Inilah Manfaat Blog Bisnis Pada Sebuah Perusahaan Atau Bisnis Yang Anda Jalankan  

manfaat blog bisnis

Manfaat blog bisnis – Manfaat blog yang didapatkan tiap blogger biasanya berbeda-beda, semua itu tergantung pada tujuan awal pembuatan suatu blog tersebut. Singkatnya, seperti apa jadinya suatu blog nanti, semua kembali kepada si pembuat. Dan itu Anda sendiri.

Banyak orang berpikiran bahwa blog ‘hanya sekedar’ media untuk mengeluarkan opini maupun menyampaikan pendapat. Tentu tidak selalu demikian. Beragam tema blog yang ada di internet seperti blog perusahaan, blog makanan, blog fashion, hingga blog hiburan, misalnya, dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar random posting atau ‘bicara suka-suka’.

Manfaat membuat blog memiliki potensi lain yang jauh lebih dahsyat, bukan hanya bagi si penulis, namun juga bagi pembaca. Dalam artikel ini kami akan mengulas manfaat dari blog yang tidak diketahui oleh banyak orang yang wajib anda ketahui. Kami beri bocoran sedikit ya, selain untuk berbagi pengetahuan, blog bahkan bisa digunakan untuk membangun jaringan dan banyak manfaat lain.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari pengguaaan blog pada suatu bidang bisnis yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Simak dengan seksama.

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

Manfaat Blog Bisnis

manfaat blog bisnis

 

  1. Dapat menaikkan traffic website

Manfaat pertama dari menggunakan blog bagi bisnis yaitu untuk menaikkan traffic. Setiap orang pasti ingin website bisnisnya memiliki banyak pengunjung. Sayangnya mendapatkan traffic yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Namun, hal itu bisa dibantu dengan memanfaatkan blog.

Seperti yang disebutkan oleh HubSpot, setiap kali membuat konten untuk blog, maka akan berkesempatan untuk muncul di mesin pencari dan mendapatkan pengunjung dengan cara organik. Meskipun begitu, tidak mudah agar blog bisa memiliki banyak pengunjung.

READ  Apa itu aplikasi akuntansi | Laporan keuangan

Pasalnya, kamu harus mempersiapkan konten yang menarik, edukatif, dan tentunya harus sesuai dengan SEO.

Rajin update konten blog ke media sosial juga akan membantu bisnismu lebih maju. Jadi, jangan lupa ya, setelah memposting konten di blog, kamu bisa langsung membagikannya ke semua akun media sosial.

Semakin banyak orang yang menyebarkan link konten dari blog di media sosial, maka makin besar pula kesempatan memiliki banyak pengunjung di website.

  1. Meningktakan jumlah lead

Tidak hanya mampu meningkatkan jumlah pengunjung website, menggunakan blog juga dapat meningkatkan lead atau prospek.

Lead di sini adalah suatu sikap ketertarikan dari calon pelanggan pada brand. Ketertarikan itu bisa terlihat dari ikut berlangganan newsletter hingga mengisi contact form dan mencantumkan email.

Baca juga : 8 drama korea bisnis yang dapat memotivasi anda

Dilansir dari OpenVine, email yang dicantumkan pelanggan potensial tersebut bisa dianalisis dan dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran.

Selain itu, data tersebut juga bisa membantumu untuk melihat persona dari para pelanggan.

Hal itu sangat berguna untuk menentukan strategi marketing yang akan digunakan.

Setelah memiliki lead yang tinggi, maka kamu bisa memberikan promo sehingga mereka merasa tertarik dan akhirnya melakukan pembelian.

  1. Dapat lebih banyak calon pelanggan

Blog dapat Anda jadikan senjata memperoleh lebih banyak klien. Misalkan Anda telah memiliki suatu bisnis yang menjual sepatu. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog dengan terus-menerus menulis artikel mengenai sepatu, baik tentang sepatu yang Anda jual maupun sepatu yang tidak ada di toko Anda.

Konten yang Anda terbitkan secara teratur ini nantinya akan jadi seperti bola salju. Semakin sering Anda menerbitkan artikel secara rutin, semakin banyak pembaca yang datang berkunjung ke website Anda. Ini juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis sepatu Anda.

