5 Tips menjaga Reputasi Bisnis Buat kamu yang bisnisnya sudah berkembang !

Tips menjaga Reputasi Bisnis – Memiliki citra baik memang keinginan bagi setiap bisnis yang dijalankan. Untuk itu mengapa penting meminimalkan risiko terjadinya reputasi buruk terhadap bisnis agar tidak merusak citra baik tersebut.

Bisnis yang sudah besar mungkin lebih dikenal oleh publik dan cenderung lebih rentan terkena reputasi buruk dibandingkan bisnis yang masih baru.

tidak peduli bisnis yang Anda jalani berawal dari pinjaman modal atau dari tabungan Anda semata, tidak peduli juga skala bisnis Anda besar atau kecil, yang namanya membangun reputasi merupakan sebuah keharusan.

Membangun reputasi sama dengan membangun kesuksesan bagi bisnis Anda. Mitra bisnis juga akan semakin memperhatikan Anda dan bisnis yang Anda jalani. Membangun reputasi tidaklah mudah tapi juga tidak sudah.

Apa itu Reputasi bisnis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reputasi memiliki makna yang sama dengan nama baik. Artinya, setiap perilaku atau perbuatan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan citra atau impresi baik dari orang-orang di sekitarnya. Dalam hal ini, sebuah brand bisnis yang ingin mendapatkan reputasi baik harus melakukan suatu hal yang memang akan berdampak positif bagi konsumennya.

Seperti contoh, Anda menjalankan sebuah bisnis di bidang kecantikan. Di mana Anda menjual produk perawatan kulit dengan harga yang terjangkau. Nah, untuk mendapatkan reputasi baik dari pelanggan maka Anda harus memproduksi barang dengan kualitas terbaik di range harga tersebut.

READ  CARA MENENTUKAN HARGA BARANG DI TOKO

Semakin banyak orang atau konsumen yang cocok dengan produk perawatan kulit dari brand bisnis Anda. Maka semakin besar pula nama baik Anda terbentuk di masyarakat. Konsumen yang merasa puas pun perlahan akan merekomendasikan produk tersebut ke orang-orang di sekitarnya. Dari sini omset penjualan bisnis Anda dapat meningkat hingga berkali-kali lipat.

Menggaet reputasi bisnis tak hanya dapat dilakukan dengan menjual produk yang berkualitas. Anda juga harus mengimbanginya dengan pelayanan terhadap konsumen yang baik. Cara Anda berkomunikasi serta menanggapi permasalahan yang dialami oleh pelanggan dapat memberikan kesan tersendiri bagi mereka.

Nah, ketika berhasil mendapatkan kepercayaan dan nama baik dari konsumen, Anda akan memikul tanggung jawab yang semakin besar. Di mana Anda dituntut untuk terus mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas pelayanan serta produk yang dijual serta nama baik yang sebelumnya telah Anda peroleh.

Peran Penting Reputasi Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa reputasi dapat mempengaruhi tingkat penjualan produk dalam bisnis. Hal ini tentu akan berdampak terhadap profit atau keuntungan yang akan Anda dapatkan. Semakin baik reputasi bisnis Anda di mata konsumen, maka semakin tinggi pula kredibilitas yang Anda dapatkan dari mereka.

Selain itu, reputasi juga memegang peran penting terhadap kelangsungan sebuah bisnis atau usaha. Karena tak jarang usaha kecil yang gulung tikar disebabkan oleh kurangnya upaya mereka dalam mempertahankan nama baiknya. Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, kan?

Reputasi bisnis yang baik juga tak hanya berperan penting dalam menggaet konsumen baru dan mempertahankan loyalitas konsumen lama. Namun juga dapat digunakan sebagai modal untuk menggaet investor atau para pemilik modal yang ingin bermitra. Dengan demikian bisnis Anda pun dapat terus berkembang dan semakin luas jangkauan pasarnya.

READ  10 Strategi Bisnis Fashion Yang Efektif dan Cocok Untuk Menigkatkan Penjualan Kamu!

