data Center

Data center akan terus bekerja dan berjalan, Di dalam data center juga ada berbagai proses seperti backup data, sinkronisasi, hingga proses olah data yang lain. Terkadang hal tersebut menyebabkan data center mengalami sedikit masalah yang mengakibatkan server down.

Kebanyakan penyedia layanan hosting akan segera menanggulangi masalah tersebut dengan cepat, Mereka akan menyiapkan pencegahan jika hal tersebut terjadi. Jagoan Hosting akan menjaga uptime data center sebaik mungkin dan mempersiapkan banyak langkah pencegahan kalau-kalau data center tiba-tiba down.

Maka dari itu gunakan provider hosting terpercaya, Agar ketika ada masalah serupa bisa teratasi dengan baik tanpa harus menunggu waktu yang lama.

  1. Pemadaman Listrik Secara Mendadak

Pemadaman listrik merupakan hal yang tak terkontrol, Jika pemadaman listrik pastinya server tidak hidup. Walaupun kebanyakan data center selalu memiliki cadangan energi untuk data center, jika terdapat pemadaman listrik mendadak maka tidak bisa mempersiapkan energi cadangan tersebut.

Sama sepeti kasus yang membuat situs ecommerce besar seperti tokopedia, bukalapak, dll mengalami down. Situs sebesar tokopedia tidak bisa diakses karena website server down karena pemadaman listrik.

Download Gratis Aplikasi Kasir Bisnis Manajemen, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.