READ  Berikut Ini 8 Cara Penerapan Dalam Customer Journey

Tentu saja, frekuensi artikel yang terbit bukanlah satu-satunya tolok ukur utama. Anda perlu memperhatikan kontennya. Buat konten sebaik-baiknya dan utamakan konten yang sekiranya dapat menyelesaikan permasalahan para pelanggan. Setelah itu terbitkan artikel baru sesering mungkin. Calon pelanggan akan datang membanjiri blog yang Anda miliki dengan sendirinya.

  1. Dapat berbagi pengetahuan

Tidak semua keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki dapat dengan mudah dibagikan. Alasannya, belum tentu orang-orang di sekitar Anda sepenuhnya tertarik dengan keahlian yang Anda miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan yang Anda miliki. Nah, dengan menggunakan blog untuk berbagi pengetahuan, akan lebih tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang Anda sajikan.

Sebagai contoh, seorang mantan jurnalis asal Solo “Duto Sri Cahyono” yang sukses mengelola blog khusus pecinta burung bernama Omkicau.com. Hingga saat artikel ini ditulis, pengunjung blog beliau dapat mencapai di atas 200 ribu per hari. Konten blog-nya sendiri berisi tentang tips perawatan burung, yang membantu permasalahan para kicau mania.

Apabila Anda gemar berbagi pengetahuan maupun menuangkan hal yang Anda kuasai dalam bentuk tulisan pada blog pribadi, ini akan menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda. Poinnya adalah, tentukan tema apapun yang Anda suka, mulai blog Anda, dan Anda akan mendapatkan banyak uang dari sana.

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan, misalnya, Anda bisa berbagi pengetahuan melalui blog mengenai tempat-tempat menarik yang Anda kunjungi.

  1. Mendapat tambahan uang

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah blog. Inilah salah satu keuntungan menjadi blogger. Bahkan, Anda tak perlu menunggu blog Anda besar untuk mendapatkan manfaat ini.

Dari manakah Anda bisa mendapatkan uang dari blogging? Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan. Inilah beberapa contohnya:

  • Iklan

Menampilkan iklan merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

READ  3 Resiko Dalam Berbisnis Yang Harus Siap Dihadapi

Sebagai blogger, Anda cukup bergabung ke salah satu platform iklan, lalu menambahkan script ke blog Anda. Platform yang Anda gunakan kemudian akan menampilkan iklan sesuai dengan topik blog Anda.

Platform yang paling umum untuk iklan adalah Adsense dan Adword.

Hasil yang Anda dapatkan tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan. Jika berjenis CPC (Cost Per Click), Anda akan mendapatkan uang ketika iklan di blog Anda diklik oleh pengunjung.

  • Afiliasi

Anda bisa mendapatkan penghasilan besar dari afiliasi. John Chow adalah contoh blogger yang menggunakan cara ini dan mengaku mendapatkan pendapatan hingga $83 ribu per bulan.

Inti dari kegiatan afiliasi adalah Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk pihak lain dengan menggunakan kode khusus, link atau banner afiliasi yang Anda tempatkan di blog Anda.

Komisi yang Anda terima ditentukan oleh masing-masing platform yang diikuti. Ada yang memberikan 10% atau 25% dari tiap penjualan yang berhasil.

  • Endorse

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Endorsement adalah cara promosi dengan cara mengulas suatu produk.

Jika blog Anda sukses, tak jarang Anda akan dihubungi oleh pihak lain untuk mempromosikan produk mereka. Apabila Anda setuju dengan kerjasama yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan uang dari promosi yang dilakukan.

Baca juga : 5 manfaat riset kompetitor

Sebagai blogger, Anda cukup membuat sebuah artikel yang menjelaskan produk tersebut. Mulai dari berbagai fitur yang dimiliki dan kelebihannya.

Jangan khawatir terhadap hasil yang didapatkan. Apabila mereka puas dengan upaya yang Anda lakukan, bukan tidak mungkin nilai kerjasamanya akan meningkat. Artinya, uang yang Anda dapatkan akan lebih banyak.

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.