Bukti pentingnya inovasi bisnis wajib di lakukan!, Ini 8 Bisnis dan Pekerjaan yang mulai di tinggalkan

bukti pentingnya inovasi bisnis – Salah satu sifat manusia adalah memiliki kecenderungan FOMO atau fear of missing out alias takut ketinggalan. Makanya, kalau ada sesuatu yang kelihatan berpotensi ramai sedikit langsung banyak diikuti. Hal ini juga berlaku dalam bisnis karena biasanya sesuatu yang ramai juga mendatangkan banyak keuntungan karena makin banyak diminati. Sayangnya, bisnis memiliki sifat yang dinamis. Walaupun mungkin pada suatu waktu ramai diminati tapi bisa juga ditinggalkan entah karena ada yang lebih menarik atau mungkin sudah nggak relevan lagi dengan zaman.

Buktinya, beberapa bisnis dan pekerjaan yang sempat laris manis pada masanya ini sudah mulai ditinggalkan atau bahkan beberapa sudah hilang sama sekali saat ini, itulah sebabnya mengapa pentingya inovasi bisnis harus selalu di lakukan agar bisnis tetap berjalan

Memang apasih Inovasi bisnis itu ?

Pengertian Inovasi Bisnis

bukti pentingnya inovasi bisnis

Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan ataupun permintaan pasar.

Inovasi merupakan langkah mutlak yang harus diambil perusahaan jika mereka ingin tetap relevan ditengah gempuran perubahan jaman.

Saat ini tidak ada batasan yang pasti terkait jenis usaha yang harus rajin berinovasi.

Pasalnya, hampir setiap lini bisnis sewaktu-waktu bisa berganti dengan produk atau jasa baru yang lebih menarik dimata pembeli.

Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, inovasi tentu wajib dilakukan jika ingin usaha bisa tetap bertahan dan tidak menjadi Bisnis dan Pekerjaan yang mulai di tinggalkan

READ  Keunggulan dan kelemahan Bahan Bangunan

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

Lalu apa pentingnya memilki inovasi bisnis yang baik ?

bukti pentingnya inovasi bisnis

Bukti Pentingnya Inovasi  Bisnis

  1. Agar Bisa Bertahan Jangka Panjang

Inovasi terbukti mampu menjadi ujung tombak perusahaan yang ingin mempertahankan eksistensi dalam jangka panjang.

Hadirnya sebuah inovasi di dalam bisnis mampu mendorong perusahaan menjadi lebih bisa diterima konsumen karena dianggap mampu memberikan fitur maupun fungsi sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kita bisa melihat kiprah produsen ponsel Nokia atau Yahoo! yang terkesan jumawa dalam menghadapi kompetitor.

Pada akhirnya, kedua perusahaan raksasa di jamannya tersebut sama-sama tumbang hanya karena tidak ingin berinovasi.

  1. Meminimalisir Persaingan

Di tengah ketatnya persaingan bisnis yang terjadi, inovasi merupakan kunci untuk memenangkan persaingan.

Mau tidak mau perusahaan dituntut agar lebih kreatif serta peka terhadap lingkungan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan.

Kultur seperti ini memang tidak dimiliki oleh banyak bisnis atau perusahaan, itulah mengapa brand besar seperti Unilever, Pizza Hut, atau Apple sampai detik ini masih menguasai pasar walaupun sudah banyak memiliki kompetitor.

  1. Mengakomodir Kebutuhan Pelanggan

Agar produk tetap dicari oleh konsumen, maka perusahaan harus bisa menciptakan inovasi sesuai dengan permintaan pelanggan.

Kendati demikian, sayangnya beberapa perusahaan kerap kali tidak menyadari hal ini sampai bisnis mereka akhirnya benar-benar tumbang karena produk/jasa mereka tidak lagi dibutuhkan.

Lalu Usaha Apa yang saat ini mulai menghilang di karnakan zaman dan juga tkenologi ?

8 Bisnis dan pekerjaan yang mulai di tinggalkan

  1. Bisnis wartel

Wartel atau warung telekomunikasi sempat berjaya ketika belum banyak orang yang memiliki akses untuk memiliki telepon pribadi. Tentunya kemunculan warung ini dulunya sangat membantu untuk mereka yang ingin berkomunikasi namun terhalang oleh jarak sehingga ketika mau menggunakannya bahkan banyak yang rela antre di luar kotak telepon. Akan tetapi, kini bisnis tersebut sudah menghilang karena hampir setiap orang sudah memiliki telepon pribadi yang jauh lebih canggih dan biaya yang relatif terjangkau.

