Tips Memulai Usaha Toko Sembako / Kelontong

Tips Memulai Usaha Toko Sembako – Toko Kelontong atau minimarket (Bahasa inggris: convenience store) adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah diakses umum atau bersifat local. Toko semacam ini umumnya berlokasi dijalan yang ramai, stasiun kereta api, terminal, atau pemukiman yang padat penduduk. Kebanyakan toko sembako / kelontong masih bersifat tradisional dan konvensional.

Tips Memulai Usaha Toko Sembako

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha toko sembako, Berikut Tips Memulai Usaha Toko Sembako :

  1. Pemilihan lokasi

Lokasi menjadi faktor penting, atau mungkin bisa dibilang adalah faktor utama yang menentukan kesuksesan bisnis toko kelontong kamu. Pilihlah lokasi yang ramai dan strategis. Lokasi ini berpeluang untuk menjaring banyak pembeli. Strategis yang dimaksud yakni lokasi yang tidak jauh dari keramaian dan sering dilewati banyak orang. Contoh seperti kawasan padat pemukiman, dekat pabrik, dekat kost-kost an.

  1. Mencari Supplier Terbaik

Supplier atau agen memang menjamur dimana-mana. Namun kamu perlu cermat dalam memilih supplier, mulai dari harga, pelayanan, dan kelengkapan barang. Hal ini perlu diperhatikan dengan cermat karena nantinya supplier tersebut akan kamu jadikan langganan.

  1. Pelayanan yang Optimal

Biasanya pada toko warung sembako, orang yang membeli adalah orang yang pembeliannya secara rutin. Jadi buatlah mereka menjadi pelanggan yang loyal atau setia di toko sembako / kelontong anda. Dengan cara selalu bersikap ramah terhadap pelanggan, memberikan relasi yang lebih, ajak komunikasi yang relative seru.

  1. Bersikap Komunikatif

Bersikap komunikatif dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Dengan bersikap komunikatif, kamu dapat mencari tahu lebih dalam dari sisi mereka, mengenai kebutuhannya tiap hari apa, mengenai kritik dan saran untuk toko.

  1. Memiliki Gudang

Gudang sangat berguna untuk menyimpan stok barang pada toko kamu. Karena apabila kamu menyimpan  semua stok barang di etalase, nantinya tidak ada tempat/space untuk produk lain atau malah membuat toko kamu terlihat penuh dan sesak. Hal ini akan membuat mengunjung tidak nyaman karena akan membingungkan mereka atau kamu saat mencari barang yang dibutuhkan. Gudang tidak harus besar, carilah tempat kosong yang jauh dari jangkauan anak-anak dan tertutup dari pembeli agar toko sembako / kelontong kamu terlihat lebih rapi.

  1. Keragaman Barang Yang Dijual

Kebutuhan pelanggan semakin beragam, hal ini harus kamu perhatikan dengan menyediakan barang sembako yang lengkap. Hal ini juga akan membuat pelanggan setia untuk menjadi langganan ditoko kamu. Selain itu diverifikasi produk juga perlu dilakukan, kebutuhan pelanggan saat ini bukan hanya sembako, namun bisa pulsa atau voucher listrik juga kini menjadi kebutuhan utama mereka. Jadi dengan menjual produk yang beaneka ragam akan menjadi nilai plus untuk toko sembako / kelontong kamu.

  1. Penggunaan Aplikasi Kasir Toko

Hari semakin hari teknologi semakin maju, maka tak heran disegala bidang bisnis mulai menggunakan teknologi aplikasi/software untuk mempercepat kinerja dalam memudahkan penghitungan stok barang, pembelian, penjualan, pendapatan, laba rugi dll. Penggunaan aplikasi kasir toko sembako / kelontong memang sangatlah efektif karena kita bisa menganalisa barang kita dengan cepat, lengkap, dan sederhana. Tidak pusing untuk mencatat manual, memikir, mengkalkulator satu persatu, terkadang sering terjadi kesalahan. #antimanual

Gunakan Aplikasi Khusus Toko Sembako / Kelontong, memudahkan Anda dalam mengelola manajemen toko semakin lebih baik dan berkembang. untuk penjelasan aplikasi kasir : Klik Disini !!

READ  4 Peluang Usaha Dengan Modal Minim

setup install Software Toko Sembako

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.