Manfaat dan Tips Berhasil Dalam Menjalankan Toko Kelontong

tips berhasil menjalankan toko kelontong

Tips Berhasil Menjalankan Toko Kelontong. Sekarang ini sudah banyak sekali orang – orang yang menjalan kan atau berbisnis dengan membuka toko kelontong. Disetiap desa atau gang, sudah pasti ada saja orang yang membuka menjalankan toko kelontong. Toko kelontong sendiri merupakan suatu toko kecil yang umum nya mudah diakses secara umum atau bersifat lokal. Toko semacam ini umum nya berlokasi di jalan yang ramai, stasiun pengisian bahan bakar, atau stasiun kereta api.

Toko kelontong sering juga ditemukan di lokasi perumahan padat di perkotaan atau pun di daerah pedesaan. Untuk menjalankan toko kelontong ini anda juga harus siap tempat dan mental, Sebab tidak selalu toko yang anda buka akan ramai pengunjung. Selain itu apabila anda membuka bisnis toko kelontong anda juga akan bisa mendapatkan profit yang lumayan serta kerugian yang terbilang gak terlalu besar, dan juga apa lagi bila anda membuka toko kelontong nya dirumah anda sendiri, pastinya anda akan dapat menghemat atau meminimalasir modal yang akan anda keluarkan.

Dalam menjalankan toko kelontong Anda hanya perlu mencari barang yang umum nya dibutuhkan oleh banyak orang, Contoh nya seperti alat – alat rumah tangga atau barang – barang yang dibutuhkan di rumah tersebut. Tak hanya itu anda juga dapat menjual berbagai macam snack atau jajan – jajanan karena pasti nya banyak juga anak – anak yang akan membeli snack. Selain itu juga apa saja sih manfaat apabila anda membuka toko kelontong. Nah, sebelum anda mengetahui tips dalam menjalankan toko kelontong alangkah baik nya apabila anda mengetahui apa saja manfaat yang akan diberikan.

Baca juga : Berikut Aplikasi Toko Sembako

Manfaat Menjalankan Toko Kelontong

  1. Tanpa Biaya Transport

Seperti yang sudah dikatakan di atas, membuat sebuah usaha atau di rumah sendiri tentu dapat meminimalisir pengeluaran. Kamu juga dapat memanfaat kan teras rumah, halaman, atau pun ruang tamu anda untuk dijadikan tempat membuka usaha toko. Jadi, kamu bisa meng hemat biaya sewa tempat. Nggak cuma itu saja, membuka bisnis di rumah juga dapat membuatmu hemat biaya transport. Jadi biarkan orang – orang saja yang berangkat ketempat anda berjualanuntuk membeli barang yang anda jual di toko kelontong anda. Dengan begitu anda tidak perlu transport kesana – kemari untuk mengantar kan barang yang hendak dibeli konsumen.

  1. Memiliki Prosedur Hukum yang Sederhana

Usaha mikro yang membuka usaha di rumah sendiri dan memiliki karyawan yang merupakan anggota keluarga sendiri, memiliki prosedur hukum yang terbilang sederhana. Pengakuan ini dijelaskan pada Pasal 6 ayat (1) huruf b UU No. 3 Tahun 1982 yaitu tentang Wajib Daftar Perusahaan yang menyebutkan jika perusahaan kecil tidak memerlukan surat izin perdagangan dan tidak perlu mendaftar kan usaha nya ke badan hukum. Tapi, jika nantinya usahamu sudah sangat besar dan memiliki pendapatan yang lebih dari 600 juta/tahun, jadi wajib bayar pajak ya. Jadi anda tidak perlu repot – repot untuk mengurus surat izin dan membayar pajak, sebab usaha toko kelontong terbilang juga usaha yang sederhana.

  1. Minim pengeluaran Modal

Membuka warung di rumah sendiri juga hanya membutuhkan modal yang sangat efisien. Karena modal yang ada benar – benar hanya digunakan untuk berbelanja segala kebutuhan toko kelontong anda. Apa lagi, barang-barang yang anda jual juga merupakan barang kemasan yang memiliki batas kadaluwarsa yang terbilang cukup lama sehingga dapat menghemat modal yang anda keluarkan.