Manfaat Memiliki Reputasi bisnis yang baik

Menghasilkan Penjualan

Setiap bisnis perlu menghasilkan penjualan agar dapat bertahan. Oleh karena itu, tantangan terbesar yang dihadapi setiap bisnis adalah menghasilkan penjualan yang besar dan menguntungkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, reputasi perusahaan atau bisnismu perlu ditingkatkan agar lebih mudah memancing pelanggan baru.

Menambah Tenaga Pemasaran

Tingkat kepercayaan yang tinggi akan membuat pelanggan lebih setia terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan dan dapat dengan mudah merekomendasikannya kepada orang lain. Tidak ada tenaga pemasaran yang lebih baik dibandingkan seorang pelanggan yang puas.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Groovehq, satu pelanggan yang senang biasanya membawa rata-rata sembilan referensi pelanggan baru. Bayangkan jika ada banyak pelanggan yang senang dan menjadi tenaga pemasaran gratis bagi bisnismu.

Peningkatan Pendapatan

Manajemen reputasi memiliki dampak besar pada pendapatan sebuah bisnis. Manajemen reputasi berguna untuk meminimalisasi artikel negatif dan pengaruh ulasan buruk tentang bisnismu.

Ketika orang melihat sesuatu yang negatif tentang bisnismu secara online, maka mereka tidak akan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sebaliknya, saat mereka melihat banyak ulasan positif maka mereka akan mempercayai bisnismu dan menjadi pelanggan. Hasilnya pendapatanmu akan meningkat.

Tips menjaga Reputasi Bisnis

  1. Kejujuran

Kejujuran, dimanapun Anda berada, sifat ini akan menuntun Anda untuk selalu dalam kebaikan. Terkadang, karena jujur mungkin Anda tersakiti tapi percayalah, cepat atau lambat Anda akan meraskan manisnya sifat ini.

ketika Anda tetap menjaga sifat kejujuran Anda akan berada pada posisi yang aman untuk terus mengembangkan bisnis Anda secara jujur. Terkadang kejujuran juga bisa membawa keberuntungan.

  1. Beri PenghargaanTerhadap Ulasan Pelanggan.

 Karena ulasan sangat penting bagi pelanggan baru, pikirkan cara-cara agar Anda dapat memperoleh lebih banyak ulasan. Sebenarnya, pelanggan jarang memberikan ulasan kecuali terjadi sesuatu yang tidak memuaskan. Menurut Review Trackers, konsumen 21 persen lebih mungkin meninggalkan ulasan setelah melalui pengalaman negatif daripada pengalaman positif.

  1. Maksimalkan Layanan Anda.

Untuk memastikan ulasan yang Anda terima bagus, dan untuk memastikan info tentang bisnis Anda menyebar dengan baik dari mulut ke mulut, pastikan Anda melakukan yang terbaik dengan layanan Anda.

  1. Bersikaplah Terbuka Ketika Menanggapi Ulasan Buruk.

Mendapatkan ulasan yang buruk tidak pernah menyenangkan, tetapi meskipun Anda melakukan semuanya dengan ‘benar’, kemungkinan Anda akan menerimanya masih tinggi. Sederhananya, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi, Anda bisa belajar dari keluhan mereka. Karena Anda tidak dapat menghapus ulasan di Yelp dan Google, tindakan terbaik adalah membalas setiap ulasan – positif dan negatif.

  1. Buat Penawaran dengan Nilai Baik di Media Sosial

Terakhir, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi Anda secara konsisten adalah dengan menawarkan nilai di media sosial. Pikirkan cara-cara untuk membangun kepercayaan dengan target audiens Anda dengan memberi mereka nilai ini secara gratis. Dengan begitu, mereka melihat Anda sebagai ahli dan mengandalkan keahlian Anda, dan dapat membuktikan reputasi Anda bahkan jika mereka belum membeli dari Anda. Dari sini, tidak ada batas pada setiap kemungkinan. Selain mengajari pelanggan target pasar Anda sesuatu yang terkait dengan produk atau layanan Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat membuat konten yang menarik untuk dikonsumsi.

READ  6 Keuntungan Bisnis Properti Yang Bisa Anda Nikmati Seumur Hidup

Sekian Tips menjaga Reputasi Bisnis dari kami semoga berhasil !

Download Aplikasi Kasir Toko, Gratis, Klik disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.