  1. Warnet

Warung internet menjadi salah satu tempat favorit untuk anak-anak nongkrong sepulang sekolah entah untuk bermain gim atau membuka media sosial yang baru mulai populer. Sama dengan alasan tutupnya wartel, warnet juga mulai banyak yang tutup karena sudah banyak orang yang memiliki PC atau laptop pribadi dengan koneksi internet yang tak kalah cepat. Meskipun demikian, mungkin masih ada warnet yang bertahan dengan konsep baru seperti membuatnya dengan konsep kafe.

  1. Persewaan VCD atau DVD

Dulu ketika ada film yang ingin ditonton atau lagu yang ingin didengarkan maka menyewa adalah sebuah jalan paling praktis yang bisa ditempuh. Dengan membayarkan beberapa ribu rupiah maka VCD atau DVD yang disewa bisa disimpan selama beberapa hari. Kamu jadi bisa menonton berbagai jenis judul film kapan saja dengan biaya yang lebih murah daripada bioskop. Namun, lagi-lagi dengan adanya teknologi baru maka bisnis ini jadi seret. Kini, sudah ada akses untuk menonton film atau mendengarkan lagu secara online dengan membayar secara transfer pula yang jauh lebih praktis.

  1. Penjual kaset

Untuk menikmati hiburan tanpa batas waktu keculi saat sudah rusak, maka membeli kaset menjadi pilihan banyak orang. Banyak yang menunggu-nunggu idolanya merilis karya untuk kemudian rebutan mendapatkan kasetnya yang membuat bisnis tersebut laris manis pada masanya. Kini, toko kaset malah jadi seperti toko barang antik yang menjual barang-barang yang tak lagi diproduksi.

  1. Transportasi umum konvensional

Dulu ada beragam transportasi umum seperti ojek, taksi, angkot, dan lain sebagainya. Kini keberadaan mereka mungkin masih bisa dilihat, peminatnya pun juga masih ada. Akan tetapi, tak bisa dimungkiri bahwa mereka kehilangan banyak sekali penumpang karena adanya pergantian kebiasaan ke alat transportasi yang bisa dipesan secara online dan mau menjemput langsung di titik lokasi.

  1. Pengantar Es Keliling

Sebelumnya Anda  mungkin sangat sulit mendapatkan es secara instan. Orang-orang harus menunggu pengantar es, membelinya dan menyimpannya di kotak es.
Seiring perkembangan zaman, kulkas pun mulai ditemukan dan terus dikembangkan. Orang-orang bisa membuat es di rumah sendiri.

READ  Bisnis Cendol Modern Omzet Hingga Ratusan Juta

Dengan kondisi ini sebaiknya profesi ini ditiadakan saja. Memang pekerjaan satu ini sangat terpuji, tapi itu semua sudah berlalu

  1. Pengantar Koran

Dulu banyak orang menunggu korannya di lempar dari luar pagar rumah. Yap, inilah yang dilakukan para pengantar koran, berkeliling dan melempar koran pagi ke rumah para pelanggan.

Sayang sekali saat ini, orang tak perlu lagi menunggu koran. Tinggal klik kolom pencarian di komputer, semua informasi dan berita yang dibutuhkan lansung bisa di akses.
Dengan perkembangan teknologi, seperti pekerjaan ini akan segera berakhir. Sebab saat ini berita di internet bisa menyediakan pengetahuan global yang lebih luas.

  1. Agen Perjalanan

Dua tahap yang biasa dilakukan sebelum bepergian: hubungi agen travel, lalu berkemas.

Banyak orang yang senang liburan bersama keluarga atau jalan-jalan di pantai. Tapi sekarang, Anda bisa dengan mudah mencari tujuan, memesan tiket, kamar dan pembayaran sebelum Anda bepergian. Semuanya bisa dilakukan dengan sekali klik.

Walau telah ada pesaing, pekerjaan ini tampaknya masih harus tetap ada. Amankan pekerjaan ini dengan membuat petualangan, atau paket-paket liburan khusus yang bisa menarik banyak konsumen.

Download Aplikasi Kasir Toko Gratis, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.