  1. Profit yang lumayan

Dengan minin nya modal anda, anda bisa saja mendapatkan profit atau keuntungan yang lumayan. Apabila anda meng stok barang yang laku di pasaran dan juga waktu kadaluarsa yang lama anda akan medapatkan keuntungan yang lumayan besar. Dan juga anda tak perlu takut kalau toko anda sepi, sebab toko kelontong juga dibutuh kan sekali untuk keperluan masyarakat.

READ  Tips Mengelola Toko Dengan Ilmu Sederhana

Nah, apabila anda telah mengetahui apa saja manfaat yang diberikan apabila anda membuka toko kelotong kini saat nya saya akan membagikan kepada anda tips untuk menjalankan toko kelontong. Ok simak baik – baik paragraph dibawah ini.

Tips Menjalankan Toko Kelontong

  1. Mencari Tempat yang strategis

tips berhasil menjalankan toko kelontong

Faktor yang harus di perhatian sebelum memulai usaha toko kelontong salah satu nya adalah lokasi nya harus yang strategis, kemudahan akses untuk para calon konsumen harus di perhatikan sekali. cari tempat yang banyak dilalui orang atau di pinggir jalan utama.

Keuntungan nya membuka toko kelontong di sentra seperti ini adalah biasanya konsumen membeludak dikarenakan pertimbangan pembeli yang menginginkan barang yang akan dibeli nya tersedia semua, jika tidak tersedia di salah satu toko, mereka tinggal ke toko sebelah nya. Karena pada umum nya jenis toko bangunan di sentra ini memusatkan ke satu jenis barang contoh nya seperti toko khusus sembako, toko khusus snack, dan lain sebagai nya.

Baca juga : Aplikasi Kasir Untuk Wirausaha

Namun bukan berarti toko yang di pinggir jalan sendiri atau tidak berada di daerah sentra itu kurang menguntungkan, tetap berpeluang menguntungkan juga tapi harus di perhatikan ke komplitan barang  hendak dijual nya, sediakan barang sekomplit mungkin dan sediakan barang yang banyak di perlukan seperti snack, beras, gula, minyak, lpg, air galon dan lain-lain atau jadikan toko kelontong anda one stop shoping agar semua keperluan konsumen anda terpenuhi.

  1. Perhatikan Cara melayani Konsumen

tips berhasil menjalankan toko kelontong

Berikut nya faktor yang penting harus di perhatikan untuk anda yang sudah membuka usaha toko kelontong adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen anda. Jika anda memiliki karyawan, anda harus berhati – hati untuk memberikan pelayanan yang baik, karena perkembangan toko anda salah satu nya di pengaruhi faktor ini. Yang harus anda cari adalah pelanggan, yaitu kosumen yang selalu setia belanja ke toko kelontong anda, apabila ada keperluan bahan – bahan rumah tangga atau pun sembako.

READ  8 Tips Jitu Dalam Kelola Keuangan Toko Kelontong Yang Benar

Konsumen yang bisa menjadi pelanggan anda tentu saja yang puas dengan pelayanan yang telah anda berikan, pelanggan akan loyal jika sudah merasa puas berbelanja di toko anda, maka dari itu betapa penting nya faktor ini. Jika usaha toko kelontong anda sudah banyak memiliki pelanggan maka di pastikan usaha anda akan bertahan dan memberikan keuntungan yang besar karena yang belanja tidak akan ada habis nya.

Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen itu banyak cara nya, kita harus ramah melayani dan juga kita harus berikan harga yang hemat kepada kosumen, tapi jangan sampai berikan harga terlalu murah sehingga keuntungan anda tidak cukup untuk oprasioanal toko anda. Berikan saja harga yang wajar jangan sampai setelah konsumen belanja di toko anda, konsumen merasa kecewa karena diketahui barang yang di beli nya selisih jauh lebih mahal  dari toko lain. Anda juga bisa mencari supplier yang murah sehingga harga jual ke konsumen akan semakin ringan dan murah.

Download Aplikasi Kasir Gratis : Versi Komputer/PC -> Klik Disini !!
Download Aplikasi Kasir Gratis : Versi Android -> Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.